Beranda > Perawatan Burung > Apa Penyebab Murai Batu Suka Cabut Bulu?

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Apa Penyebab Murai Batu Suka Cabut Bulu?

Burung n Murai Batu Cabut Bulu – Ada beberapa kondisi yang dapat membuat burung murai batu suka cabut bulu. Dalam hal ini, para pemilik burung tersebut harus bisa mengenali kondisi seperti apa saja yang dapat menjadi penyebabnya. Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah untuk mencari tahu tentang bagaimana cara mengatasi kondisi burung murai batu yang suka mencabut bulunya sendiri.

Sebelum kita masuk ke pembahasan tentang penyebab burung murai batu suka mencabut bulunya sendiri, ada baiknya jika kita semakin mengenal tentang ciri-ciri burung murai batu. Pada dasarnya, burung murai batu memiliki perilaku yang cukup aneh jika dibandingkan dengan jenis-jenis burung lainnya. Di balik kicauannya yang sangat merdu, jenis burung ini memiliki perilaku aneh yang dapat merusak keindahan bulu pada tubuhnya.

Perilaku aneh ini bisa dimiliki oleh setiap jenis burung murai batu yang ada di dunia ini. Kendati demikian, penting untuk Anda ketahui bahwa perilaku aneh ini tidak tiba-tiba muncul begitu saja. Perilaku aneh ini bisa muncul ketika burung murai batu sedang mengalami suatu kondisi tertentu. Lalu, kondisi seperti apa saja yang dapat membuat burung murai batu berperilaku aneh?

Burung n Murai Batu Cabut Bulu
Burung n Murai Batu Cabut Bulu | source : wikipedia commons

Penyebab burung murai batu suka cabut bulunya sendiri

Dengan memahami apa saja kondisi yang dapat membuat burung murai batu suka mencabut bulunya sendiri, Anda bisa merawatnya secara lebih baik lagi. Maka dari itu, simak dengan baik penjelasan berikut ini:

  1. Pemberian pakan burung murai batu yang tidak tepat

Salah satu penyebab dari burung murai batu yang suka mencabut bulunya sendiri adalah pemberian pakan yang tidak tepat. Mulai dari memberi pakan dalam jumlah yang terlalu banyak maupun sedikit, memberi pakan dengan jenis yang tidak sesuai, hingga tidak secara rutin memberi pakan pada burung murai batu dapat membuat burung tersebut memiliki perilaku yang aneh.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa jenis pakan burung murai batu yang dapat membuat burung tersebut lebih cepat birahi. Dalam hal ini, sebagai pemilik dari burung murai batu Anda tidak boleh memberikan jenis pakan tersebut ke burung peliharaan Anda. Apalagi, jika Anda memberikan jenis pakan tersebut ketika burung murai batu tidak sedang mengikuti lomba.

Ketika Anda membuat burung murai batu lebih cepat birahi padahal tidak sedang mengikuti lomba, hal ini dapat membuat burung murai batu tersebut mengalami over birahi dan tidak bisa menemukan lawan jenisnya dengan baik. Dengan begitu, burung murai batu akan merasa gelisah dan mereka akan mematuki bulunya sendiri.

  1. Burung murai batu merasa tertekan

Tidak hanya bisa disebabkan oleh satu kondisi saja, tapi perilaku aneh dari burung murai batu ini juga bisa disebabkan karena burung sedang merasa tertekan. Ketika mental burung murai batu sedang tidak stabil, mereka akan cenderung mencabuti bulunya sendiri. Umumnya, hal ini bisa terjadi karena lawan tarungnya sangat tangguh.

Selain itu, kondisi mental burung murai batu yang tidak stabil dan disebabkan oleh lawan tarungnya yang sangat tangguh ini, lebih sering dialami oleh burung murai batu yang masih muda. Sebab, burung murai batu muda masih belum memiliki jiwa atau mental tarung yang sempurna.

