Beranda > Ensiklopedia Burung > cara merawat prenjak tangkapan

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

cara merawat prenjak tangkapan

cara merawat prenjak tangkapan

Jika Anda baru saja mendapatkan prenjak tangkapan sebagai hewan peliharaan, penting untuk mengetahui cara merawatnya dengan benar. Prenjak tangkapan adalah burung yang populer di Indonesia karena suaranya yang merdu dan penampilannya yang menarik. Namun, mereka juga membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan bahagia di lingkungan domestik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara merawat prenjak tangkapan. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memberikan perawatan yang tepat, mulai dari pemilihan kandang yang sesuai hingga pemberian makanan yang sehat. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menciptakan lingkungan yang optimal bagi prenjak tangkapan Anda dan menjaga kesehatannya dengan baik.

Pemilihan Kandang yang Tepat

Memilih kandang yang sesuai dan menempatkannya dengan benar adalah langkah pertama dalam merawat prenjak tangkapan. Kandang yang tepat akan memberikan ruang yang cukup bagi burung untuk bergerak dan beristirahat dengan nyaman. Selain itu, penempatan kandang juga harus mempertimbangkan faktor suhu, kelembaban, dan kebisingan yang dapat memengaruhi kesejahteraan prenjak tangkapan.

Ukuran Kandang yang Ideal

Prenjak tangkapan membutuhkan kandang yang cukup luas untuk bergerak secara bebas. Ukuran kandang yang ideal untuk prenjak tangkapan dewasa adalah sekitar 60 cm x 60 cm x 60 cm. Pastikan kandang memiliki ketinggian yang cukup agar burung dapat terbang di dalamnya. Jika Anda memiliki lebih dari satu prenjak tangkapan, pertimbangkan untuk memberikan kandang yang lebih besar.

Pada bagian bawah kandang, letakkan alas yang mudah dibersihkan, seperti koran atau serutan kayu. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan kandang secara rutin. Selain itu, tambahkan beberapa ranting atau tangkai pohon ke dalam kandang untuk memberikan tempat persembunyian dan merangsang aktivitas alami prenjak tangkapan.

Penempatan Kandang yang Baik

Penempatan kandang yang baik juga penting untuk kesejahteraan prenjak tangkapan. Letakkan kandang di tempat yang tenang, terhindar dari suara bising dan gangguan eksternal. Hindari juga menempatkan kandang di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung atau terpapar angin kencang. Suhu dan kelembaban yang stabil juga penting untuk menjaga kesehatan prenjak tangkapan.

Sebaiknya letakkan kandang di area rumah yang sering dilalui oleh anggota keluarga, sehingga prenjak tangkapan dapat terbiasa dengan keberadaan manusia. Namun, pastikan juga agar kandang tidak berada di ruangan yang terlalu bising, seperti dekat dengan televisi atau dapur yang sering berisik.

Untuk memberikan kehangatan yang cukup, Anda dapat menempatkan kandang di dekat sumber panas, seperti pemanas ruangan. Namun, pastikan suhu tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk prenjak tangkapan.

Penyediaan Sarana Mandi

Prenjak tangkapan membutuhkan sarana mandi yang baik untuk menjaga kesehatan bulu dan kulitnya. Mandi juga merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi prenjak tangkapan dan membantu menjaga kebersihan mereka. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan sarana mandi yang sesuai dan memastikan prenjak tangkapan mandi secara teratur.

Tempat Mandi yang Tepat

Pilihlah wadah mandi yang cukup besar untuk prenjak tangkapan agar mereka dapat mandi dengan nyaman. Wadah mandi dapat berupa mangkuk datar atau baskom yang dangkal. Pastikan wadah mandi memiliki ukuran yang cukup agar prenjak tangkapan dapat masuk dan keluar dengan mudah.

Letakkan wadah mandi di dalam kandang prenjak tangkapan, dekat dengan tempat persembunyian atau ranting agar burung merasa aman saat mandi. Jika Anda memiliki lebih dari satu prenjak tangkapan, pastikan wadah mandi cukup besar untuk menampung semua burung secara bersamaan.

Frekuensi Mandi yang Disarankan

Prenjak tangkapan perlu mandi secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu mereka. Mandi juga membantu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada bulu. Sebaiknya, berikan kesempatan prenjak tangkapan untuk mandi setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Pilihlah waktu yang tepat untuk memberikan kesempatan prenjak tangkapan untuk mandi. Beberapa burung lebih suka mandi di pagi hari, sementara yang lain lebih suka mandi di sore hari. Perhatikan juga suhu dan kelembaban ruangan saat memberikan kesempatan mandi.

Untuk menyediakan air mandi, gunakan air hangat atau suhu ruangan yang nyaman bagi prenjak tangkapan. Pastikan juga air mandi selalu bersih dan segar. Setelah mandi, gantilah air mandi dengan yang baru untuk menghindari kontaminasi dan menjaga kebersihan prenjak tangkapan.

Pemberian Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dan bergizi adalah kunci untuk menjaga kesehatan prenjak tangkapan. Pemberian makanan yang tepat akan membantu menjaga kekuatan fisik dan keseimbangan nutrisi pada burung. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis makanan yang sehat untuk prenjak tangkapan dan frekuensi pemberiannya.

Jenis Makanan yang Sehat

Prenjak tangkapan adalah burung pemakan serangga dan memiliki pola makan yang berbeda di alam liar. Untuk menjaga kesehatan prenjak tangkapan, berikanlah makanan yang mengandung serangga, seperti jangkrik, ulat hongkong, atau ulat sutera. Anda juga dapat memberikan makanan tambahan berupa buah-buahan dan sayuran segar.

Baca Juga  inilah 5 jenis burung gereja yang harus anda ketahui

Pastikan makanan yang diberikan bebas dari bahan kimia, seperti pestisida atau pupuk. Cucilah buah-buahan dan sayuran sebelum diberikan kepada prenjak tangkapan untuk menghilangkan kotoran dan sisa pestisida yang mungkin masih menempel.

Frekuensi Pemberian Makanan

Frekuensi pemberian makanan pada prenjak tangkapan juga perlu diperhatikan. Berikan makanan secara teratur dan pastikan makanan selalu tersedia di kandang. Pada umumnya, prenjak tangkapan perlu diberi makan dua hingga tiga kali sehari.

Pemberian makanan dapat dilakukan pada pagi hari, siang hari, dan sore hari. Pastikan juga untuk memberikan makanan yang segar dan tidak basi. Jika makanan yang diberikan tidak habis, segera gantilah dengan yang baru untuk menghindari pembusukan dan kontaminasi makanan.

Makanan yang Harus Dihindari

Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk diberikan kepada prenjak tangkapan. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung gula, garam, atau bahan pengawet. Hindari juga memberikan makanan olahan atau makanan manusia yang mengandung bumbu atau bahan kimia.

Jangan memberikan makanan yang beracun bagi prenjak tangkapanseperti cokelat, kafein, atau alkohol. Makanan ini dapat menyebabkan keracunan pada prenjak tangkapan dan membahayakan kesehatannya. Selain itu, hindari juga memberikan makanan yang terlalu besar atau sulit dicerna oleh prenjak tangkapan.

Sebagai pemilik prenjak tangkapan, Anda perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi burung ini. Konsultasikan dengan ahli burung atau dokter hewan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang makanan yang tepat untuk prenjak tangkapan Anda.

Perawatan Bulu dan Kuku

Bulu dan kuku prenjak tangkapan perlu dirawat secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kenyamanannya. Bulu yang bersih dan rapi akan membuat prenjak tangkapan terlihat lebih cantik, sedangkan kuku yang terawat akan membantu burung dalam aktivitas sehari-hari mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat bulu dan kuku prenjak tangkapan.

Merawat Bulu

Merawat bulu prenjak tangkapan meliputi membersihkannya dari kotoran, merapikan bulu yang rontok, dan memandikannya jika diperlukan. Untuk membersihkan bulu dari kotoran atau debu, Anda dapat menggunakan sikat bulu yang lembut atau semprotan air ringan.

Jika terdapat bulu yang rontok, Anda dapat merapikannya dengan hati-hati. Pegang bulu yang rontok dengan jari-jari Anda dan tarik perlahan ke arah pangkal bulu. Pastikan untuk tidak menarik terlalu keras atau merusak bulu yang masih sehat.

Jika prenjak tangkapan Anda terlihat kotor atau kusam, Anda dapat memandikannya. Gunakan air hangat yang nyaman bagi burung dan sampo burung yang lembut. Pastikan untuk menyemprotkan air secara merata ke seluruh tubuh burung dan bilas dengan air bersih. Setelah mandi, keringkan prenjak tangkapan dengan handuk atau biarkan ia mengering secara alami di tempat yang hangat.

Merawat Kuku

Merawat kuku prenjak tangkapan penting untuk membantu mereka dalam aktivitas sehari-hari, seperti memanjat atau bertengger. Kuku yang terlalu panjang dapat mengganggu gerakan burung dan dapat menyebabkan cedera pada dirinya sendiri atau pemiliknya.

