Beranda > Makanan Burung > 4 Jenis Makanan Burung Kepodang agar Cepat Gacor dan Besar

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

4 Jenis Makanan Burung Kepodang agar Cepat Gacor dan Besar

4 Jenis Makanan Burung Kepodang agar Cepat Gacor dan Besar

Ada beberapa jenis makanan burung kepodang yang dapat membuatnya lebih cepat gacor dan besar. Namun, tidak semua orang mengetahui apa saja jenis-jenis makanan tersebut. Padahal, dengan memberikan makanan dengan kualitas yang paling terbaik seperti ini, dapat membuat burung kepodang yang Anda pelihara semakin terjaga kesehatannya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang jenis makanan yang baik untuk burung kepodang, alangkah baiknya jika kita semakin mengenal tentang jenis burung yang satu ini terlebih dahulu. Pada dasarnya, burung kepodang sangat terkenal di daerah Jawa Tengah, karena jenis burung ini memiliki suara kicauan yang sangat indah dan cantik.

Makanan Burung Kepodang agar Cepat Gacor
Makanan Burung Kepodang agar Cepat Gacor

Bahkan, ada beberapa orang yang berpendapat bahwa suara kicauan burung kepodang tergolong cukup unik. Burung kepodang juga sering disebut-sebut sebagai burung pembawa rezeki, sehingga tidak mengherankan jika semakin ada banyak orang yang ingin memeliharanya. Kendati demikian, penting untuk diketahui oleh orang-orang yang hendak memeliharanya, apa saja jenis makanan yang dapat membuat burung ini cepat gacor dan besar.

4 makanan burung kepodang anakan dan indukan

Beberapa jenis makanan burung yang baik untuk burung kepodang ini bisa dikonsumsi oleh burung kepodang anakan maupun indukan, sehingga Anda tidak perlu membedakannya secara satu per satu. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah 4 jenis makanan yang baik untuk burung kepodang:

  1. Buah-buahan

Jenis makanan utama yang sangat baik untuk kesehatan burung kepodang adalah buah-buahan. Sebab, burung kepodang itu sendiri sangat menyukai cita rasa manis yang datang dari sari-sari buah tersebut. Sementara itu, untuk jenis buah-buahan yang cocok dijadikan sebagai pakan burung kepodang adalah pepaya dan mangga.

Sudah ada banyak orang yang mengetahui bahwa pepaya dan mangga memiliki nutrisi yang lengkap, yang baik untuk dikonsumsi oleh burung kepodang anakan maupun indukan. Dari sekian banyak kandungan yang ada di dalam jenis buah-buahan ini, vitamin dan mineral yang ada di dalamnya adalah yang paling dibutuhkan oleh burung kepodang.

Baca Juga  Jenis Makanan Burung Cucak Ijo Terbaik Agar Gacor

Nantinya, para pemelihara burung kepodang dapat memberikan jenis buah-buahan ini secara bergantian. Sebagai contoh, Anda memberi makan buah pepaya di hari Senin dan Selasa, maka di hari Rabu dan Kamis Anda bisa memberinya makan berupa buah mangga. Dengan begitu, burung kepodang yang Anda pelihara tidak akan mudah merasa bosan.

  1. Voer kasar

Voer memang sering dijadikan sebagai jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh beberapa jenis burung yang beragam. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat di dalam voer itu sendiri akan terkandung beragam jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan para burung. Kendati demikian, jenis voer yang baik untuk burung kepodang adalah voer kasar.

Sebab, voer kasar yang berwarna hijau seperti rumput laut ini akan didukung dengan beberapa jenis kandungan bernutrisi seperti mineral, vitamin, dan protein yang tidak terlalu besar. Hal ini berbeda dengan voer halus yang memiliki kandungan mineral, vitamin, dan protein sangat besar.

Hanya dengan memberikan voer kasar secara rutin kepada burung kepodang, kebutuhan nutrisi burung tersebut sudah bisa terpenuhi dengan baik. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencari jenis voer yang lainnya, untuk dikonsumsi oleh burung kepodang yang Anda pelihara.

