Beranda > Perawatan Burung > Cara Memandikan Burung Lovebird

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Cara Memandikan Burung Lovebird

Agar burung lovebird tetap sehat terhindar dari kutu dan menjaga bulunya tetap indah silakan ikuti cara memandikan burung lovebird yang benar berikut ini.

Hampir semua lovebird sangat menyukai mandi baik mandi sendiri pada wadah yang disediakan ataupun menggunakan semprotan berisi air hangat-hangat kuku.[1]

Memandikan burung lovebird yang merupakan kewajiban kita saat merawat burung lovebird juga dipercaya dapat membuat burung lovebird mampu ngekek panjang jika dilakukan dengan benar karena mandi itu menyehatkan dan burung sehat senang berkicau.

6 Langkah Mudah Untuk Memandikan Burung Lovebird Di Rumah

1. Ambil Wadah Pakan Dan Minum Burung Lovebird

Ambil Tempat Pakan Sebelum Memandikan Burung Lovebird
Ambil Tempat Pakan Sebelum Memandikan Burung Lovebird

Ketiga pagi hari dan kamu baru saja membuka krodong kandang burung lovebird, biarkan terlebih dulu dia makan dan minum air yang bersih agar badan mereka terasa hangat karena metabolisme mereka bekerja saat mencerna makanan.

Setelah satu atau dua jam mereka melakukan sarapan dan peregangan tubuh di pagi hari, ambil wadah pakan dan minum burung lovebird sebelum burung dimandikan agar makanan tetap kering dan bersih.

Makanan burung yang basah terkena air biasanya akan cepat basi dan berbahaya jika dimakan oleh burung lovebird.

Selain itu ini merupakan waktu yang tepat untuk kamu membersihkan tempat makan dan minum lovebird agar bersih dari kotoran burung dan debu yang mungkin masuk sebelumnya.

2. Mandikan Lovebird Pada Pagi Hari Ketika Matahari Sudah Mulai Terasa Panas

Mandikan Burung Lovebird Dengan Semprotan Yang Halus Semburan Airnya
Mandikan Burung Lovebird Dengan Semprotan Yang Halus Semburan Airnya

Setelah itu saat matahari mulai terik dan terasa hangat di tubuh, kamu bisa mulai menyiapkan wadah seperti piring atau mangkuk berisi air untuk ditempatkan didalam kandang burung lovebird agar mereka mandi dengan sendirinya.

❌ Hindari menggunakan air yang terlalu panas atau air es yang sangat dingin karena dapat membuat burung merasa kaget dan tertekan.[2]

Jika burung lovebird tidak mau mandi, kamu bisa menyemprotnya dengan menggunakan semprotan yang halus semburan airnya dan semprotkan air secara perlahan kepada tubuh burung.

⚠️Memandikan burung lovebird menggunakan semprotan harus dilakukan secara hati-hati jangan sampai kamu menyemprot bagian wajahnya karena bisa membuat burung sakit jika air masuk ke dalam lubang pernafasan mereka.

Burung yang baru pertama kali dimandikan akan terlihat panik dan seperti ketakutan, namun apabila burung sudah dibiasakan untuk mandi setiap hari maka mereka akan diam bahkan dengan senangnya bermain-main dengan tetesan air.

3. Jemur Burung Di Bawah Sinar Matahari Dengan Panas Menengah

Burung Lovebird Sedang Berjemur Setelah Mandi - TheAlphaWolf Wikipedia
Burung Lovebird Sedang Berjemur Setelah Mandi – TheAlphaWolf Wikipedia

Setelah bulu-bulu burung basah, mereka biasanya menggigit dan merapikan bulu tubuh mereka dengan menggunakan paruh.

Burung yang hendak dijodohkan atau yang sudah berjodoh bahkan akan merapikan satu sama lain.

Nah, sambil burung menyisir seluruh bulunya, kita taruh kandang burung lovebird di tempat yang terkena sinar matahari pagi dengan panas menengah.

Jika matahari sudah terlalu terik, bulu burung biasanya akan terlihat gimbal bahkan keriting karena kering terlalu cepat.

⚠️Jangan menjemur burung terlalu lama, segera pindahkan ke tempat teduh jika bulu sudah terlihat kering dan indah.

Menjemur burung juga sangat penting terutama jika burung kerap memakan kalsium seperti tulang sotong atau bubuk cangkang telur karena sinar matahari mampu memberikan vitamin D yang berguna untuk memproses kalsium sehingga kesehatan tulang, kuku, paruh dan bulu burung terjaga.

❌ Jika sedang masuk musim penghujan atau cuaca sedang sangat dingin, tunda memandikan burung lovebird terlebih dahulu.

Sambil menunggu kering, kamu bisa memasukkan kembali tempat makan dan minum burung lovebird yang sudah bersih ke dalam kandang agar burung bisa melanjutkan sarapannya selagi mereka berjemur.

⚠️ Jika terpaksa memandikan burung lovebird pada saat tidak ada matahari contohnya malam hari, maka biarkan bulu burung kering dengan sendirinya atau gunakan lampu penghangat telur agar proses pengeringan lebih cepat. Hindari penggunaan pengering rambut pada burung karena mengandung uap Teflon yang dapat meracuni paru-paru burung.

4. Jangan Menggunakan Sabun

Walaupun banyak orang menjual shampoo burung terbaik, shampoo burung anti kutu dan lain sebagainya, percayalah! air bersih adalah yang terbaik untuk digunakan saat memandikan burung lovebird.

Lovebird tidak memerlukan sabun pada saat dimandikan. Sabun akan membuat bulu burung lovebird terlihat jelek dan susah kering ketika sudah dimandikan.

Sabun memiliki sifat yang melarutkan minyak dan lemak sehingga lapisan minyak yang sangat sedikit yang terdapat pada bulu burung lovebird akan hilang.

Lapisan minyak ini berfungsi agar bulu burung lovebird tidak mudah basah kuyup sehingga burung tidak merasa kedinginan walau terkena air.

Selain itu sabun bisa membuat mata burung kesakitan, beberapa sabun juga mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan burung jika terminum atau terhirup olehnya.

Penggunaan sabun hanya boleh dilakukan dalam jumlah yang sangat sedikit itu pun menggunakan sabun khusus yang terjamin kandungannya aman untuk burung dan di bawah pengawasan dokter hewan jika burung dalam kondisi yang sangat kotor misalnya terkena minyak, terkena lem atau terkena aspal.

5. Jangan Memandikan Burung Lovebird Sampai Basah Kuyup

Jangan Memandikan Burung Lovebird Sampai Basah Kuyup
Jangan Memandikan Burung Lovebird Sampai Basah Kuyup Karena Akan Membuat Bulu Susah Kering Dan Burung Tertekan

Jika menggunakan semprotan, jangan membasahi bulu burung hingga kuyup sehingga burung kehilangan kemampuannya untuk terbang karena selain membuat burung tertekan, suhu tubuh burung akan sangat cepat mengalami penurunan dan bisa berakibat fatal.

Memandikan burung cukup sampai bulu-bulu bagian terluar burung basah, kecuali burung dalam kondisi darurat kamu bisa membasahi bulu burung sampai kuyup dengan menggunakan air hangat-hangat kuku dan langsung dikeringkan menggunakan inkubator atau lampu penghangat yang dijaga agar tidak terlalu panas suhunya.

6. Mandikan Burung Setiap Hari Ketika Cuaca Sedang Mendukung

Karena Indonesia memiliki iklim tropis yang hampir sebagian besar memiliki suhu yang hangat, maka burung lovebird sangat suka dimandikan setiap hari.

Memandikan burung lovebird setiap hari selain menyehatkan untuk burung juga bisa menambah ikatan emosional burung terhadap manusia menjadi semakin akrab.

Jika di daerah tempat kamu tinggal cuaca selalu cerah dan terkena sinar matahari, maka kamu bisa secara rutin memandikan burung lovebird kesayangan setiap hari.

Pertanyaan Terkait Cara Memandikan Burung Lovebird

Berapa kali memandikan burung lovebird dalam seminggu?

Jika burung lovebird sangat senang mandi, biasanya burung lovebird yang suka mandi akan mandi di tempat minumnya, maka kamu bisa memandikannya setiap hari selama cuaca sedang cerah dan suhu udara tidak terlalu dingin.

Apakah burung lovebird bisa dimandikan saat malam hari?

Ketika hari sudah malam suhu udara cenderung dingin dan kelembapan udara biasanya tinggi, jika burung lovebird dimandikan dimalam hari pastikan kamu memberikannya lampu penghangat agar lovebird tidak kedinginan.

Apakah burung lovebird perlu shampoo saat dimandikan?

Tidak, apa pun jenis shampoo atau sabunnya meskipun itu dijual dengan tulisan shampoo khusus burung sekalipun, burung lovebird hanya perlu air yang bersih saat dimandikan.

Apakah memandikan burung lovebird dengan air es dibenarkan?

Tidak, memandikan burung lovebird dengan air es dapat membuat burung terkena hipotermia di mana tubuh burung yang kecil terlalu kedinginan dan kesulitan untuk menaikkan suhu tubuhnya dan akan mengakibatkan kematian pada burung lovebird.

Rujukan

[1] – Bird Care Guide: Lovebirds – mspca.org – mspca angell

[2] – Bathing Your Bird – Alyson Kalhagen – the spruce Pets

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Satu pemikiran pada “Cara Memandikan Burung Lovebird”

Tinggalkan komentar