Anda dapat memotong kuku prenjak tangkapan dengan gunting khusus burung atau gunting kuku. Pastikan untuk tidak memotong terlalu dekat dengan pembuluh darah di dalam kuku. Jika Anda tidak yakin atau ragu, mintalah bantuan dari ahli burung atau dokter hewan yang berpengalaman.

Perawatan bulu dan kuku prenjak tangkapan sebaiknya dilakukan secara rutin. Observasilah burung Anda secara teratur untuk melihat apakah terdapat masalah pada bulu atau kuku yang perlu ditangani.

Aktivitas dan Stimulasi

Memberikan aktivitas dan stimulasi yang cukup sangat penting bagi prenjak tangkapan. Aktivitas dan stimulasi memainkan peran yang besar dalam menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan burung. Berikut adalah beberapa ide untuk memberikan aktivitas dan stimulasi yang sesuai untuk prenjak tangkapan Anda.

Mainan yang Cocok

Prenjak tangkapan senang bermain dengan mainan yang sesuai. Berikanlah mereka mainan yang menantang dan merangsang aktivitas alami mereka, seperti mainan bergantung, mainan dengan bunyi atau gerakan, atau mainan untuk merobek atau menggigit.

Pilihlah mainan yang aman dan tidak berbahaya bagi prenjak tangkapan. Pastikan juga mainan dapat dicuci atau dibersihkan dengan mudah untuk menjaga kebersihannya.

Permainan Interaktif

Selain mainan, interaksi langsung dengan pemilik juga penting untuk prenjak tangkapan. Luangkan waktu untuk bermain bersama burung Anda, seperti dengan memainkan bola atau permainan interaktif lainnya. Anda juga dapat melibatkan prenjak tangkapan dalam aktivitas sehari-hari, seperti membawa mereka keluar rumah atau membiarkan mereka berjalan-jalan di sekitar ruangan yang aman.

Pastikan untuk memberikan perhatian dan kasih sayang kepada prenjak tangkapan Anda saat bermain. Jangan lupa untuk memperhatikan batas waktu bermain dan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi burung.

Latihan Rutin

Latihan fisik juga sangat penting bagi prenjak tangkapan. Berikan kesempatan bagi mereka untuk terbang atau bergerak di luar kandang setiap hari. Anda dapat membiarkan prenjak tangkapan terbang di dalam ruangan yang aman atau membawa mereka keluar rumah dengan menggunakan kandang portable.

Baca Juga  manfaat voer ayam untuk burung trucukan

Selama latihan, pastikan untuk memantau prenjak tangkapan dengan cermat dan menjaga keamanan mereka. Jangan biarkan mereka terbang terlalu jauh atau hilang dari pandangan Anda.

Memberikan aktivitas dan stimulasi yang cukup pada prenjak tangkapan akan membantu menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan mereka. Selain itu, aktivitas dan stimulasi juga dapat mencegah kebosanan dan perilaku tidak diinginkan pada burung.

Perhatian terhadap Kesehatan

Memonitor kesehatan prenjak tangkapan secara rutin sangat penting untuk mencegah dan mengidentifikasi masalah kesehatan sejak dini. Sebagai pemilik prenjak tangkapan, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda kesehatan yang perlu diawasi dan melakukan perawatan kesehatan yang diperlukan.

Tanda-tanda Kesehatan yang Perlu Diawasi

Beberapa tanda-tanda kesehatan yang perlu diawasi pada prenjak tangkapan meliputi perubahan perilaku, makanan, dan tidur. Jika prenjak tangkapan terlihat kurang aktif, tidak nafsu makan, atau tidur lebih sering dari biasanya, ini dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Perhatikan juga perubahan pada tampilan fisik prenjak tangkapan, seperti bulu yang kusam, mata yang merah atau berair, atau napas yang tidak teratur. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Perawatan Kesehatan Umum

Perawatan kesehatan umum yang perlu dilakukan pada prenjak tangkapan meliputi pemeriksaan rutin oleh dokter hewan dan vaksinasi yang diperlukan. Pemeriksaan rutin akan membantu mendeteksi masalah kesehatan sejak dini dan memastikan prenjak tangkapan dalam kondisi yang baik.

Vaksinasi juga penting untuk melindungi prenjak tangkapan dari penyakit yang dapat membahayakan kesehatannya. Konsultasikan dengan dokter hewan tentang vaksin yang diperlukan dan jadwal vaksinasi yang tepat untuk prenjak tangkapan Anda.

Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan kandang dan lingkungan prenjak tangkapan. Bersihkan kandang secara rutin, ganti alas kandang yang kotor, dan jaga kebersihan peralatan makanan dan minuman.

Keterampilan Perawatan Dasar

Menguasai keterampilan dasar dalam merawat prenjak tangkapan akan membantu Anda memberikan perawatan yang lebih baik dan memahami kebutuhan burung ini. Berikut adalah beberapa keterampilan dasar yang perlu Anda ketahui dalam merawat prenjak tangkapan.

Cara Memegang dan Menangani Prenjak TangkapanCara memegang dan menangani prenjak tangkapan dengan benar adalah keterampilan dasar yang penting untuk dipelajari. Ketika memegang prenjak tangkapan, pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan hati-hati agar tidak menyakiti burung.

Untuk memegang prenjak tangkapan, letakkan tangan Anda di sekeliling tubuh burung dengan lembut. Jangan pernah menekan atau memegangnya terlalu kuat, karena ini dapat membuat prenjak tangkapan merasa tidak nyaman atau takut. Biarkan burung merasa aman dalam genggaman Anda.

Anda juga harus memperhatikan posisi tangan Anda saat memegang prenjak tangkapan. Jangan menutupi mata atau paruh burung dengan tangan Anda. Biarkan mereka melihat dan bernapas dengan bebas saat Anda memegangnya.

Saat menangani prenjak tangkapan, hindari gerakan yang tiba-tiba atau kasar. Jika Anda perlu memindahkan burung dari satu tempat ke tempat lain, lakukan dengan lembut dan perlahan.

Memahami Bahasa Tubuh Prenjak Tangkapan

Mengamati dan memahami bahasa tubuh prenjak tangkapan adalah keterampilan penting dalam merawat burung ini. Bahasa tubuh prenjak tangkapan dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan, emosi, dan kebutuhan mereka.

Perhatikan sikap tubuh prenjak tangkapan. Jika mereka berdiri tegak dengan bulu terangkat dan paruh terbuka, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka merasa terancam atau tidak nyaman. Jika mereka berdiri dengan bulu rontok dan bersuara keras, ini bisa menunjukkan kegembiraan atau ketidakpuasan.

Perhatikan juga gerakan mata dan ekor prenjak tangkapan. Mata yang merah atau berair dapat menandakan masalah kesehatan, sedangkan ekor yang diangkat dan digerakkan dengan cepat dapat menunjukkan kegembiraan atau kecemasan.

Dengan memahami bahasa tubuh prenjak tangkapan, Anda dapat mengenali dan merespons kebutuhan dan perasaan burung dengan lebih baik.

Mengatasi Perilaku Tidak Dicintai

Pada beberapa kasus, prenjak tangkapan dapat menunjukkan perilaku yang tidak diinginkan, seperti agresi atau ketidakpatuhan. Mengetahui cara mengatasi perilaku ini dengan cara yang efektif dan penyayang adalah keterampilan penting sebagai pemilik prenjak tangkapan.

Mengatasi Perilaku Agresif

Jika prenjak tangkapan Anda menunjukkan perilaku agresif, seperti menggigit atau mencakar, penting untuk menghadapinya dengan tenang dan bijaksana. Jangan merespons dengan marah atau keras, karena ini hanya akan membuat burung menjadi lebih stres.

Sebagai gantinya, cobalah untuk mengidentifikasi penyebab perilaku agresif tersebut. Mungkin prenjak tangkapan merasa terancam atau takut. Berikan mereka lingkungan yang aman dan nyaman, dan hindari situasi yang dapat memicu perilaku agresif.

Jika perilaku agresif terus berlanjut, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli burung atau dokter hewan yang berpengalaman untuk mendapatkan saran dan bantuan lebih lanjut.

Mengembangkan Kepercayaan dan Memperkuat Ikatan

Prenjak tangkapan yang tidak terlatih atau belum terbiasa dengan manusia mungkin memperlihatkan ketidakpercayaan atau ketakutan. Mengembangkan kepercayaan dan memperkuat ikatan dengan prenjak tangkapan membutuhkan waktu dan kesabaran.

Mulailah dengan pendekatan yang lembut dan perlahan. Berikan prenjak tangkapan ruang untuk merasa aman di sekitar Anda. Jangan memaksakan interaksi atau mengejar burung jika mereka terlihat takut atau enggan mendekati Anda.

Berikan makanan dan hadiah sebagai bentuk positif penguatan saat prenjak tangkapan menunjukkan perilaku yang diinginkan atau semakin dekat dengan Anda. Dengan konsistensi dan kelembutan, Anda dapat membangun kepercayaan dan ikatan yang kuat dengan prenjak tangkapan Anda.

Perawatan Selama Masa Mabung

Masa mabung adalah proses alami di mana bulu prenjak tangkapan akan rontok dan digantikan dengan bulu yang baru. Selama masa ini, prenjak tangkapan membutuhkan perawatan khusus untuk menjaga kesehatan dan kenyamanannya.

Merawat Bulu Rontok

Saat prenjak tangkapan mengalami masa mabung, bulu-bulu rontok akan terlihat di kandang dan di tubuh burung. Untuk menjaga kebersihan kandang, bersihkan bulu-bulu rontok secara rutin dengan sikat atau alat pembersih yang lembut.

Anda juga dapat membantu prenjak tangkapan dengan merapikan bulu yang rontok. Gunakan jari-jari Anda untuk merapikan bulu yang tumbuh atau menghaluskan tepi bulu yang belum sepenuhnya keluar.

Menjaga Kesehatan Selama Masa Mabung

Selama masa mabung, prenjak tangkapan mungkin lebih rentan terhadap stres dan infeksi. Pastikan untuk memberikan makanan yang sehat dan bergizi, serta lingkungan yang tenang dan nyaman bagi burung.

Jangan ganggu atau streskan prenjak tangkapan saat periode ini. Hindari menyentuh atau merapikan bulu secara berlebihan, karena ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan perpanjangan masa mabung.

Jika Anda melihat tanda-tanda masalah kesehatan selama masa mabung, seperti bulu yang tidak tumbuh atau perubahan perilaku yang signifikan, segera konsultasikan dengan ahli burung atau dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Menjaga Lingkungan yang Bersih

Kebersihan kandang dan lingkungan prenjak tangkapan adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan burung. Lingkungan yang bersih akan membantu mencegah penyakit dan memberikan kondisi yang optimal bagi prenjak tangkapan.

Membersihkan Kandang Secara Rutin

Membersihkan kandang secara rutin adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan lingkungan prenjak tangkapan. Bersihkan kotoran dan sisa makanan dari kandang setiap hari menggunakan sekop atau alat pembersih lainnya.

Ganti alas kandang secara rutin, setidaknya seminggu sekali atau lebih sering jika diperlukan. Pilih alas yang mudah dibersihkan, seperti serutan kayu atau koran bekas, dan pastikan untuk mencuci atau mengganti alas yang terkontaminasi atau basah.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Selain membersihkan kandang, penting juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar prenjak tangkapan. Hindari menempatkan kandang di tempat yang berdebu atau berisiko terkena kontaminasi, seperti dekat dengan tempat sampah atau bahan kimia berbahaya.

Bersihkan peralatan makanan dan minuman secara teratur, dan pastikan makanan dan air yang diberikan selalu segar dan bersih. Hindari penumpukan sisa makanan atau kotoran di sekitar kandang yang dapat menarik serangga atau menyebabkan bau tidak sedap.

Dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar prenjak tangkapan, Anda dapat memberikan lingkungan yang sehat dan nyaman bagi burung Anda.

Dalam kesimpulan, merawat prenjak tangkapan membutuhkan perhatian dan dedikasi. Dengan mengikuti panduan lengkap yang telah kami berikan, Anda dapat memberikan perawatan yang baik dan memastikan prenjak tangkapan Anda tetap sehat dan bahagia. Prenjak tangkapan adalah burung yang indah dan menarik, dan dengan memberikan perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan mereka memiliki kehidupan yang panjang dan berkualitas dalam lingkungan domestik.

Ingatlah untuk selalu memantau tanda-tanda kesehatan prenjak tangkapan Anda, seperti perubahan perilaku, makanan, atau penampilan fisik. Jika Anda melihat tanda-tanda yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan ahli burung atau dokter hewan yang berpengalaman untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat.

Jangan lupa juga untuk memberikan stimulasi dan aktivitas yang cukup bagi prenjak tangkapan Anda. Mainan, permainan interaktif, dan latihan fisik yang teratur akan membantu menjaga kesehatan mental dan kebahagiaan burung Anda. Berikan juga perhatian dan kasih sayang yang konsisten, sehingga prenjak tangkapan merasa aman dan terikat dengan Anda sebagai pemilik.

Terakhir, jaga kebersihan kandang dan lingkungan prenjak tangkapan. Membersihkan kandang secara rutin, menjaga kebersihan peralatan makanan dan minuman, serta menjaga lingkungan sekitar kandang tetap bersih dan aman akan membantu mencegah penyakit dan menjaga kesehatan prenjak tangkapan Anda.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam merawat prenjak tangkapan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan saran tambahan, jangan ragu untuk menghubungi ahli burung atau dokter hewan yang berpengalaman. Nikmatilah perjalanan merawat prenjak tangkapan Anda dan saksikan mereka tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang penuh perhatian dan kasih sayang.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar