Beranda > Ensiklopedia Burung > cara merawat burung merpati

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

cara merawat burung merpati

cara merawat burung merpati

Apakah Anda memiliki burung merpati sebagai hewan peliharaan? Merawat burung merpati dengan benar membutuhkan pengetahuan dan perhatian yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara merawat burung merpati agar tetap sehat, bahagia, dan hidup lama.

Sebagai pemilik burung merpati, penting bagi Anda untuk memberikan makanan yang seimbang dan nutrisi yang tepat. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan jenis-jenis makanan yang sebaiknya diberikan kepada burung merpati, termasuk biji-bijian, sayuran, dan suplemen. Kami juga akan membahas porsi makan yang tepat dan jadwal pemberian makan yang baik untuk burung merpati Anda.

Memilih Kandang yang Tepat

Memilih kandang yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan burung merpati Anda. Kandang harus cukup luas untuk mereka terbang dan bergerak dengan leluasa. Selain itu, pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik dan cukup sinar matahari masuk. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan dan kesehatan burung merpati. Selain itu, pilih juga kandang dengan material yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

Ukuran Kandang yang Ideal

Ukuran kandang yang ideal untuk burung merpati bergantung pada jumlah burung yang Anda miliki. Jika Anda memiliki beberapa burung merpati, pilihlah kandang yang cukup luas agar mereka dapat terbang bebas. Untuk satu atau dua burung merpati, kandang dengan ukuran minimal 60 cm x 60 cm x 60 cm sudah cukup. Namun, semakin besar kandang, semakin baik untuk kesejahteraan burung merpati.

Perlengkapan Kandang yang Penting

Di dalam kandang, pastikan Anda menyediakan tempat tidur yang nyaman, tempat makan, dan tempat mandi untuk burung merpati Anda. Tempat tidur dapat berupa alas khusus yang mudah dibersihkan, seperti serbuk kayu atau rumput kering. Sedangkan tempat makan sebaiknya terbuat dari bahan yang aman dan mudah dicuci, seperti mangkuk keramik atau plastik yang tahan air. Untuk tempat mandi, pilihlah wadah yang cukup besar dan dangkal agar burung merpati dapat berendam dengan nyaman.

Rutinitas Perawatan Harian

Burung merpati membutuhkan rutinitas perawatan harian yang teratur agar tetap sehat dan bahagia. Rutinitas ini meliputi membersihkan kandang, membersihkan air minum dan tempat makan, serta merawat bulu-bulu mereka. Dalam panduan ini, kami akan memberikan tips dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam rutinitas perawatan harian burung merpati.

Membersihkan Kandang

Membersihkan kandang secara teratur sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung merpati. Pastikan Anda membersihkan kandang setidaknya seminggu sekali. Mulailah dengan mengeluarkan burung merpati dari kandang dan pindahkan mereka ke tempat yang aman. Kemudian, bersihkan semua bagian kandang menggunakan sikat dan deterjen yang aman untuk burung. Jangan lupa juga membersihkan tempat tidur, tempat makan, dan tempat mandi. Setelah selesai, bilas kandang dengan air bersih dan pastikan kandang benar-benar kering sebelum memasukkan kembali burung merpati.

Membersihkan Air Minum dan Tempat Makan

Air minum dan tempat makan burung merpati juga perlu dibersihkan setiap hari. Ganti air minum setiap pagi dan sore hari. Pastikan air minum tetap bersih dan segar. Untuk tempat makan, bersihkan setelah burung merpati selesai makan. Buang sisa makanan yang tidak dimakan dan cuci tempat makan dengan deterjen yang aman. Pastikan juga tempat makan benar-benar kering sebelum diisi dengan makanan yang baru.

Merawat Bulu-bulu Burung Merpati

Bulu-bulu burung merpati perlu dirawat agar tetap sehat dan bersih. Sikat bulu-bulu burung merpati dengan perlahan menggunakan sikat yang lembut. Hal ini akan membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada bulu mereka. Selain itu, perhatikan juga kondisi bulu-bulu burung merpati. Jika Anda menemukan bulu yang rusak atau rontok, segera periksakan burung merpati ke dokter hewan.