Jadi, sebagai pemilik dari burung tersebut Anda tidak boleh memaksakannya untuk bertarung. Jika Anda tetap ingin mengajak burung tersebut bertarung, sangat disarankan kepada Anda untuk mencari lawan yang masih sejajar dengannya dalam hal kemampuan kicauannya. Hal ini perlu dilakukan agar mental tarung dari burung murai batu muda tersebut tidak turun.

  1. Bulu burung murai batu terkena serangan kutu

Kutu juga bisa menjadi penyebab dari perilaku burung murai batu yang suka mencabut bulunya sendiri. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat serangan kutu sendiri dapat membuat burung murai batu merasa gatal, sehingga mereka akan secara otomatis ingin menghilangkan rasa gatal tersebut.

Ketika bulu burung murai batu sudah terkena serangan kutu seperti ini, mereka akan merasa gatal di setiap waktu. Bahkan, ada beberapa kasus yang membuat burung murai batu jadi merasa lemas karena menahan rasa gatal tersebut. Maka dari itu, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi ini begitu saja.

Agar burung murai batu yang Anda pelihara tidak terkena serangan kutu seperti ini, Anda perlu selalu menjaga kebersihan tubuh dari burung tersebut. Anda bisa memandikan burung murai batu secara rutin dan tentunya dengan cara yang tepat.

Burung n Murai Batu Suka Cabut Bulu
Burung n Murai Batu Suka Cabut Bulu | source : wikipedia commons

Cara mengatasi kondisi burung murai batu suka mencabut bulunya sendiri

Apakah burung murai batu yang Anda pelihara mulai menunjukkan perilaku aneh yang satu ini? Jika memang begitu, maka Anda harus segera mencari tahu tentang bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut. Untuk membantu Anda mengetahui cara tersebut secara lebih mudah, berikut kami sampaikan penjelasan lengkapnya:

  1. Mengatur pola makan burung murai batu secara lebih baik lagi

Karena salah satu penyebab kondisi burung murai batu suka mencabut bulunya sendiri adalah pemberian pakan yang tidak tepat, jadi Anda harus memperbaiki kebiasaan pemberian pakan tersebut terlebih dahulu. Anda bisa memberikan pakan pada burung murai batu secara lebih teratur, seperti memberinya jangkrik sebanyak 2 ekor di pagi hari dan 2 ekor lagi di sore hari. Dengan begitu, burung murai batu tidak akan mengalami kondisi over birahi yang dapat membuatnya gelisah dan mencabuti bulunya sendiri.

  1. Perhatikan penempatan sangkar dengan baik

Tidak hanya pola makannya saja yang harus diperhatikan dengan baik, tapi penempatan sangkar burung murai batu juga harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, Anda bisa menempatkan sangkar burung murai batu milik Anda di sebuah tempat yang nyaman dan aman. Pastikan Anda meletakkan sangkar tersebut di sebuah tempat yang jauh dari binatang-binatang pengganggu, seperti ayam, kucing, maupun burung murai batu yang lebih tangguh.

  1. Rawat burung murai batu dengan cara yang tepat

Sama halnya seperti jenis burung yang lainnya, burung murai batu juga harus dijemur secara rutin. Cara menjemur burung murai batu yang tepat adalah setiap hari pada pukul 08.00 – 09.00. Sinar matahari di waktu pagi memang sangat baik untuk kesehatan burung, sehingga Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan sebaik mungkin. Sementara itu, ketika malam sudah tiba Anda juga perlu menutupi sangkar burung murai batu, agar mereka tidak kedinginan.

Sampai di sini saja pembahasan kita mengenai penyebab burung murai batu suka cabut bulu sendiri dan bagaimana cara mengatasinya yang tepat. Karena sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi kondisi seperti ini dengan tepat, jadi Anda tidak akan mengalami kesalahan lagi ketika menghadapinya. Rawat burung murai batu yang Anda pelihara dengan sebaik mungkin, agar mental burung tersebut tidak terus menurun dan membuatnya sakit.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Satu pemikiran pada “Apa Penyebab Murai Batu Suka Cabut Bulu?”

Tinggalkan komentar