Beranda > Lovebird > Cara Menjodohkan Lovebird

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Cara Menjodohkan Lovebird

Cara menjodohkan Lovebird adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, beberapa orang terutama pemula kerap kebingungan saat menjodohkan lovebird yang baru kenal.

Beberapa burung lovebird menjadi galak ketika dikenalkan dengan burung lovebird yang baru dan ada juga yang meskipun sudah di satukan dalam satu kandang namun mereka tidak kunjung kawin.

Metode atau cara menjodohkan lovebird berikut ini merupakan hasil dari pengalaman Avesnesia sendiri. Sebelum lanjut mari kita kenalan dengan pasangan lovebird kesayangan kami:

Cara Menjodohkan Lovebird Beda Warna & Keduanya Sudah Pernah Berjodoh Dengan Pasangan Lain 2
Pasangan Lovebird Milik Avesnesia, keduanya sudah pernah berjodoh dengan pasangan lain & saat Ini sedang membangun sarang persiapan mulai bertelur.

Foto diatas adalah foto pasangan Lovebird baru yang sebelumnya mereka sudah memiliki masing-masing pasangan.

Si Bapak, adalah burung lovebird Fischer dengan warna hijau standar dulunya mempunyai pasangan namun kabur saat mereka sedang mengurus bayi lovebird yang baru saja menetas.

Si Ibu, adalah burung lovebird Fischer dengan warna pastel kuning yang saya beli untuk menggantikan pasangan Si Bapak yang kabur. Menurut penjualnya, Si Ibu sudah pernah produksi telur dan memiliki karakter yang galak.

Meskipun mereka berbeda warna, dan keduanya sudah pernah memiliki jodoh sebelumnya, namun saat ini mereka sudah tinggal dalam satu kandang yang sama, sudah saling sayang antara satu dengan lainnya dan sekarang si Ibu sedang dalam masa bertelur.

Proses pengenalan Lovebird baru saya lakukan secara perlahan selama 1 bulan hingga akhirnya mereka saya satukan ke dalam satu kandang yang sama dan mulai menunjukkan perilaku kawin.

Oke setelah cerita tentang pasangan lovebird milik Avesnesia, berikut ini bagaimana cara kami menjodohkan lovebird di atas dengan mudah dan cepat:

Cara Kami Menjodohkan Lovebird Galak Yang Baru Kenal Walau Berbeda Warna & Sudah Pernah Berjodoh

Menjodohkan lovebird dimulai dari pengecekan jenis kelamin lovebird, kesehatan fisik, dan mental burung, lalu dilanjutkan dengan perawatan yang baik setelah kedua burung dipastikan sehat, burung lovebird dikenalkan dengan cara meletakannya dalam ruangan yang sama hingga muncul rasa ingin tahu yang tinggi dari burung.

Sebelum menyatukan lovebird pada kandang yang sama, kandang burung bisa diletakan dengan dekat dan berdampingan. Setelah burung lebih jauh mengenal satu sama lain, burung bisa dimasukkan ke dalam satu kandang dan harus diperhatikan tingkah lakunya.

1. Pastikan Kedua Burung Lovebird Sehat

Cara Menjodohkan Lovebird - Pastikan Burung Lovebird Sehat Mental Dan Fisik
Pastikan Burung Lovebird Sehat Mental Dan Fisik

Burung memiliki kecenderungan untuk cuek terhadap burung yang sakit, jadi jika kamu ingin lovebird cepat berjodoh pastikan mereka berdua dalam kondisi sehat dan prima.

Memeriksa kesehatan burung lovebird yang paling mudah bisa kamu lihat dari kelincahan, nafsu makan, keindahan bulu, bentuk kotoran & cara dia bernafas.

Sangat disarankan untuk melakukan karantina pada burung baru jika kamu tidak bisa menjamin kesehatan dan kebersihan burung.

Jika ada burung yang terlihat kesusahan saat bernafas, lesu hanya diam di bawah kandang, tidak nafsu makan, bulunya kusut dan kotorannya berbeda dengan burung sehat yang lain, pastikan kamu mengkarantinanya dengan memberikan burung tersebut perawatan terlebih dahulu hingga burungnya sehat pada ruangan terpisah selama 30 hari.

2. Perlakukan Kedua Burung Lovebird Dengan Baik Dan Penuh Kasih Sayang

Perlakukan Burung Lovebird Dengan Penuh Kasih Sayang
Perlakukan Burung Lovebird Dengan Penuh Kasih Sayang

Pastikan kedua burung kamu bersihkan kandangnya, dipenuhi kebutuhan makan dan minumnya, dimandikan dan dijemur dengan adil.

Ikuti petunjuk cara merawat burung lovebird yang sudah kami bahas sebelumnya agar kedua burung sehat secara fisik dan mental.

Jika kamu mengenalkan seekor burung baru kepada burung peliharaan kamu yang sudah lebih dulu kamu miliki, pastikan kamu memprioritaskan burung lama terlebih dahulu sebelum merawat burung baru.

Hindari memberikan makanan/minum, menyapa, memandikan dan menjemur burung baru terlebih dahulu karena akan membuat burung lama cemburu dan lebih susah untuk dikondisikan agar siap berjodoh dan kawin.

3. Letakan Kandang Burung Lovebird Dalam Satu Ruangan Yang Sama

Meletakan Kedua Kandang Burung Lovebird Dalam Satu Ruangan Namun Berjauhan
Meletakan Kedua Kandang Burung Lovebird Dalam Satu Ruangan Namun Berjauhan

Ketika kamu sudah memiliki dua ekor burung lovebird, jangan langsung menaruh mereka dalam satu kandang yang sama.

Burung lovebird adalah burung yang teritorial atau cenderung mempertahankan daerah kekuasaannya sehingga jika mereka langsung diletakan pada tempat yang sama biasanya mereka akan berkelahi bahkan saling melukai untuk berebut daerah kekuasaan

Letakan kandang burung dalam satu ruangan atau satu lingkungan yang sama namun dengan jarak yang berjauhan. Tahap ini fungsinya adalah untuk memancing rasa ingin tahu si burung terhadap satu sama lain.

Lakukan tahap ini setidaknya selama 7 hari atau hingga burung menunjukan perilaku ingin tahu atau penasaran yang sangat kuat.

Meletakan kandang burung baru secara berjauhan juga bisa mencegah penularan penyakit antar burung karena mungkin burung lovebird yang baru kamu miliki pernah terpapar virus saat berada di peternakan atau penjual burung.

4. Dekatkan Kandang Burung Lovebird Hingga Menempel Bersebelahan

Meletakan Kandang Burung Lovebird Yang Ingin Dikenalkan Secara Berdekatan
Meletakan Kandang Burung Lovebird Yang Ingin Dikenalkan Secara Berdekatan

Ketika kedua burung sudah terlihat saling penasaran antara satu dengan yang lain, biasanya ditandai dengan mereka saling lihat dan nangkring di jeruji seolah-olah ingin terbang ke kandang burung yang lain, kamu bisa mulai mendekatkan kandang burung bersebelahan.

Pada tahapan ini kamu memberikan kesempatan kepada burung untuk saling mengamati satu sama lain lebih dekat.

Pada saat burung diletakan bersebelahan, biasanya mereka akan berinteraksi dengan cara saling berkicau dan saling tatap-tatapan.

Jika burung sudah saling sahut-sahutan, misalnya ketika burung jantan berteriak lalu burung betina ikut menirukan teriakan si jantan, biasanya mereka sudah siap untuk dijodohkan dalam satu kandang.

Biasanya burung akan saling sahut-sahutan dengan sangat cepat (4 sampai 7 hari) ketika kandang sudah didekatkan.

5. Jika Kedua Burung Lovebird Sudah Saling Bersahut-Sahutan, Satukan Mereka Dalam Satu Kandang Baru

Lovebird Yang Baru Disatukan Biasanya Terlihat Tidak Nyaman Dan Suka Bertengger Di Jeruji Sangkar
Lovebird Yang Baru Disatukan Biasanya Terlihat Tidak Nyaman Dan Suka Bertengger Di Jeruji Sangkar

Hindari memasukkan burung lovebird jantan kedalam kandang burung lovebird betina karena itu akan memancing insting burung betina untuk mempertahankan daerah kekuasaan dia yaitu kandangnya.

Pada beberapa kasus, kamu bisa memasukkan kandang betina ke dalam kandang burung lovebird jantan, namun biasanya burung jantan yang agresif akan sesekali terlihat marah kepada burung betina, atau jika burung jantan nya bukan burung yang alpha atau cenderung pendiam biasanya dia akan di bully oleh burung betina dan daerah kekuasaannya diambil alih oleh burung betina.

Kenapa Lovebird betina lebih galak dari pada jantan?

Burung Lovebird betina memang memiliki sifat alami yang sangat teritorial, di mana mereka akan sangat agresif jika tempat tinggal mereka yang merupakan daerah kekuasaannya diganggu.[2]

Cara terbaik untuk menjodohkan lovebird pada satu kandang adalah dengan menyiapkan kandang baru yang sifatnya netral (kandang bukanlah daerah kekuasaan burung jantan maupun burung betina)

Siapkan kandang kotak yang juga dilengkapi dengan glodok atau kotak kayu tempat untuk burung lovebird bersarang.

6. Pantau Pasangan Lovebird Baru & Pastikan Mereka Tidak Bertengkar

Pasangan Lovebird Baru Bertengkar
Lovebird Bertengkar

Setelah memasukan kedua burung kedalam satu kandang baru yang netral, pantau selalu dan pastikan burung tidak berkelahi secara terus menerus.

Ketika dua ekor burung lovebird di satukan ke dalam satu kandang, sangat wajar jika mereka sesekali saling gigit atau saling kejar mengejar, ini terjadi biasanya karena mereka sedang beradaptasi dengan kandang baru dan saling berebut daerah kekuasaan didalam kandang.

Biasanya setelah beberapa hari mereka akan mulai akrab dan tidak saling berkelahi antara satu dengan yang lain karena mereka sudah menemukan daerah atau posisi di dalam kandang yang menurut mereka nyaman dan menjadi wilayah masing-masing.

Monitor burung secara rutin dan berkala setiap harinya, jika dalam kurun waktu yang lama misalnya lebih dari 4 hari mereka saling berkelahi sepanjang hari sehingga selalu terdengar kicauan berisik dari kandang karena saling menyerang satu dengan yang lain, maka besar kemungkinan mereka tidak bisa dijodohkan.

7. Perhatikan Perilaku Lovebird Yang Berjodoh

Ciri-Ciri Lovebird Betina Yang Sudah Jodoh Dan Ingin Kawin Dengan Pasangannya
Ciri-Ciri Lovebird Betina Yang Sudah Jodoh Dan Ingin Kawin Dengan Pasangannya

Ketika kedua ekor lovebird sudah terlihat tenang, perhatikan tanda-tanda mereka benar-benar berjodoh.

Ciri-ciri Lovebird yang sudah berjodoh ada beberapa, antara lain:

  1. Lovebird jantan menyuapi Lovebird betina.
  2. Lovebird jantan membersihkan bulu lovebird betina dengan cara menggigit-gigit bulunya secara halus begitu juga lovebird betina kepada pasangannya.
  3. Lovebird makan bersama tanpa rebutan.
  4. Lovebird mandi bersama baik dalam wadah minum atau pada wadah yang disediakan untuk mandi.
  5. Ketika ingin kawin, Lovebird betina membungkukkan badan menaikkan ekor mereka seperti ayam kate.
  6. Sedangkan Lovebird jantan akan bergerak berputar2 jika sudah ingin kawin.
  7. Lovebird betina biasanya akan membawa material sarang seperti batang kangkung, potongan kertas dan serutan kayu ke dalam glodok tepat sebelum mereka kawin.
  8. Jika dipisahkan mereka akan mencari satu sama lain (berteriak atau bertengger di jeruji kandang agar bisa dekat dengan kandang pasangannya).

Jika salah satu atau sebagian besar perilaku yang dituliskan di atas sudah dialami oleh lovebird peliharaan kamu, selamat kamu sudah berhasil menjodohkan burung lovebird dengan baik.

Sedangkan apabila kedua ekor lovebird terlihat cuek antara satu dengan yang lain, selama mereka tidak saling serang, jangan terburu-buru memisahkan mereka, tunggu beberapa minggu biasanya mereka akan berjodoh juga pada akhirnya setelah birahi masing-masing burung meningkat dengan sendirinya.

Berapa lama proses penjodohan burung lovebird?

Tidak ada patokan waktu yang pasti untuk lama proses penjodohan burung lovebird, namun jika burung dalam kondisi sehat secara fisik & mental, mereka akan berjodoh dalam kurun waktu 3 sampai 4 minggu sejak pengenalan.


Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Seputar Penjodohan Lovebird

Apakah Lovebird butuh pasangan?

Lovebird adalah burung yang sangat suka bersosialisasi, mereka bisa hidup tanpa pasangan namun manusia wajib meluangkan waktu yang cukup banyak untuk bersosialisasi dengan burung setiap hari.[1] Jika lovebird memiliki pasangan, maka kebutuhan bersosialisasi dengan manusia jauh berkurang

Apakah Lovebird beda warna bisa kawin?

Bisa, selama burung lovebird tersebut berasal dari satu spesies yang sama dan sudah memiliki usia yang cukup untuk bereproduksi maka lovebird bisa kawin meskipun memiliki warna bulu yang jauh berbeda.

Apakah Lovebird betina meloloh jantan?

Tidak, lovebird betina hanya akan diloloh oleh burung jantan. Lovebird yang suka meloloh atau dalam bahasa inggris disebut regurgitate selalu berjenis kelamin jantan dan ini adalah insting burung jantan untuk memenuhi asupan makanan pasangan dan keluarganya.[3]

Apakah burung lovebird sesama jenis bisa kawin?

Tidak, meskipun lovebird dengan jenis kelamin yang sama jika di satukan dalam satu kandang akan terlihat mesra namun mereka tidak akan kawin, mereka hanya saling menyayangi satu dengan yang lain. Dua ekor lovebird betina akan bertelur jika hidup bersama karena perubahan hormon, telurnya tidak akan menetas (telur kosong) karena tidak ada proses kawin atau pembuahan dari lovebird jantan.

Rujukan

[1] – 5 Things You Gotta Know About Lovebirds – beChewy Editorial – Amanda Lafond

[2] – Why do my lovebirds not get along? – Lafeber – Brenda

[3] – Lovebird Courtship and Mating: Breeding, Nesting, Behavior, and More – Pethelpful – Sakina Nasir

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

2 pemikiran pada “Cara Menjodohkan Lovebird”

Tinggalkan komentar