Beranda > Lovebird > Cara Menjinakkan Burung Lovebird

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Cara Menjinakkan Burung Lovebird

Cara menjinakkan burung lovebird agar burung lovebird jinak dan senang berinteraksi dengan kita bisa dilakukan dengan mudah asalkan mau sabar dan tekun memeliharanya.

Burung Lovebird yang notabene nya merupakan burung yang agresif bisa kita jinakkan melalui metode dan perlakuan khusus.

Penasaran dengan langkah apa saja yang harus dilakukan dalam cara menjinakkan burung lovebird? Berikut ini ulasan selengkapnya.

10 Langkah Mudah Untuk Menjinakkan Lovebird Dewasa Yang Giras

Meskipun menjinakkan lovebird akan jauh lebih mudah jika dilakukan pada saat lovebird masih berumur kurang dari 5 bulan, namun dengan kesabaran dan kasih sayang yang tinggi, lovebird 3 bulan bahkan lovebird dewasa yang giras juga bisa jinak dengan mengikuti cara berikut ini:

1. Usahakan Pilih Lovebird Usia 3 Bulan Dengan Jenis Kelamin Jantan

Cara Menjinakkan Lovebird 3 Bulan - Lovebird Usia 3 s.d 5 Bulan memiliki tubuh yang kecil dan lebih mudah untuk dijinakkan
Lovebird Usia 3 s.d 5 Bulan memiliki tubuh yang kecil dan lebih mudah untuk dijinakkan

Jangan khawatir! Jika lovebird yang kamu miliki usianya sudah lebih dari 3 atau 5 bulan, kamu masih tetap bisa menjinakkan mereka namun dengan waktu sedikit lebih lama.

⚠️ Jika lovebird sudah memiliki pasangan, jangan mencoba untuk memisahkan mereka dan menjinakannya!

Lovebird dengan usia muda biasanya tidak memiliki kecenderungan untuk menyerang bahkan cenderung penakut sehingga kita sebagai manusia bisa menjadi teman dan pelindung bagi si burung agar mereka merasa aman dan menjadi jinak terhadap manusia.

Burung lovebird jenis kelamin jantan dikenal tidak seagresif burung lovebird betina karena burung lovebird betina terutama yang sudah berusia dewasa memiliki insting untuk membuat sarang dan menjadikan sarang sebagai teritorial yang tidak bisa diganggu oleh siapa pun.

2. Simpan Kandang Lovebird Pada Tempat Di mana Kita Sering Beraktivitas

Menyimpan Kandang Burung Lovebird Di Ruangan Yang Banyak Aktifitas Manusia
Menyimpan Kandang Burung Lovebird Di Ruangan Yang Banyak Aktifitas Manusia

Lovebird adalah burung dari kelompok spesies parrot yang damiana kelompok burung ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang baik.

Lovebird terutama yang sudah berusia dewasa biasanya akan agresif jika didekati oleh manusia terutama ketika manusia memasukkan tangannya ke dalam kandang mereka.

Hal ini disebabkan karena Lovebird adalah burung yang teritorial dan jika ada benda atau makhluk asing mendekati kandangnya, mereka akan bertindak secara agresif dan mempertahankan kedudukan teritorialnya.

Agar kita sebagai manusia tidak dianggap asing oleh burung lovebird, letakan kandang burung lovebird di dalam ruangan atau lingkungan damiana kita sering beraktivitas.

❌ Hindari menaruh kandang burung di dapur karena asap dari penggorengan berlapis teflon sangat beracun bagi lovebird.
❌ Jangan menaruh kandang burung dalam ruangan yang digunakan untuk merokok.

Misalnya kita taruh kandang di lorong yang sering kita lewati, di ruang kerja tempat kita menghabiskan waktu untuk bekerja seharian atau di ruang keluarga damiana banyak manusia berkumpul dan menghabiskan waktu setiap harinya.

Dengan membiasakan burung lovebird untuk bertemu manusia dan melihat manusia beraktivitas, burung akan mulai beradaptasi dan tidak lagi menganggap manusia sebagai ancaman bagi teritorial mereka.

3. Ajak Burung Lovebird Berkomunikasi

Bermain-main dengan burung lovebird
Bermain-main dengan burung lovebird

Luangkan waktu kamu setiap hari untuk melihat kondisi kandang burung dan kesehatan burung lovebird sambil mengajaknya berkomunikasi.

Anggap saja burung lovebird adalah anak kecil yang lucu, tanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti halo? sehat? lagi apa? dan lakukan dengan suara yang menyenangkan.

Kamu juga bisa memanggil burung lovebird yang ingin dijinakkan dengan sebutan nama, jika kamu memanggilnya dengan nama setiap hari maka burung akan terbiasa dengan panggilan tersebut.

❌ Hindari membentak burung, memukul kandang dan jenis gangguan lain yang bisa menyebabkan burung terkejut.

Saya biasanya mengajak burung berkomunikasi dengan siulan atau berbicara saat saya membuka atau menutup krodong kandang burung Lovebird, ketika burung sedang dijemur setelah dimandikan dan saat saya mengganti pakan dan minumnya.

Dengan melakukan hal tersebut burung lovebird merasa nyaman dan tidak memandang saya sebagai ancaman yang perlu mereka takuti.

4. Perlakukan Burung Dengan Lemah Lembut

Perlakukan Kandang Lovebird Secara Lemah Lembut
Perlakukan Kandang Lovebird Secara Lemah Lembut

Ketika beraktivitas pada ruangan atau tempat di mana kandang burung berada, hindari gerakan-gerakan cepat yang terjadi secara tiba-tiba, misalnya membuka atau menutup pintu dengan perlahan sehingga burung tidak terkejut dan stress.

Gerakan perlahan dan lemah lembut juga wajib kamu lakukan ketika kamu hendak mengganti makan & minumannya atau membersihkan kandangnya.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu hendak memindahkan atau menaruh kandang burung lovebird, lakukan dengan hati-hati dan jangan dilakukan secara tiba-tiba.

❌ Hindari berdiri jauh lebih tinggi dibanding kandang burung diletakan karena burung akan terasa terancam.

5. Sentuh Kandang Burung Secara Perlahan

Sentuh Kandang Lovebird Dengan Perlahan
Sentuh Kandang Lovebird Dengan Perlahan

Lovebird yang baru beradaptasi dengan interaksi bersama manusia biasanya sudah tidak mudah stress atau terkejut ketika didekati oleh manusia.

Tapi kebanyakan lovebird pada tahap ini biasanya masih suka menggigit tangan manusia ketika kita memasukkan tangan kita ke dalam kandang entah untuk membersihkan kandang atau ketika ingin mencoba mengelus bulu burung lovebird.

Solusi untuk tingkah burung lovebird yang kerap menggigit jari tangan kita adalah dengan cara menyentuh dan meletakan tangan kita di bagian jeruji kandang burung lovebird.

✅ Cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh kandang burung lovebird agar kesehatan burung dan manusia tetap terjaga.

Lakukan dengan perlahan dan jangan banyak melakukan gerakan tangan ketika menyentuh kandang lovebird. Semakin sering kita menyentuh kandang burung lovebird, maka lovebird akan mulai terbiasa dengan tangan manusia dan tidak akan menganggap tangan kita sebagai sesuatu yang harus diserang.

6. Masukan Tangan Kita Ke Dalam Kandang Burung Lovebird

Masukan Tangan Kita Ke Dalam Kandang Burung Lovebird
Masukan Tangan Kita Ke Dalam Kandang Burung Lovebird

Jika ketika kita meletakan tangan kita pada jeruji kandang lovebird burung tidak terlihat takut dan tidak mencoba untuk menyerang, kita bisa memulai untuk membiasakan burung terhadap tangan kita lebih jauh dengan cara memasukkan tangan kita ke dalam teritorial mereka.

Saya biasanya setiap memandikan burung lovebird tempat makan dan minum juga saya keluarkan sambil dibersihkan dan diisi ulang. Lalu saat burung saya jemur, sambil menunggu bulu mereka kering saya memasukkan tangan saya ke dalam kandang burung lovebird sambil memegang wadah makan mereka.

Dengan memegang wadah makan mereka sambil menawarkan mereka untuk makan, lovebird biasanya akan merasa takut namun jika hal ini dilakukan setiap hari lovebird akan mulai memakan dari wadah yang kita pegang dari dalam sangkar.

❌ Jangan lakukan hal ini terlalu lama karena jika lovebird tidak mau makan ketika kita pegang wadah makanannya dalam waktu yang lama maka mereka akan semakin merasa terancam dan stress hingga tidak nafsu makan sama sekali.
❌ Jangan terburu-buru dan langsung menyentuh burung Lovebird walau burung sudah mau makan dari tempat yang kita pegang.

Jika mereka sudah berani makan dari makanan yang kita pegang, maka lovebird sudah mulai jinak dan tidak takut dengan manusia.

7. Suapi Burung Lovebird Dengan Makanan Kesukaannya

Suapi Burung Lovebird Dengan Makanan Kesukaannya
Suapi Burung Lovebird Dengan Makanan Kesukaannya

Ketika Lovebird sudah tidak terlalu asing dengan tangan kita, kita bisa memberikan mereka hadiah berupa makanan kesukaan mereka tetapi langsung kita suapi ke paruh mereka.

Saya biasanya menyuapi burung lovebird dengan kuaci atau kangkug karena burung lovebird yang saya miliki sangat menyukai kedua jenis makanan tersebut.

Jika biasanya saya memberikan kangkung dan kuaci dengan cara menaruhnya begitu saja, ketika burung sudah mulai jinak saya coba memegang kuaci atau kangkung dan menawarkannya kepada burung.

⚠️ Lakukan dengan hati-hati karena burung lovebird memiliki paruh yang tajam dan dapat membuat jari tangan kita terluka.

Pada proses ini jari tangan saya kerap terkena gigitan burung lovebird, jika kamu juga tergigit jangan buat gerakan secara tiba-tiba dan berteriak dengan keras. Jika lovebird menggigit jari tangan kamu, katakan saja “aw sakit!” jika lovebird menggigit lagi katakan saja “stop!” dengan suara yang agak tinggi dan hentikan pemberian makanan secara disuapi.

Dengan demikian burung lovebird akan terlatih dan mengerti kenapa ketika mereka gigit manusia berhenti memberikan makanan kesukaan mereka dan mudah-mudahan mereka berhenti menggigit jari kita.

8. Mulai Mencoba Menyentuh Burung

Mulai Mencoba Menyentuh Burung
Mulai Mencoba Menyentuh Burung

Jika burung sudah sangat terbiasa dengan tangan kita, maka sudah saatnya untuk kita mencoba mengelus burung lovebird kesayangan kita.

Coba elus-elus bagian paruhnya terlebih dahulu secara perlahan, biasanya burung akan mencoba menjilati atau menggigit-gigit kuku kita secara perlahan jika mereka sudah jinak.

Lalu kita juga bisa mencoba untuk mengelus bagian leher dan kepalanya yang gemas dengan perlahan biasanya burung sangat menyukai dielus manusia terutama pada bagian ini.

Jika burung terlihat tidak nyaman ketika kita sentuh bagian tubuhnya, maka kurangi atau hindari menyentuh bagian tersebut

9. Latih Burung Lovebird Untuk Keluar Kandang Dalam Pengawasan Kita

Burung Lovebird Jinak Bermain Diluar Kandang - Youtube Bird Day
Burung Lovebird Jinak Bermain Diluar Kandang – Youtube/Bird Day

Lovebird yang sudah jinak namun masih menghabiskan seluruh waktunya di dalam kandang biasanya akan diam dan cuek saja ketika kita membuka pintu kandangnya.

Jika kamu ingin burung lovebird kamu bisa beraktivitas di luar kandang, maka kamu bisa melatihnya dengan penuh pengawasan dan kehati-hatian.

❌ Jangan melatih burung keluar kandang di tempat terbuka karena burung lovebird akan terbang jauh dan sulit untuk kembali pulang

Untuk mencoba melatih burung dalam hal ini kamu harus memindahkan terlebih dahulu kandang burung kedalam ruangan yang tertutup rapat tanpa celah untuk burung lovebird terbang ke alam bebas.

Sediakan makan dan minum juga tangkringan di atas meja atau lantai agar burung mau keluar kandang.

Setelah semuanya terpenuhi, buka pintu sangkar dan biarkan burung keluar dengan sendirinya jangan dipaksa seperti memukul kandang burung atau mengusir-ngusir agar burung mau keluar kandang.

Saat burung berada di dalam ruangan yang besar, kamu harus ekstra hati-hati jangan sampai burung terjepit, diserang binatang lain seperti kucing atau anjing dan pastikan dia tidak memakan benda-benda lain yang ada dalam ruangan tersebut.

10. Lakukan Rutinitas Yang Sama Secara Teratur Setiap Hari

Jika semua langkah di atas dari 1 sampai dengan 8 sudah bisa dilakukan, maka kamu harus melakukannya terus setiap hari sepanjang hidupnya agar burung tetap jinak dan kenal dengan kita.

⚠️ Burung yang jinak menunjukkan mereka sudah menjalin hubungan emosional dengan kita dan jika kita berhenti melakukan semua rutinitas di atas, burung biasanya akan merasa kesepian dan stress.

Hal-Hal Yang Harus Di Hindari Saat Menjinakkan Burung Lovebird

1. Jangan Lakukan Terapi Lapar Terlalu Sering & Lama

Avesnesia tidak merekomendasikan metode terapi lapar pada burung lovebird yang umum dilakukan di Indonesia seperti membiarkan lovebird tanpa makanan dari pagi hari hingga siang hari agar mereka kelaparan dan kita berikan makanan dari tangan kita.

Namun jika burung lovebird yang kamu miliki terlampau liar dan galak, kamu bisa melakukannya sesekali saja dan jangan lebih dari 4 jam karena apabila burung lovebird kelaparan, mereka sangat mudah terserang penyakit bahkan mati karena kekurangan nutrisi.

2. Jangan Membeli Lolohan Burung Lovebird Jika Belum Pernah Menangani Anak Burung Lovebird Sebelumnya

Beberapa orang yang ingin memiliki burung lovebird jinak memilih untuk membeli anakan burung lovebird yang belum bisa makan sendiri.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu merawat anakan burung lovebird, saya sarankan untuk tidak membeli burung dengan usia semuda ini.

Anak burung lovebird yang belum tumbuh bulu secara penuh dan belum bisa makan sendiri memerlukan asupan makanan yang cukup sering semakin muda biasanya semakin banyak bisa 8 hingga 12 kali dalam kurun waktu 1 hari.

Jika kamu lalai sedikit dalam proses pemberian makanan misal makanan terlalu banyak, atau pemberian pakan yang asal-asalan bisa mengancam keselamatan jiwa burung lovebird.

Jika kamu ingin lebih mudah menjinakkan burung lovebird, kamu bisa membeli burung lovebird yang baru belajar memakan biji-bijian biasanya memiliki usia 3 hingga 4 bulan, burung dengan usia ini sudah cukup kuat dan bisa makan sendiri namun tidak terlalu agresif seperti lovebird dewasa.

3. Lovebird Adalah Binatang Dengan Perasaan dan Perlu Kasih Sayang

Meskipun burung tidak mengkomunikasikan emosi dan perasaannya secara langsung, mereka biasanya memiliki perilaku yang mencerminkan bagaimana perasaannya. [1]

Banyak sekali orang di luar sana yang ketika gagal menjinakkan burung lovebird mereka langsung kehilangan semangat dan tidak punya motivasi lagi untuk merawat burung lovebird.

Ingat burung lovebird bukan mainan, burung lovebird memiliki perasaan, mereka bisa memilih untuk jinak atau tidak sesuai dengan apa yang menurut mereka terbaik untuk dirinya.


Rujukan

[1] – Bird Emotions – The Spruce – Melissa Mayntz

[2] – YouTube ILiuHa BrO

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Satu pemikiran pada “Cara Menjinakkan Burung Lovebird”

Tinggalkan komentar