  1. Serangga

Jenis makanan lain yang baik untuk dikonsumsi burung kepodang adalah beberapa macam serangga. Umumnya, orang-orang yang memelihara burung kepodang di rumah akan menyediakan serangga-serangga kecil untuk dijadikan pakan burung tersebut. Kendati demikian, Anda harus pintar-pintar memilih serangga kecil yang baik untuk jenis burung ini.

Sebab, burung kepodang akan membutuhkan protein yang cukup besar, agar tubuhnya bisa selalu sehat dan bugar. Bahkan, ketika Anda memberinya makan berupa serangga kecil secara rutin, hal ini juga bisa membuat burung kepodang cepat gacor. Dalam hal ini, jenis serangga kecil yang bisa Anda berikan kepada burung kepodang adalah jangkrik dan ulat hongkong.

Baca Juga  Makanan Burung Lovebird

Meski kedua jenis serangga kecil ini dikatakan sangat baik untuk dikonsumsi burung kepodang, akan tetapi Anda harus tahu berapa porsi yang tepat untuknya. Untuk jangkrik sendiri, sangat disarankan kepada Anda untuk memberikannya setiap hari sesuai kebutuhan masing-masing burung kepodang. Namun, sekali makan burung kepodang hanya perlu 2-3 ekor jangkrik saja.

Sementara untuk porsi pengonsumsi ulat hongkong bagi burung kepodang juga cukup berbeda. Anda hanya perlu memberi ulat hongkong kepada burung kepodang sebanyak sekali dalam seminggu saja. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat kandungan protein yang ada di dalam jangkrik dan ulat hongkong sendiri sangatlah besar. Jadi, Anda perlu memperhatikannya dengan baik.

  1. Kroto dan pisang kapok

Untuk jenis pakan yang satu ini akan sangat baik dikonsumsi oleh burung kepodang anakan. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, burung anakan akan membutuhkan beragam nutrisi yang lebih lengkap. Maka dari itu, Anda bisa memberikan kroto segar dan jangkrik yang diambil bagian perutnya serta ditambahkan pisang kepok yang telah dilumatkan kepada burung kepodang anakan.

Jenis pakan ini akan memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap burung kepodang anakan yang masih berusia kurang dari 1 minggu. Nantinya, sebelum Anda memberikan pakan ini ke burung kepodang anakan, Anda perlu mencelupkan kroto segar tersebut ke air bersih dulu. Hal ini perlu dilakukan agar kroto tersebut dapat lebih mudah untuk ditelan sang anakan burung.

Sementara itu, alasan mengapa jenis pakan ini bisa ditambahkan dengan pisang kepok adalah karena pisang kepok dapat memberikan nutrisi yang lebih lengkap terhadap anakan burung. Dengan kebutuhan nutrisinya yang dapat terpenuhi dengan baik seperti ini, burung kepodang anakan bisa tumbuh secara lebih sehat dan maksimal.

Baca Juga  Makanan Burung Kolibri

Cara merawat burung kepodang dengan baik dan benar

Pada dasarnya, cara merawat burung kepodang tidak akan jauh berbeda seperti ketika Anda merawat jenis burung lainnya. Kendati demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa jenis poin penting yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Berikan pakan burung kepodang di waktu yang tepat, agar mereka bisa lebih rajin berkicau.
  • Mandikan burung kepodang secara rutin dan sebelum jam 10 pagi. Kendati demikian, Anda hanya perlu memandikannya ketika cuaca sedang cerah.
  • Letakkan burung di dalam sangkar dan jangan dikerondong. Pastikan sangkar tersebut diletakkan di sebuah tempat yang tenang dan bersuhu sejuk.
  • Sediakan minum yang bersih di dalam sangkar burung. Hal ini perlu dilakukan agar burung kepodang tidak mengalami dehidrasi.

Karena sekarang Anda sudah tahu apa saja makanan burung kepodang agar cepat gacor, Anda bisa mulai memberikan jenis-jenis makanan tersebut ke burung kepodang milik Anda. Dengan begitu, burung kepodang yang Anda pelihara bisa lebih cepat gacor dan tumbuh dengan kondisi yang lebih sehat. Tentu ini akan menjadi impian bagi para pemelihara burung kepodang, β€˜kan?

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Satu pemikiran pada “4 Jenis Makanan Burung Kepodang agar Cepat Gacor dan Besar”

Tinggalkan komentar