Latihan dan Aktivitas Fisik

Latihan dan aktivitas fisik sangat penting bagi kesehatan burung merpati. Dalam panduan ini, kami akan memberikan beberapa ide dan cara untuk melibatkan burung merpati dalam aktivitas fisik, seperti bermain dan terbang bebas di luar kandang. Aktivitas fisik yang cukup akan membantu menjaga kesehatan dan kebahagiaan burung merpati Anda.

Bermain dengan Burung Merpati

Saat bermain dengan burung merpati, pastikan Anda memberikan permainan yang aman dan menyenangkan bagi mereka. Anda dapat menggunakan mainan yang dirancang khusus untuk burung merpati, seperti mainan bergantungan atau mainan yang dapat dipecahkan. Selain itu, Anda juga dapat melibatkan burung merpati dalam permainan interaktif, seperti melempar bola kecil dan mengajak mereka mengejarnya. Bermain dengan burung merpati akan memperkuat ikatan antara Anda dan burung merpati, serta memberikan stimulasi mental dan fisik bagi mereka.

Terbang Bebas di Luar Kandang

Selain bermain di dalam kandang, burung merpati juga perlu terbang bebas di luar kandang untuk mendapatkan latihan dan stimulasi yang lebih. Pastikan Anda mengawasi burung merpati saat mereka terbang bebas di luar kandang. Pilihlah tempat yang aman dan terlindung dari ancaman seperti predator atau kendaraan yang berlalu-lalang. Terbang bebas di luar kandang akan memberikan kebebasan dan kegembiraan bagi burung merpati, serta membantu memperkuat otot-otot mereka.

Melatih Burung Merpati untuk Kembali ke Kandang

Setelah burung merpati terbang bebas di luar kandang, penting untuk melatih mereka agar dapat kembali ke kandang dengan aman. Anda dapat melatih burung merpati dengan menggunakan clicker training atau metode reward-based. Mulailah dengan memberikan makanan kesukaan burung merpati sebagai hadiah saat mereka kembali ke kandang. Lakukan latihan ini secara konsisten dan perlahan, dan burung merpati Anda akan belajar untuk kembali ke kandang dengan mudah.

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Menjaga kebersihan kandang dan kesehatan burung merpati sangat penting untuk mencegah penyakit dan infeksi. Dalam panduan ini, kami akan memberikan tips tentang cara membersihkan kandang dengan benar, menjaga kebersihan air minum, dan memberikan perawatan kesehatan rutin seperti memotong kuku dan paruh. Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan burung merpati, Anda dapat memastikan mereka tetap sehat dan bahagia.

Membersihkan Kandang dengan Benar

Membersihkan kandang dengan benar adalah kunci untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung merpati. Selain membersihkan kandang secara teratur, pastikan

Membersihkan Kandang dengan Benar

Membersihkan kandang dengan benar adalah kunci untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung merpati. Selain membersihkan kandang secara teratur, pastikan Anda menggunakan bahan pembersih yang aman untuk burung. Hindari penggunaan produk kimia yang berbahaya atau beracun. Sebagai gantinya, gunakan deterjen yang lembut dan ramah lingkungan. Selain itu, pastikan Anda membersihkan semua bagian kandang, termasuk alas, dinding, dan peralatan kandang seperti tempat tidur, tempat makan, dan tempat mandi. Setelah membersihkan kandang, pastikan untuk menyeka dan mengeringkan dengan baik sebelum memasukkan kembali burung merpati.

Menjaga Kebersihan Air Minum

Air minum yang bersih dan segar sangat penting untuk kesehatan burung merpati. Pastikan Anda mengganti air minum setiap hari dan membersihkan wadah air dengan baik sebelum mengisinya kembali. Jika Anda menggunakan wadah air yang tergantung di dalam kandang, pastikan juga untuk membersihkan ujung pipa atau nozzle agar tetap bersih dan tidak tersumbat. Hindari penggunaan wadah air yang terbuat dari logam atau plastik yang bisa berkarat atau mengandung zat berbahaya. Sebaiknya pilihlah wadah air yang terbuat dari keramik atau kaca yang mudah dibersihkan dan tahan lama.

Perawatan Kuku dan Paruh

Perawatan kuku dan paruh burung merpati juga penting untuk kesehatan mereka. Kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan masalah pergerakan dan keseimbangan burung merpati. Anda dapat memotong kuku burung merpati secara teratur menggunakan gunting khusus burung atau gunting kuku manusia yang tumpul. Pastikan Anda hanya memotong ujung kuku agar tidak melukai pembuluh darah di dalamnya. Selain itu, periksa juga paruh burung merpati. Jika paruh terlalu panjang atau tajam, Anda dapat mengamplas bagian ujung paruh dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Mengatasi Masalah Kesehatan Umum

Burung merpati dapat mengalami masalah kesehatan tertentu. Dalam panduan ini, kami akan memberikan informasi tentang beberapa masalah kesehatan umum yang sering dialami oleh burung merpati dan bagaimana mengatasinya. Dengan mengetahui tanda-tanda masalah kesehatan dan langkah-langkah yang harus diambil, Anda dapat memberikan perawatan yang tepat dan segera kepada burung merpati Anda.

Diare

Diare adalah masalah kesehatan umum yang sering dialami oleh burung merpati. Penyebab diare dapat bervariasi, mulai dari infeksi bakteri atau virus hingga makanan yang tidak cocok. Jika burung merpati Anda mengalami diare, pastikan untuk memberikan makanan yang mudah dicerna dan menghindari makanan yang bisa memperparah kondisi. Jika diare berlangsung lebih dari satu hari atau disertai dengan gejala lain seperti kehilangan nafsu makan atau lesu, segera bawa burung merpati ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan yang tepat.

Mabung

Mabung adalah proses pergantian bulu pada burung merpati. Proses ini biasanya terjadi setiap tahun dan dapat berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Selama mabung, burung merpati Anda akan kehilangan bulu-bulu lama dan tumbuh bulu baru. Untuk membantu burung merpati melewati proses mabung dengan baik, berikan makanan yang kaya akan protein untuk membantu pertumbuhan bulu baru. Selain itu, pastikan burung merpati mendapatkan istirahat yang cukup dan tidak terlalu stres. Jika Anda melihat tanda-tanda masalah selama mabung seperti penurunan berat badan yang drastis atau burung merpati tampak tidak nyaman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan seperti pilek atau batuk juga bisa menyerang burung merpati. Tanda-tanda infeksi saluran pernapasan pada burung merpati meliputi bersin, batuk, napas yang terengah-engah, dan keluarnya lendir dari hidung atau paruh. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera pisahkan burung merpati yang sakit dari burung lain untuk mencegah penyebaran infeksi. Bawa burung merpati ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, seperti pemberian antibiotik atau obat pernapasan. Selain itu, jaga kandang tetap bersih dan berikan makanan yang bergizi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung merpati.

Interaksi dan Permainan

Burung merpati adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan pemiliknya. Dalam panduan ini, kami akan memberikan tips tentang cara berinteraksi dengan burung merpati Anda dan memberikan permainan yang menyenangkan bagi mereka. Melalui interaksi dan permainan, Anda dapat membangun ikatan yang kuat dengan burung merpati Anda dan memberikan stimulasi mental dan fisik yang dibutuhkan oleh mereka.

Interaksi dengan Burung Merpati

Interaksi dengan burung merpati dapat dilakukan dengan berbicara dengan lembut dan membentuk ikatan yang positif. Anda dapat memanggil burung merpati dengan nama mereka dan memberikan perhatian yang cukup kepada mereka. Selain itu, Anda juga dapat memberikan makanan kesukaan burung merpati sebagai hadiah saat mereka melakukan perilaku yang baik atau saat berinteraksi dengan Anda. Hindari menakuti atau mengganggu burung merpati, dan selalu berikan mereka ruang dan waktu untuk bersantai dan beristirahat.

Permainan untuk Burung Merpati

Memberikan permainan yang menyenangkan bagi burung merpati dapat memberikan stimulasi mental dan fisik yang dibutuhkan oleh mereka. Beberapa permainan yang bisa Anda coba adalah memberikan mainan bergantungan yang dapat dipeck atau digerakkan, memberikan bola kecil yang dapat mereka pukul atau kejar, atau memberikan mainan yang bisa dipetik atau dipecahkan. Pastikan permainan yang Anda berikan aman dan tidak berbahaya bagi burung merpati. Juga, berikan waktu yang cukup untuk burung merpati bermain dan jangan memaksakan mereka jika mereka tidak tertarik atau lelah.

Memahami Perilaku Burung Merpati

Memahami perilaku burung merpati dapat membantu Anda merawat mereka dengan lebih baik. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan perilaku umum yang dimiliki oleh burung merpati, seperti berkokok, berjalan, dan beristirahat. Anda juga akan belajar cara membaca bahasa tubuh burung merpati untuk memahami keadaan emosional mereka. Dengan memahami perilaku burung merpati, Anda dapat merespons dan memberikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perilaku Berkokok

Berkokok adalah perilaku khas yang sering dilakukan oleh burung merpati jantan. Kokokan burung merpati digunakan sebagai cara untuk menarik perhatian burung merpati betina atau menandai wilayahnya. Kokokan burung merpati dapat berbeda-beda, tergantung pada individu dan rasnya. Beberapa burung merpati mungkin memiliki suara kokokan yang lembut dan pelan, sementara yang lain memiliki suara yang lebih keras dan nyaring. Anda dapat mengamati perilaku berkokok burung merpati sebagai t

Perilaku Berkokok

Berkokok adalah perilaku khas yang sering dilakukan oleh burung merpati jantan. Kokokan burung merpati digunakan sebagai cara untuk menarik perhatian burung merpati betina atau menandai wilayahnya. Kokokan burung merpati dapat berbeda-beda, tergantung pada individu dan rasnya. Beberapa burung merpati mungkin memiliki suara kokokan yang lembut dan pelan, sementara yang lain memiliki suara yang lebih keras dan nyaring. Anda dapat mengamati perilaku berkokok burung merpati sebagai tanda bahwa mereka sedang dalam keadaan yang baik dan siap untuk berinteraksi dengan burung merpati lainnya.

Perilaku Berjalan dan Berlari

Burung merpati memiliki perilaku berjalan dan berlari yang unik. Mereka sering berjalan dengan langkah kecil dan cepat saat berada di lantai atau permukaan datar. Namun, ketika mereka merasa terancam atau ingin pergi dengan cepat, burung merpati dapat berlari dengan kecepatan yang mengesankan. Perilaku berjalan dan berlari ini adalah cara burung merpati untuk menjelajahi lingkungan sekitar mereka dan mencari makanan. Anda dapat memperhatikan perilaku ini saat burung merpati berada di luar kandang atau saat mereka sedang berinteraksi dengan lingkungan sekitar mereka.

Perilaku Beristirahat

Perilaku beristirahat adalah saat-saat ketika burung merpati membutuhkan waktu untuk bersantai dan mendapatkan istirahat yang cukup. Burung merpati akan mencari tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat, seperti di atas tempat tidur atau di sudut kandang yang tenang. Selama periode beristirahat, burung merpati akan menutup satu mata atau bahkan tidur dengan kepala tertunduk di bawah sayap mereka. Jika Anda melihat burung merpati sedang beristirahat, pastikan Anda memberikan privasi dan ketenangan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan istirahat yang optimal.

Membaca Bahasa Tubuh Burung Merpati

Burung merpati juga menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi dan mengekspresikan keadaan emosional mereka. Dengan memahami bahasa tubuh burung merpati, Anda dapat merespons dengan tepat dan memberikan perhatian yang sesuai. Beberapa tanda bahasa tubuh yang bisa Anda perhatikan adalah postur tubuh, gerakan ekor, dan posisi kepala. Misalnya, jika burung merpati mengepakkan sayapnya dengan kuat dan memperlihatkan bulu leher yang mengembang, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa terancam atau sedang bersikap defensif. Sebaliknya, jika burung merpati mengangkat kepala dan menunjukkan bulu yang rapi, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa nyaman dan santai.

Pembiakan dan Perawatan Anakan

Jika Anda tertarik untuk membiakkan burung merpati, panduan ini juga akan memberikan informasi tentang pembiakan yang benar dan perawatan anakan. Pembiakan burung merpati membutuhkan persiapan dan perhatian yang ekstra. Dalam panduan ini, Anda akan belajar tentang cara memilih pasangan yang tepat, proses perkawinan, dan perawatan anakan yang diperlukan setelah mereka menetas. Dengan memahami proses pembiakan dan perawatan anakan, Anda dapat menjadi pemilik yang bertanggung jawab dan memberikan perawatan yang baik bagi burung merpati dan keturunannya.

Memilih Pasangan yang Tepat

Memilih pasangan yang tepat adalah langkah awal dalam pembiakan burung merpati. Pastikan Anda memilih burung merpati jantan dan betina yang sehat, aktif, dan memiliki sifat yang baik. Perhatikan juga kecocokan antara pasangan tersebut. Pasangan yang harmonis akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk berhasil dalam pembiakan. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor genetik dalam pemilihan pasangan. Hindari membiakkan burung merpati yang memiliki keturunan dekat atau ada riwayat penyakit genetik dalam garis keturunan mereka.

Proses Perkawinan

Proses perkawinan burung merpati dimulai dengan membangun sarang. Anda dapat memberikan bahan sarang seperti jerami, serat kelapa, atau serbuk kayu di dalam kandang. Setelah sarang dibangun, burung merpati jantan akan melakukan tarian perkawinan untuk menarik perhatian betina. Setelah itu, mereka akan melakukan kopulasi untuk membuahi telur. Betina akan bertelur dalam waktu beberapa hari setelah kopulasi. Selama masa perkawinan, pastikan Anda memberikan makanan yang bernutrisi dan memenuhi kebutuhan kalsium untuk mendukung perkembangan telur dan anak-anak.

Perawatan Anakan

Setelah telur menetas, perawatan anakan burung merpati menjadi tanggung jawab Anda. Anakan burung merpati akan menetap di sarang dan bergantung pada induknya untuk mendapatkan makanan dan perawatan. Pastikan Anda memberikan makanan yang cukup dan bernutrisi bagi induk dan anak-anak. Anda juga perlu memantau kesehatan anakan burung merpati. Jika ada tanda-tanda penyakit atau masalah kesehatan, segera periksakan mereka ke dokter hewan. Selain itu, pastikan kandang dan sarang tetap bersih dan aman untuk mencegah infeksi dan penyakit.

Mengatasi Stres dan Kebosanan

Stres dan kebosanan dapat mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan burung merpati. Dalam panduan ini, kami akan memberikan tips tentang cara mengatasi stres dan kebosanan, termasuk memberikan mainan yang sesuai dan menciptakan lingkungan yang merangsang bagi mereka. Dengan mengatasi stres dan kebosanan, Anda dapat menciptakan kondisi yang optimal untuk kesejahteraan burung merpati Anda.

Memberikan Mainan yang Sesuai

Memberikan mainan yang sesuai adalah salah satu cara untuk mengatasi kebosanan dan memberikan stimulasi mental bagi burung merpati. Pilihlah mainan yang aman dan sesuai dengan ukuran burung merpati Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan mainan bergantungan, mainan yang bisa dipetik atau dipecahkan, atau mainan dengan suara yang menarik. Gantilah mainan secara berkala agar burung merpati tidak bosan dengan mainan yang sama. Selain itu, berikan juga waktu untuk bermain bersama burung merpati Anda. Anda dapat bermain ‘tangkap bola’ dengan melempar bola kecil dan mengajak burung merpati mengejarnya. Aktivitas seperti ini akan memberikan stimulasi fisik dan mental yang dibutuhkan oleh burung merpati.

Menciptakan Lingkungan yang Merangsang

Lingkungan yang merangsang juga dapat membantu mengatasi stres dan kebosanan pada burung merpati. Ciptakan lingkungan yang meniru lingkungan alami mereka di alam liar. Anda dapat menambahkan cabang-cabang kecil, daun, atau bahan alami lainnya di dalam kandang untuk memberikan variasi dan tantangan bagi burung merpati. Selain itu, berikan juga waktu untuk burung merpati terbang bebas di luar kandang. Terbang bebas di luar kandang memberikan kesempatan bagi mereka untuk menjelajahi lingkungan baru dan mendapatkan stimulasi mental yang lebih. Namun, pastikan Anda mengawasi mereka dengan baik dan menjaga keamanan mereka saat terbang bebas di luar kandang.

Sumber Daya dan Referensi

Terakhir, kami menyediakan daftar sumber daya dan referensi yang berguna bagi pemilik burung merpati. Sumber daya ini

Sumber Daya dan Referensi

Terakhir, kami menyediakan daftar sumber daya dan referensi yang berguna bagi pemilik burung merpati. Sumber daya ini dapat membantu Anda mendapatkan informasi tambahan dan dukungan dalam merawat burung merpati Anda. Berikut adalah beberapa sumber daya yang kami rekomendasikan:

Buku dan Panduan

– “Panduan Merawat Burung Merpati” oleh Penulis Ahli Burung Merpati: Buku ini memberikan panduan praktis tentang perawatan burung merpati, termasuk pemilihan makanan, perawatan kandang, dan latihan yang tepat.

– “Merpati: Panduan Lengkap Pemeliharaan Burung Merpati” oleh Penulis Terkenal: Buku ini memberikan informasi mendalam tentang semua aspek pemeliharaan burung merpati, mulai dari makanan hingga pembiakan.

Situs Web dan Forum

– www.burungmerpati.com: Situs web ini menyediakan informasi lengkap tentang merawat burung merpati, termasuk artikel, tips, dan forum diskusi untuk bertukar pengalaman dengan pemilik burung merpati lainnya.

– www.forumhobi.com: Forum ini adalah tempat yang bagus untuk bertanya, berbagi, dan belajar dari pemilik burung merpati lainnya. Anda dapat bergabung dengan komunitas ini dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda.

Dokter Hewan Spesialis Burung

Konsultasikan dengan dokter hewan spesialis burung untuk mendapatkan nasihat dan perawatan yang lebih spesifik. Mereka akan dapat memberikan saran yang tepat tentang kesehatan, nutrisi, dan perawatan burung merpati Anda.

Dengan menggunakan sumber daya dan referensi ini, Anda akan memiliki akses ke informasi tambahan yang berguna dalam merawat burung merpati Anda. Selalu ingat untuk tetap up-to-date dengan pengetahuan dan praktik terbaru dalam perawatan burung merpati. Dengan memberikan perhatian dan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan burung merpati Anda tetap sehat, bahagia, dan hidup lama.

Merawat burung merpati membutuhkan komitmen dan perhatian yang konsisten. Jadikan waktu untuk memahami kebutuhan mereka, memberikan makanan dan perawatan yang tepat, serta memberikan lingkungan yang aman dan merangsang bagi mereka. Dengan melakukan ini, Anda akan menjadi pemilik burung merpati yang baik dan dapat menikmati hubungan yang indah dengan hewan peliharaan Anda.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar