Beranda > Ensiklopedia Burung > Apa Itu Lovebird Non Klep?

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Apa Itu Lovebird Non Klep?

Jenis Lovebird Non Klep merupakan sebutan yang digunakan oleh pecinta burung di Indonesia untuk burung Lovebird jenis Agapornis roseicollis atau Lovebird Rosy-faced / Lovebird peach-faced.

Lovebird Non Klep berbeda spesies dengan jenis lovebird yang sudah umum di telinga masyarakat yaitu jenis Fischer’s lovebird atau Agapornis fischeri.

Perbedaan Lovebird Non Klep Dengan Lovebird Klep

Perbedaan Fisik

Perbedaan paling jelas antara lovebird non klep dengan lovebird klep terletak pada warna bulu terutama pada bagian kepalanya. Burung Lovebird jenis non klep biasanya memiliki warna bulu hijau yang dominan pada badannya dengan sedikit warna peach atau pink muda yang bergradasi ke merah pada bagian wajah dan dadanya.

Lovebird Non Klep (Agapornis Roseicollis)
Lovebird Non Klep (Agapornis Roseicollis) – Charles J. Sharp
Lovebird Klep (Agapornis Fischeri)
Lovebird Klep (Agapornis Fischeri) РPeter B̩k̩si Budapest, Hungary

Istilah non klep digunakan pada lovebird jenis Agapornis roseicollis ini karena dia memiliki lingkaran putih pada kelopak mata yang tidak terlalu tebal jika dibandingkan dengan lovebird jenis Agapornis fischeri.

Lingkar Putih Pada Mata Lovebird Klep (Agapronis Fischeri)
Lingkar Putih Pada Mata Lovebird Klep (Agapronis Fischeri)
Lingkar Putih Pada Mata Lovebird Non Klep (Agapronis Roseicollis)
Lingkar Putih Pada Mata Lovebird Non Klep (Agapronis Roseicollis)

Lovebird non klep juga memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dibanding lovebird jenis klep atau Agapornis fischeri.

Perbedaan Karakter

Burung Lovebird Non Klep biasanya memiliki karakter yang tidak terlalu agresif dan lebih mudah berinteraksi dengan manusia jika dibandingkan dengan Lovebird klep.

Karakter dari Lovebird Non Klep ini lah yang membuat sebagian orang menjadikan burung ini sebagai burung peliharaan FF atau Free Fly yang dilatih agar bisa terbang bebas diluar kandang untuk beberapa saat namun mampu kembali kepada sang pemilik.

Lovebird Non Klep Yang Sudah Jinak Dan Terlatih Bisa Dibawa Keluar Kandang
Lovebird Non Klep Yang Sudah Jinak Dan Terlatih Bisa Dibawa Keluar Kandang

Namun karakter dari burung lovebird biasanya dipengaruhi juga oleh lingkungan dan perlakuan breeder terhadap burung yang mereka ternakkan.

Dari segi pola makan maupun perilaku berkembang biak lovebird non klep dan klep tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Harga Lovebird Non Klep

Harga burung Lovebird Non Klep di Indonesia berkisar di angka Rp80.000 hingga Rp200.000 per ekor.

Harga burung Lovebird baik non klep maupun klep biasanya dipengaruhi dengan tingkat ke jinak an burung, jenis mutasi, data induk kan dan data DNA. Biasanya semakin lengkap data-datanya atau jika burung sudah jinak, maka semakin mahal harga burungnya.

Kelebihan Lovebird Non Klep

  1. Punya ukuran tubuh yang besar dibanding lovebird klep.
  2. Cenderung lebih mudah membangun ikatan emosional dengan manusia.
  3. Tidak terlalu agresif dan lebih mudah jinak.
  4. Lebih mudah dilatih untuk free fly (terbang bebas diluar kandang).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lovebird non klep memiliki kepribadian yang berbeda dengan lovebird klep ditambah beberapa kelebihan yang baru saja disebutkan membuat burung ini diminati untuk dijadikan sebagai peliharaan kesayangan yang bisa diajak terbang di luar kandang.

Apakah Lovebird Non Klep Bisa Ikut Lomba Kicau?

Lovebird Non Klep biasanya dimiliki bukan untuk mengikuti lomba kicau karena burung Lovebird jenis Agapornis roseicollis tidak memiliki kemampuan “ngekek” yang biasanya hanya bisa didapat dari lovebird klep (Agapornis Fischeri)

Apakah Lovebird Non Klep Bisa Dikawinkan Dengan Lovebird Klep?

Meskipun kedua lovebird ini bisa dikawin silangkan, namun sangat tidak disarankan karena sangat berisiko melahirkan anak burung yang memiliki sifat buruk seperti tidak bisa di kenalkan atau dikawinkan ke jenis lovebird lain bahkan sifat yang cenderung ingin membunuh burung lovebird lainnya bisa muncul.

Rujukan

  1. Understanding the different Types of Lovebirds – Petcaretips
  2. Hybrid Lovebirds – The African Lovebird Society of Australia Inc
  3. Lovebird Free Fly (Free Flight Outdoors) – YouTube/My Trained Lovebirds

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Satu pemikiran pada “Apa Itu Lovebird Non Klep?”

Tinggalkan komentar