Beranda > Perawatan Burung > Cara Merawat Burung Lovebird

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Cara Merawat Burung Lovebird

Melalui cara merawat burung lovebird yang benar kita bisa menghasilkan burung lovebird yang sehat dan gembira.

Burung lovebird yang sehat dan gembira bisa berkicau dengan gacor atau ngekek dengan durasi yang lama.

Berikut ini 10 hal yang wajib diperhatikan saat merawat burung lovebird agar burung sesuai dengan yang kita harapkan.

1. Sediakan Kandang Burung Yang Luas

Memberikan Kandang Yang Luas Untuk Lovebird Jadi Kunci Sukses Merawat Lovebird Dengan Baik - YouTube-Inspirasi Hesti
Memberikan Kandang Yang Luas Untuk Lovebird Jadi Kunci Sukses Merawat Lovebird Dengan Baik – YouTube-Inspirasi Hesti

Lovebird merupakan burung yang sangat aktif, dia sangat senang melompat, terbang dan jalan kesana-kemari, untuk itu berikan kandang burung dengan ukuran yang luas.

Kandang burung lovebird harus terbuat dari besi yang tidak mengandung bahan beracun (disarankan berbahan stainless steel) dengan jarak antar jeruji 1.25 s.d 1.5 cm.

Rekomendasi ukuran sangkar burung untuk dua ekor lovebird setidaknya harus memiliki panjang 81 cm, dengan lebar dan tinggi 50 cm. Jika memungkinkan untuk membeli kandang yang jauh lebih luas maka jauh lebih baik.

Dengan menyediakan kandang yang luas, lovebird akan sangat bahagia karena bisa melampiaskan keaktifannya sebagai burung dan yang paling penting adalah sehat karena pada kandang yang luas sirkulasi udara nya akan lebih baik dan kemungkinan lovebird membuang kotoran di tempat makan atau minum nya kecil.

⚠️ Hindari penggunaan kandang dengan bahan galvanis karena mengandung zinc yang bisa menyebabkan keracunan logam berat kepada burung lovebird.

2. Sediakan Fasilitas Kandang Burung Yang Lengkap

Membuat Dekorasi Kandang Lovebird Dari Kayu - Youtube-Bird Day
Membuat Dekorasi Kandang Lovebird Dari Kayu – Youtube-Bird Day

Agar burung lovebird terawat dengan baik, kita juga wajib menyediakan tangkringan di dalam kandang burung lovebird.

Karena unggas memiliki kaki yang diciptakan untuk mencengkeram sesuatu, maka tangkringan merupakan komponen penting guna menunjang kesehatan kaki burung lovebird.

Sediakan setidaknya 4 buah tangkringan didalam kandang burung lovebird dengan ukuran yang berbeda-beda biasanya lovebird suka tangkringan dengan diameter 1.27 cm hingga 1.59 cm.

Hanya gunakan tangkringan yang terbuat dari ranting kayu alami, saya lebih menyukai ranting dari pohon asem karena memiliki tekstur kasar yang baik untuk mengikis kuku burung namun tetap terasa empuk dan nyaman bagi telapak kaki burung.

Hindari penggunaan tangkringan berbahan plastik, besi dan tangkringan yang dibalut dengan kertas ampelas atau kertas gosok karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit kaki burung lovebird hingga radang sendi.

Kamu juga bisa memberikan lovebird mainan didalam kandang nya biasanya mainannya berupa ayunan kayu, tangga kayu lalu jika kamu memiliki sepasang lovebird, kamu juga harus menyediakan glodok atau sarang lengkap dengan material sarang agar mereka bisa berkembang biak.

3. Sajikan Pakan Burung Lovebird Yang Memiliki Kandungan Nutrisi Lengkap

Merawat Burung Lovebird Dengan Pemberian Pakan Terbaik
Merawat Burung Lovebird Dengan Pemberian Pakan Terbaik

Makanan adalah hal utama yang wajib diperhatikan dalam merawat burung lovebird, karena tingkat kesehatan dan stamina burung dipengaruhi oleh asupan makannannya.

Di habitat aslinya, Lovebird memakan banyak sekali jenis biji-bijian, dedaunan, sayur dan buah-buahan, itu semua mereka lakukan agar kebutuhan nutrisi seperti vitamin, lemak, karbohidrat dan zat besi bisa terpenuhi.

Jika lovebird hidup dalam kandang dan dijadikan peliharaan, maka kamu sebagai perawatnya harus bisa menyediakan semua nutrisi agar mereka bisa hidup sehat seperti di habitat aslinya.

Berikan makanan lovebird berupa campuran biji-bijian seperti biji millet, biji kenari, kuaci, biji gandum dan beras secukupnya lalu sediakan juga buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.

Pada artikel sebelumnya mengenai Daftar Makanan Burung Lovebird, kamu bisa melihat jenis pakan burung lovebird apa saja yang bagus untuk kesehatan burung lovebird.

Lalu selain makan, minum juga harus kamu sediakan setiap hari dan pastikan air minum nya diambil dari sumber yang terjamin kebersihannya atau jika kamu ragu, kamu bisa menggunakan air yang sudah dimasak sebelumnya lalu disajikan kepada burung ketika suhu nya sudah dingin.

4. Mandikan Burung Lovebird Setiap Hari

Lovebird Mandi Sendiri - YouTube - Love of Pets
Lovebird Mandi Sendiri – YouTube – Love of Pets

Burung Lovebird sangat suka mandi, binatang berbulu ini sangat peduli terhadap kebersihan dan keindahan bulunya sendiri.

Agar bulu burung lovebird tetap terlihat indah dan sehat, kamu bisa memandikan burung lovebird setiap hari.

Cara memandikan burung lovebird bisa dengan menggunakan semprotan yang memiliki semburan air yang lembut atau dengan menyediakan sebuah wadah berukuran besar yang terisi air bersih agar lovebird nanti mandi sendiri.

Jika memandikan burung lovebird dengan semprotan, jangan menyemprotkan air ke bagian wajah burung lovebird karena jika air masuk ke dalam saluran pernafasannya, burung akan terasa tersiksa.

Hindari memandikan burung lovebird ketika cuaca sedang dingin misalnya subuh-subuh atau malam hari karena dapat membuat burung kedinginan dan bisa membuat burung sakit.

Penggunaan Sampo tidak direkomendasikan karena burung lovebird memiliki mata dan lubang pernafasan yang sangat sensitif. Selain itu burung lovebird memiliki sedikit minyak pada bulunya yang membuat bulu mereka tahan air yang jika terkena sabun bulu burung akan terlihat jelek ketika terkena air dan susah kering.

5. Bersihkan Kandang Burung Lovebird Setiap Hari

Kandang Burung Lovebird Yang Bersih
Kandang Burung Lovebird Yang Bersih

Karena lovebird gemar menjelajahi semua sudut kandang, maka kebersihan kandang burung harus selalu dijaga saat kamu merawat burung lovebird.

Bersihkan nampan bawah atau tebok penampung kotoran dan sisa makanan setiap hari dengan menggunakan campuran air dan sedikit sabun cuci piring lalu sikat dan keringkan hingga bersih.

Periksa juga kebersihan tempat makan dan minum burung pastikan tidak terkontaminasi oleh kotoran burung, lumut dan jamur agar burung tidak mengalami keracunan yang bisa berakibat fatal.

Lovebird sangat suka mengesek-gesekan paruhnya ke benda disekitar kandang biasanya mereka mengesekan paruh mereka ke tangkringan atau jeruji kandang, jika pada tempat burung mengesek paruh terdapat kotoran, bersihkan dengan menggunakan sabun agar burung lovebird tidak memakan kotoran saat melakukan kebiasaannya.

Pastikan burung lovebird berada pada posisi yang aman ketika kamu sedang memberisihkan kandang dan semua perlengkapannya.

6. Jemur Burung Lovebird Di Bawah Sinar Matahari Setiap Hari

Lovebird Suka Berjemur Dibawah Sinar Matahari
Lovebird Suka Berjemur Dibawah Sinar Matahari

Lovebird sangat menyukai berjemur terutama setelah mandi, jadi pastikan kamu selalu memberikan paparan sinar matahari setiap hari selama 10 hingga 15 menit.

Burung juga memerlukan asupan vitamin D dari sinar matahari agar kalsium yang mereka makan bisa bermanfaat untuk kesehatan bulu, kuku, tulang dan paruh mereka.

Selalu awasi burung ketika kamu sedang menjemur burung lovebird, jika burung terlihat tidak nyaman atau kepanasan hentikan proses penjemuran.

Jangan menjemur burung lovebird terlalu lama di bawah sinar matahari terik karena bisa menyebabkan burung mengalami gangguan pengelihatan hingga terserang heat stroke yang berakibat burung mati karena gagal jantung.

7. Tutup Kandang Dengan Kerodong Ketika Malam Hari

Krodong Kain Penutup Sangkar Burung Lovebird
Gunakan Krodong Kain Penutup Sangkar Burung Lovebird Yang Berwarna Gelap

Lovebird memerlukan tidur selama 10 s.d 12 jam dalam sehari[1], mereka memerlukan ketenangan agar bisa mencapai jam tidur maksimal mereka.

Lovebird mudah sekali terbangun dari tidurnya jika mendengar suara bising atau cahaya terang berlebih, untuk itu gunakan kerodong atau kain penutup kandang burung lovebird agar suasana di dalam kandang lebih gelap dan tenang.

Jika sudah 10 s.d 12 jam, selalu buka kain kerodong penutup kandang agar udara segar di pagi hari bisa burung rasakan. Hindari menutup kandang burung diluar jam tidur mereka terlalu lama karena bisa mengganggu jam biologis burung.

Jangan tutup kandang burung dengan kain secara terus menerus (siang malam di tutup kerodong) karena akan membuat burung stres.

8. Jauhkan Lovebird Dari Benda-Benda Beracun

Asap Rokok Sangat Beracun Bagi Burung Lovebird
Asap Rokok Sangat Beracun Bagi Burung Lovebird

Ada banyak benda-benda atau produk rumah tangga yang ada di rumah kamu yang beracun bagi lovebird dan banyak orang tanpa sengaja mengancam keselamatan burung lovebird bahkan hingga burung lovebird mati karena lalai dalam merawat burung lovebird.

Asap rokok, Uap dari wajan teflon sangat beracun bagi burung dan bisa menyebabkan kematian jika terhirup oleh burung lovebird yang hanya memiliki paru-paru kecil.

Benda lain yang biasa ada dirumah seperti pemutih pakaian, cairan pembersih kompor/oven, pengharum ruangan, asap dupa, korek api dan baterai juga beracun bagi burung.[2]

Lalu banyak juga masyarakat di Indonesia yang ketika burung lovebirdnya sakit mereka memberikan obat yang dibuat untuk manusia kepada burung dengan anggapan untuk manusia saja aman apalagi untuk burung, pedahal hal ini bisa membunuh burung lovebird atau memperparah keadaan si burung.

Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum maupun sesudah berinteraksi dengan burung agar kesehatan burung dan kita selalu terjaga.

9. Perhatikan Dan Ajak Lovebird Untuk Berinteraksi Secara Rutin

Lovebird Perlu Kasih Sayang Manusia
Lovebird Perlu Kasih Sayang Manusia

Lovebird dan beberapa jenis burung paruh bengkok lainnya sangat suka bersosialisasi dan membutuhkan banyak sekali perhatian.

Jika kamu memelihara burung lovebird satu ekor tanpa pasangan didalam kandangnya, maka dia memerlukan interaksi dengan manusia setidaknya 2 s.d 4 jam setiap hari.

Adapun interaksi yang lovebird sukai antara lain: bermain, diajak bicara, dielus-elus, hingga dinyanyikan lagu. Bahkan jika lovebird sudah dalam kondisi jinak, kamu bisa menaruh dia di pundak kamu dan membawanya jalan-jalan keliling rumah.[3]

Kurang stimulasi interaksi sosial bisa membuat burung lovebird kesepian dan berujung stress, ini lah yang membuat burung lovebird tidak gacor dan tidak mau ngekek panjang.

10. Jangan Berikan Burung Lovebird Obat-Obatan atau Suplemen Dengan Kandungan Yang Tidak Jelas

Jangan Berikan Sembarang Obat atau Suplemen Kepada Burung Lovebird
Jangan Berikan Sembarang Obat atau Suplemen Kepada Burung Lovebird

Di Indonesia banyak sekali orang yang tidak memiliki latar belakang farmasi atau kedokteran hewan yang meracik obat-obatan dan suplemen untuk burung lovebird dengan iming-iming burung menjadi gacor dan ngekek panjang.

Tidak jarang burung lovebird yang digunakan untuk lomba justru mati karena pemberian obat-obatan dan suplemen yang tidak jelas.

Meskipun nutrisi sangat berpengaruh terhadap stamina burung dalam berkicau, pemberian nutrisi harus dilakukan secara alami bukan menggunakan obat atau suplemen yang dibuat secara asal-asalan tanpa adanya pengawasan dari ahli farmasi atau kedokteran hewan khususnya burung.

Rujukan

[1] – Lovebird Articles – That Pet Palace

[2] – Common Household Items That Are Toxic to Birds – The Unusual Pet Vets Pty Ltd

[3] – How Much Attention Do Lovebirds Need? – Lou Carter- All About Parrots

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

5 pemikiran pada “Cara Merawat Burung Lovebird”

Tinggalkan komentar