Beranda > Ensiklopedia Burung > 4 jenis burung poksay yang populer di indonesia

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

4 jenis burung poksay yang populer di indonesia

4 jenis burung poksay yang populer di indonesia

Burung poksay merupakan salah satu jenis burung yang populer di Indonesia. Keindahan bulunya yang berwarna-warni dan suaranya yang merdu menjadikan burung poksay menjadi favorit para pecinta burung. Di Indonesia, terdapat berbagai jenis burung poksay yang populer dan memiliki keunikan masing-masing. Dalam artikel ini, kami akan membahas empat jenis burung poksay yang populer di Indonesia secara detail dan komprehensif.

Burung Poksay Hongkong

Burung poksay Hongkong memiliki bulu yang berwarna cerah seperti kuning, hijau, dan merah. Suara kicauannya yang khas membuat burung ini sangat diminati oleh para penggemar burung. Burung poksay Hongkong juga memiliki kebiasaan bertengger di atas bambu atau ranting-ranting pohon.

Karakteristik Burung Poksay Hongkong

Burung poksay Hongkong memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 15 cm. Bulu-bulunya berwarna cerah dan terdapat variasi warna yang indah. Paruhnya yang kecil dan tajam memungkinkan burung ini untuk memakan biji-bijian dan buah-buahan kecil.

Habitat dan Penyebaran Burung Poksay Hongkong

Burung poksay Hongkong biasanya ditemukan di daerah perkebunan, hutan, dan taman-taman kota. Mereka tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Makanan dan Pola Makan Burung Poksay Hongkong

Di alam liar, burung poksay Hongkong biasanya memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay Hongkong dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Perawatan Harian Burung Poksay Hongkong

Untuk merawat burung poksay Hongkong, penting untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan air minum yang segar setiap hari. Burung poksay Hongkong juga perlu diberi kesempatan untuk mandi agar bulu-bulunya tetap bersih dan sehat.

Melatih Burung Poksay Hongkong

Agar burung poksay Hongkong dapat mengeluarkan suara kicauan yang indah, pemilik burung dapat melatihnya dengan memberikan waktu yang cukup untuk berinteraksi dan mendengarkan suara-suara alam. Pemilik burung juga dapat menggunakan perekam suara untuk memutar suara kicauan burung poksay lainnya sebagai stimulus bagi burung poksay Hongkong.

Burung Poksay Jambul

Burung poksay jambul memiliki ciri khas bulu di kepalanya yang menjulang tinggi seperti jambul. Bulu jambul ini memberikan daya tarik tersendiri bagi burung poksay jambul. Selain itu, suara kicauannya yang merdu membuat burung ini sering diikutsertakan dalam lomba burung.

Karakteristik Burung Poksay Jambul

Burung poksay jambul memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 14 cm. Ciri khas utama burung ini adalah bulu jambul yang menjulang tinggi di bagian kepala, memberikan penampilan yang unik dan menarik. Paruhnya yang kecil memungkinkan burung ini untuk memakan biji-bijian dan buah-buahan kecil.

Habitat dan Penyebaran Burung Poksay Jambul

Burung poksay jambul biasanya ditemukan di hutan, perkebunan, dan taman-taman kota. Mereka tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Makanan dan Pola Makan Burung Poksay Jambul

Di alam liar, burung poksay jambul memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay jambul dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Perawatan Harian Burung Poksay Jambul

Untuk merawat burung poksay jambul, penting untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan air minum yang segar setiap hari. Burung poksay jambul juga perlu diberi kesempatan untuk mandi agar bulu-bulunya tetap bersih dan sehat.

Melatih Burung Poksay Jambul

Agar burung poksay jambul dapat mengeluarkan suara kicauan yang indah, pemilik burung dapat melatihnya dengan memberikan waktu yang cukup untuk berinteraksi dan mendengarkan suara-suara alam. Pemilik burung juga dapat menggunakan perekam suara untuk memutar suara kicauan burung poksay lainnya sebagai stimulus bagi burung poksay jambul.

Burung Poksay Sumatera

Burung poksay Sumatera merupakan salah satu jenis burung poksay yang memiliki keunikan tersendiri. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam pekat dengan corak putih di sekitar ekornya. Suara kicauannya yang nyaring membuat burung poksay Sumatera sering dijadikan burung master dalam lomba burung.

Karakteristik Burung Poksay Sumatera

Burung poksay Sumatera memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 16 cm. Bulu-bulunya berwarna hitam pekat dengan corak putih di sekitar ekor dan sayapnya. Paruhnya yang kuat memungkinkan burung ini untuk memakan biji-bijian dan buah-buahan kecil.

Habitat dan Penyebaran Burung Poksay Sumatera

Burung poksay Sumatera biasanya ditemukan di hutan-hutan lebat di daerah Sumatera. Mereka tersebar di berbagai daerah di pulau Sumatera.

Makanan dan Pola Makan Burung Poksay Sumatera

Di alam liar, burung poksay Sumatera memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay Sumatera dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Perawatan Harian Burung Poksay Sumatera

Untuk merawat burung poksay Sumatera, penting untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan air minum yang segar setiap hari. Burung poksay Sumatera juga perlu diberi kesempatan untuk mandi agar bulu-bulunya tetap bersih dan sehat.

Baca Juga  makanan burung opior jawa

Melatih Burung Poksay Sumatera

Agar burung poksay Sumatera dapat mengeluarkan suara kicauan yang indah, pemilik burung dapat melatihnya dengan memberikan waktu yang cukup untuk berinteraksi dan mendengarkan suara-suara alam. Pemilik burung juga dapat menggunakan perekam suara untuk memutar suara kicauan burung poksay lainnya sebagai stimulus bagi burung poksay Sumatera.

Burung Poksay Kalimantan

Burung poksay Kalimantan memiliki bulu berwarna hijau cerah dengan corak hitam di sekitar kepala danlehernya. Burung ini memiliki suara kicauan yang unik dan sering digunakan sebagai burung master dalam lomba burung.

Karakteristik Burung Poksay Kalimantan

Burung poksay Kalimantan memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 13 cm. Bulu-bulunya berwarna hijau cerah dengan corak hitam di sekitar kepala dan leher. Paruhnya yang kecil memungkinkan burung ini untuk memakan biji-bijian dan buah-buahan kecil.

Habitat dan Penyebaran Burung Poksay Kalimantan

Burung poksay Kalimantan biasanya ditemukan di hutan-hutan lebat di Kalimantan. Mereka tersebar di berbagai daerah di pulau Kalimantan.

Makanan dan Pola Makan Burung Poksay Kalimantan

Di alam liar, burung poksay Kalimantan memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay Kalimantan dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Perawatan Harian Burung Poksay Kalimantan

Untuk merawat burung poksay Kalimantan, penting untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan air minum yang segar setiap hari. Burung poksay Kalimantan juga perlu diberi kesempatan untuk mandi agar bulu-bulunya tetap bersih dan sehat.

Melatih Burung Poksay Kalimantan

Agar burung poksay Kalimantan dapat mengeluarkan suara kicauan yang indah, pemilik burung dapat melatihnya dengan memberikan waktu yang cukup untuk berinteraksi dan mendengarkan suara-suara alam. Pemilik burung juga dapat menggunakan perekam suara untuk memutar suara kicauan burung poksay lainnya sebagai stimulus bagi burung poksay Kalimantan.

Jenis-jenis Burung Poksay

Artikel ini akan mengulas empat jenis burung poksay yang populer di Indonesia, yaitu burung poksay Hongkong, poksay jambul, poksay Sumatera, dan poksay Kalimantan. Setiap jenis burung memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang akan dijelaskan secara detail.

Burung Poksay Hongkong

Burung poksay Hongkong memiliki bulu yang berwarna cerah seperti kuning, hijau, dan merah. Suara kicauannya yang khas membuat burung ini sangat diminati oleh para penggemar burung. Burung poksay Hongkong juga memiliki kebiasaan bertengger di atas bambu atau ranting-ranting pohon.

Burung Poksay Jambul

Burung poksay jambul memiliki ciri khas bulu di kepalanya yang menjulang tinggi seperti jambul. Bulu jambul ini memberikan daya tarik tersendiri bagi burung poksay jambul. Selain itu, suara kicauannya yang merdu membuat burung ini sering diikutsertakan dalam lomba burung.

Burung Poksay Sumatera

Burung poksay Sumatera memiliki bulu berwarna hitam pekat dengan corak putih di sekitar ekornya. Suara kicauannya yang nyaring membuat burung poksay Sumatera sering dijadikan burung master dalam lomba burung.

Burung Poksay Kalimantan

Burung poksay Kalimantan memiliki bulu berwarna hijau cerah dengan corak hitam di sekitar kepala dan lehernya. Burung ini memiliki suara kicauan yang unik dan sering digunakan sebagai burung master dalam lomba burung.

Karakteristik Burung Poksay

Pada sesi ini, akan dijelaskan karakteristik umum dari burung poksay, seperti ukuran tubuh, bentuk paruh, dan kebiasaan hidup. Penjelasan ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang burung poksay secara umum.

Ukuran Tubuh Burung Poksay

Burung poksay umumnya memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang berkisar antara 13-16 cm. Meskipun ukurannya kecil, namun burung poksay memiliki tubuh yang proporsional dan elegan.

Bentuk Paruh Burung Poksay

Paruh burung poksay memiliki bentuk yang kecil dan runcing. Paruh ini memungkinkan burung poksay untuk memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga yang menjadi makanan utama mereka.

Kebiasaan Hidup Burung Poksay

Burung poksay memiliki kebiasaan hidup yang aktif dan lincah. Mereka sering terlihat bermain atau bergerombol dengan burung poksay lainnya di alam liar. Selain itu, burung poksay juga memiliki kebiasaan bertengger di atas ranting-ranting pohon atau semak-semak.

Habitat dan Penyebaran

Artikel ini akan menjelaskan habitat alami dari masing-masing jenis burung poksay yang populer di Indonesia. Selain itu, penyebaran burung poksay di berbagai daerah Indonesia juga akan diulas untuk memberikan gambaran tentang distribusi mereka.

Habitat Burung Poksay Hongkong

Burung poksay Hongkong biasanya ditemukan di daerah perkebunan, hutan, dan taman-taman kota. Mereka tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Habitat Burung Poksay Jambul

Burung poksay jambul biasanya ditemukan di hutan, perkebunan, dan taman-taman kota. Mereka tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Habitat Burung Poksay Sumatera

Burung poksay Sumatera biasanya ditemukan di hutan-hutan lebat di daerah Sumatera. Mereka tersebar di berbagai daerah di pulau Sumatera.

Baca Juga  jenis anjing kampung

Habitat Burung Poksay Kalimantan

Burung poksay Kalimantan biasanya ditemukan di hutan-hutan lebat di Kalimantan. Mereka tersebar di berbagai daerah di pulau Kalimantan.

Makanan dan Pola Makan

Pada sesi ini, akan dijelaskan jenis makanan yang cocok untuk burung poksay serta pola makan yang sehat dan tepat bagi mereka. Informasi ini penting agar pemilik burung dapat memberikan nutrisi yang optimal untuk burung poksay mereka.

Makanan Burung Poksay Hongkong

Di alam liar, burung poksay Hongkong biasanya memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay Hongkong dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Makanan Burung Poksay Jambul

Di alam liar, burung poksay jambul memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay jambul dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Makanan Burung Poksay Sumatera

Di alam liar, burung poksay Sumatera memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay Sumatera dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Makanan Burung Poksay Kalimantan

Di alam liar, burung poksay Kalimantan memakan biji-bijian, buah-buahan kecil, dan serangga kecil. Pemilik burung poksay Kalimantan dapat memberikan mereka makanan tambahan berupa biji-bijian, seperti milet dan beras merah, serta buah-buahan segar yang dipotong kecil-kecil.

Perawatan Harian

Perawatan harian burung poksay meliputi pembersihan kandang, memberikan mandi, dan menjaga kebersihan burung secara umum. Sesi ini akan memberikan panduan praktis dalam merawat burung poksay sehari-hari.

Pembersihan Kandang Burung Poksay

Kandang burung poksay perlu dibersihkan secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung. Kotoran burung, sisa makanan, dan bahan lainnya yang kotor harus dibersihkan setiap hari. Kandang juga perlu diberikan desinfektan secara berkala untuk mencegah infeksi dan penyakit.

Pemberian Mandi pada Burung Poksay

Burung poksay perlu diberikan kesempatan untuk mandi agar bulu-bulunya tetap bersih dan sehat. Pemilik burung dapat menyediakan wadah mandi yang cukup besar dan mengisi dengan air bersih. Burung poksay akan menikmati mandi dengan berendam dan merapikan bulu-bulunya.

Kebersihan Burung Poksay

Selain menjaga kebersihan kandang, pemilik burung poksay juga perlu menjaga kebersihan burung secara umum. Bulu-bulu yang kotor atau rusak perlu dirapikan atau dihilangkan. Juga penting untuk memeriksa tubuh burung secara rutin untuk mengidentifikasi tanda-tanda penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

Melatih Burung Poksay

Burung poksay dapat dilatih untuk memiliki kicauan yang lebih baik. Pada sesi ini, akan dijelaskan teknik-teknik melatih burung poksay agar mereka bisa mengeluarkan suara kicauan yang indah dan merdu.

Pemilihan Suara Kicauan

Salah satu cara melatih burung poksay adalah dengan memperdengarkan suara kicauan burung poksay lainnya. Pilihlah suara kicauan yang baik dan berkualitas untuk dijadikan stimulus bagi burung poksay Anda. Hindari memperdengarkan suara kicauan burung yang buruk atau tidak sesuai.

Latihan Kicauan

Latihan kicauan dapat dilakukan dengan memberikan waktu yang cukup bagi burung poksay untuk berinteraksi dan mendengarkan suara-suara alam. Biarkan burung poksay berada di lingkungan yang tenang dan nyaman agar mereka dapat berkembang dan mengeluarkan suara kicauan yang indah.

Teknik Pengulangan

Pengulangan adalah salah satu teknik yang efektif dalam melatih burung poksay. Ulangi suara kicauan yang diinginkan secara konsisten dan berulang-ulang. Dengan pengulangan yang tepat, burung poksay akan belajar dan mengikuti suara kicauan tersebut.

Lomba Burung Poksay

Bagi pecinta burung, lomba burung merupakan ajang yang menarik untuk menguji keindahan suara kicauan burung poksay. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai lomba burung poksay dan cara persiapan untuk mengikutinya.

Persiapan Lomba Burung

Sebelum mengikuti lomba burung poksay, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pilih burung poksay yang memiliki suara kicauan yang baik dan terlatih. Latih burung poksay secara rutin untuk mempertajam kicauannya. Juga, pastikan burung poksay dalam kondisi sehat dan bugar sebelum mengikuti lomba.

Pelatihan dan Persiapan Mental

Latihan fisik adalah persiapan penting sebelum lomba, namun persiapan mental juga tidak kalah penting. Pastikan burung poksay Anda terbiasa dengan keramaian dan suasana lomba. Berikan mereka kesempatan untuk berlatih di lingkungan yang mirip dengan lomba, sehingga mereka tidak kaget atau stres saat tampil di depan banyak orang.

Permasalahan Umum dan Solusinya

Pada sesi ini, akan dijelaskan permasalahan umum yang sering dihadapi oleh pemilik burung poksay, seperti penyakit, perilaku burung yang tidak normal, dan cara mengatasinya.

Penyakit yang Sering Menyerang Burung Poksay

Burung poksay rentan terhadap beberapa penyakit, seperti cacingan, infeksi saluran pernapasan, dan gangguan pencernaan. Penting untuk memperhatikan gejala-gejala penyakit pada burung poksay dan segera mengambil tindakan pengobatan yang tepat.

Perilaku Burung Poksay yang Tidak Normal

Terkadang, burung poksay dapat menunjukkan perilaku yang tidak normal, seperti agresifitas berlebihan atau kurang aktif. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, ketidaknyamanan, atau masalah kesehatan. Cari tahu penyebabnya dan berikan solusi yang sesuai, seperti memberikan lingkungan yang lebih nyaman atau perawatan medis jika diperlukan.

Baca Juga  ciri kenari jantan umur 3 bulan

Tips Pemilihan dan Pembelian Burung Poksay

Bagi yang ingin membeli burung poksay, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan burung poksay yang sehat dan berkualitas. Sesi ini akan memberikan tips dalam pemilihan dan pembelian burung poksay yang tepat.

Pemilihan Burung Poksay yang Sehat

Pastikan burung poksay yang akan dibeli memiliki penampilan yang sehat dan aktif. Perhatikan bulu-bulunya yang bersih dan rapi, mata yang cerah, dan tubuh yang proporsional. Juga, pastikan burung poksay tidak menunjukkan gejala penyakit atau kelainan fisik.

Pembelian Burung Poksay dari Sumber Terpercaya

Pilihlah penjual atau peternak burung poksay yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan bahwa burung poksay yang dibeli bukan hasil tangkapan liar atau perdagangan ilegal. Belilah burung poksay dari tempat yang memprioritaskan kesejahteraan dan keberlanjutan populasi burung.

Mengenal Organisasi Pecinta Burung

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai organisasi pecinta burung di Indonesia yang dapat menjadi tempat berkumpul dan mendapatkan informasi terkait dengan burung poksay dan burung-burung lainnya.

Organisasi Pecinta Burung di Indonesia

Di Indonesia, terdapat banyak organisasi pecinta burung yang aktif. Beberapa di antaranya adalah Perkumpulan Penggemar Burung Indonesia (PPBI), Bird Conservation Society Indonesia (BCSI), dan Indonesian Bird Club (IBC). Organisasi-organisasi ini memberikan wadah bagi para pecinta burung untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan menjaga kelestarian burung-burung di Indonesia.

Demikianlah panduan lengkap mengenai empat jenis burung poksay yang populer di Indonesia. Dari burung poksay Hongkong dengan keindahan bulu cerahnya, poksay jambul dengan bulu jambul yang unik, poksay Sumatera dengan bulu hitam pekat, hingga poksay Kalimantan dengan bulu hijau cerah. Setiap jenis burung poksay memiliki keunikan dan keistimewaan yang membuat mereka diminati oleh para pecinta burung. Dalam artikel ini, kami telah memberikan informasi yang lebih detail mengenai karakteristik, habitat, makanan, perawatan, melatih, dan tips pemilihan burung poksay.

Penting bagi para pecinta burung poksay untuk memahami karakteristik dan kebutuhan burung tersebut agar dapat memberikan perawatan yang baik dan memastikan kesehatan serta kesejahteraan mereka. Mengetahui habitat asli burung poksay juga membantu untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dan mendukung kehidupan mereka. Dalam hal makanan dan pola makan, pemilik burung poksay perlu menyediakan makanan yang seimbang dan bergizi agar burung tetap sehat dan aktif.

Perawatan harian burung poksay meliputi pembersihan kandang, memberikan mandi, dan menjaga kebersihan burung secara umum. Pemilik burung poksay harus rajin membersihkan kandang dan memberikan air minum yang segar setiap hari. Memberikan kesempatan bagi burung untuk mandi juga penting untuk menjaga kebersihan bulu-bulunya. Selain itu, pemilik burung juga perlu memeriksa dan merawat kesehatan burung secara rutin untuk mencegah penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Melatih burung poksay adalah langkah penting untuk mengembangkan suara kicauan yang indah dan merdu. Dalam melatih burung poksay, pemilik burung dapat menggunakan teknik-teknik pengulangan dan pemilihan suara kicauan yang baik. Konsistensi latihan dan kesabaran sangat diperlukan dalam melatih burung poksay agar mereka dapat mengeluarkan suara kicauan yang optimal.

Bagi pecinta burung, mengikuti lomba burung merupakan kegiatan yang menarik dan menjadi ajang untuk menguji keindahan suara kicauan burung poksay. Persiapan yang matang sebelum mengikuti lomba penting agar burung poksay dapat tampil maksimal. Latihan fisik dan persiapan mental merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam persiapan lomba burung.

Dalam merawat burung poksay, pemilik seringkali menghadapi beberapa permasalahan umum, seperti penyakit atau perilaku yang tidak normal. Penting bagi pemilik untuk memahami gejala-gejala penyakit dan mengetahui cara mengatasi masalah tersebut. Jika diperlukan, konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli burung untuk mendapatkan bantuan yang lebih spesifik.

Terakhir, pemilihan dan pembelian burung poksay harus dilakukan dengan hati-hati. Pilihlah burung yang sehat, aktif, dan memperoleh dari sumber yang terpercaya. Hindari membeli burung dari perdagangan ilegal yang dapat merugikan populasi burung di alam liar. Selalu prioritaskan kesejahteraan dan keberlanjutan burung poksay.

Dalam mengenal lebih jauh tentang burung poksay dan dunia pecinta burung, bergabung dengan organisasi pecinta burung dapat memberikan banyak manfaat. Organisasi seperti PPBI, BCSI, dan IBC merupakan tempat yang tepat untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan menjaga kelestarian burung-burung di Indonesia.

Dalam kesimpulan, artikel ini telah membahas secara detail empat jenis burung poksay yang populer di Indonesia, yaitu burung poksay Hongkong, poksay jambul, poksay Sumatera, dan poksay Kalimantan. Kami telah memberikan informasi yang lengkap mengenai karakteristik, habitat, makanan, perawatan, melatih, dan tips pemilihan burung poksay. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pecinta burung poksay di Indonesia untuk merawat dan mengapresiasi keindahan burung-burung tersebut.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar