Beranda > Ensiklopedia Burung > 4 Hal Seputar Burung Perkutut Gacor yang Perlu Diketahui Para Pecinta Burung

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

4 Hal Seputar Burung Perkutut Gacor yang Perlu Diketahui Para Pecinta Burung

4 Hal Seputar Burung Perkutut Gacor yang Perlu Diketahui Para Pecinta Burung

Avesnesia.com – Burung perkutut gacor merupakan salah satu jenis burung yang dapat kamu rawat sendiri di rumah dengan mudah. Memelihara burung perkutut yakni salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan di rumah dan bisa membuatmu belajar untuk merawat makhluk hidup sendiri. Selain itu, merawat burung perkutut juga bisa menghilangkan perasaan bosan.

Terdapat banyak sekali binatang peliharaan yang bisa kamu coba untuk pelihara di rumah, salah satunya adalah burung perkutut. Burung ini merupakan salah satu binatang peliharaan yang cocok bagi siapa saja yang ingin belajar merawat hewan sendiri sekaligus menyukai suara-suara burung yang indah dan dapat membuat suasana rumah menjadi lebih hidup.

Agar dapat membantumu dalam memilih burung perkutut yang tepat untuk di rumah, artikel kali ini akan membahas mengenai hal-hal seputar burung perkutut.

Burung Perkutut Gacor
Burung Perkutut Gacor – Perkutut E11 channel

Burung Perkutut Gacor Berdasarkan Jenisnya

Terdapat beberapa jenis pilihan burung perkutut yang bisa dirawat dan dipelihara di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis burung perkutut yang paling umum dijumpai dan menjadi populer untuk dirawat:

1.      Burung Perkutut Gacor Bangkok

Burung Perkutut Gacor Bangkok
Burung Perkutut Bangkok

Burung perkutut jenis satu adalah yang paling populer dan banyak diminati oleh para pecinta burung. Populasi dari perkutut Bangkok pun cukup banyak sebab ada banyak sekali yang ikut melestarikan dan membudidayakan burung ini. Kamu bisa dengan mudah menemukan jenis terpopuler satu ini.

2.      Burung Perkutut Gacor Putih

Burung Perkutut Putih
Burung Perkutut Putih

Burung perkutut jenis ini sekilas tampak seperti merpati putih akan tetapi memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil disbanding merpati putih.

3.      Burung Perkutut Gacor Majapahit

Burung Perkutut Majapahit
Burung Perkutut Majapahit

Lalu selanjutnya ada jenis burung perkutut Majapahit yang mempunyai warna bulu sangat indah serta dada yang tegak.

4.      Burung Perkutut Gacor Katuranggan

Burung Perkutut Katuranggan
Burung Perkutut Katuranggan

Berikutnya, burung perkutut katuranggan adalah salah satu jenis perkutut yang dipercaya dapat memberikan dampak positif bagi siapa yang memilikinya. Sebab popularitasnya, perkutut katuranggan dapat dijumpai dengan nilai yang sangat tinggi.

Ciri-ciri Burung Perkutut untuk Dipelihara

Terdapat banyak sekali burung perkutut yang memiliki karakteristik berbeda. Maka dari itu, di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa ciri burung perkutut yang bagus untuk kamu pelihara di rumah:

1.      Memiliki Ukuran Kepala yang Besar

Pertama-tama, kamu harus mencari burung yang memiliki kepala besar. Burung perkutut yang memiliki kepala besar umumnya memiliki otak yang lebih besar dan pintar, selain itu juga menjadikannya lebih mudah untuk dilatih.

2.      Tubuh yang Besar dan Kekar

Burung perkutut yang memiliki tubuh besar dan kekar merupakan salah satu ciri burung yang bagus untuk dipelihara. Tubuh burung perkutut yang besar adalah salah satu tanda ketahanan tubuhnya yang kuat dan tidak akan mudah sakit.

3.      Paruh Burung yang Panjang

Burung perkutut yang memiliki bentuk paruh panjang umumnya akan mengeluarkan suara lebih merdu. Bukan hanya itu saja, burung perkutut dengan paruh panjang akan cenderung lebih sering mengeluarkan suara dan tidak hanya diam saja.

4.      Leher Warna Abu-Abu

Walaupun setiap burung perkutut memiliki corak yang berbeda, burung perkutut yang bagus jenisnya biasanya memiliki bulu di leher yang berwarna abu-abu yang melingkar dan menutupi bagian lehernya dengan indah.

5.      Punggung yang Menonjol

Burung perkutut yang bagus juga akan memiliki punggung yang menonjol jika diperhatikan dari samping. Punggung tersebut menandakan bahwa tubuhnya memiliki kekuatan tulang yang bagus.

6.      Dada Membusung

Burung perkutut yang sehat pun umumnya memiliki dada yang membusung. Dada membusung tersebut adalah salah satu tanda bahwa kemampuan bernapasnya yang sangat baik dan tidak akan gampang jatuh sakit.

7.      Fisik yang Proporsional

Sama halnya dengan makhluk hidup lainnya, burung perkutut yang bagus pun mempunyai fisik yang proporsional. Tubuh yang proporsional merupakan salah satu tanda bahwa perkutut tersebut sehat dan tidak memiliki gangguan atau masalah pada tubuhnya.

Cara Memelihara Burung Perkutut di Rumah

Agar bisa tumbuh dengan baik dan normal, kamu juga harus merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar pula. Sama halnya dengan burung perkutut yang memerlukan perawatan supaya dapat mempunyai usia yang panjang dan terus sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memelihara dan merawat burung di rumah.

Cara Agar Burung Perkutut Lokal Gacor

Untuk membuat burung perkutut lokal menjadi gacor memang membutuhkan treatment dan penanganan khusus. Selain pakan, tentunya terdapat beberapa kebiasaan dan perlakuan khusus agar perkutut senang manggung dan berkicau. Kicauan burung perkutut ini, selain menenangkan, dapat menjadi pundi-pundi rupiah pula.

Sebab sekarang ini, masih banyak diadakan lomba perkutut di berbagai daerah yang memperebutkan hadiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips & trik untuk membuat burung perkutut lokal menjadi gacor.

1.      Vitamin

Salah satu trik yang kerap digunakan oleh pecinta perkutut adalah dengan memberikan vitamin. Vitamin yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Pemilik biasanya akan memberikan Vitkom, vitamin anak yang diberikan seminggu sekali. Vitamin ini berguna agar perkutut mendapatkan nutrisi yang lengkap.

2.      Kebersihan Kandang

Mungkin terdengar sepele, namun nyatanya terlalu sering atau jarang dibersihkan pun dapat menjadi masalah. Jika terlalu sering, maka burung perkutut tidak bisa mencium aroma kotorannya. Hal ini bisa membuat burung perkutut menjadi jarang berkicau.

Sedangkan jika terlalu jarang, maka kotoran yang ada dapat menimbulkan virus dan penyakit. Maka pembersihan kandang dapat dilakukan secara tepat. Kamu hanya perlu membersihkan kandangnya 3 hari sekali, itu merupakan waktu yang cocok untuk membersihkan kandang. Baca selengkapnya Cara Pemeliharaan dan Pembersihan Sangkar Perkutut Agar Terhindar dari Penyakit

3.      Mandikan Perkutut

Proses mandi ini mempunyai beberapa tahapan. Yang pertama dengan melakukan metode basahi tangan. Kemudian usap-usap badan dari atas hingga ujung ekor. Burung perkutut bisa dimandikan dengan air bekas cucian beras.

Konon katanya, hal tersebut bisa membuat bulu lebih mengkilap. Selain itu, trik ini pun dapat mencegah kutu yang bisa menimbulkan penyakit pada burung.

4.      Perhatikan Pakan

Burung perkutut bisa diberikan asupan lain selain biji-bijian, contohnya seperti tambahan nutrisi ini bisa berasal dari rempah dan juga madu.

5.      Berjemur Pagi

Trik lain yang akan membuat perkutut lokal menjadi gacor yakni dengan menjemurnya tiap pagi. Sama seperti manusia, hangat dari sinar matahari pun dapat berguna untuk burung. Sementara itu, durasi waktunya hanya cukup dari 2-3 jam saja. Setelah matahari mulai terik, dapat dipindah ke lokasi yang lebih teduh.

6.      Pancingan Suara Perkutut

Dan tips yang terakhir adalah dengan memancing suara. Pemilik dapat memutar suara burung perkutut gacor, misalnya seperti video di YouTube banyak yang disediakan. Dengan begitu, burung perkutut lokal akan serasa ditemani oleh perkutut lain, padahal hanya rekaman suara saja.

Itulah 4 Hal Seputar Burung Perkutut Gacor yang Perlu Diketahui oleh Para Pecinta Burung, agar burung perkutut berkicau semakin merdu.

Referinsi :

Geopelia striata : https://animaldiversity.org/accounts/Geopelia_striata/classification/

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Satu pemikiran pada “4 Hal Seputar Burung Perkutut Gacor yang Perlu Diketahui Para Pecinta Burung”

Tinggalkan komentar