Beranda > Perawatan Burung > cara setting murai batu sebelum lomba agar bongkar isian

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

cara setting murai batu sebelum lomba agar bongkar isian

cara setting murai batu sebelum lomba agar bongkar isian

Pendahuluan

Sebagai pecinta burung kicauan, kita pasti tidak asing dengan murai batu. Burung ini memang terkenal dengan suara merdunya yang khas, serta keindahan bulunya yang memukau. Tidak heran jika murai batu sering diikutsertakan dalam berbagai lomba burung kicauan, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Untuk bisa meraih juara dalam lomba burung kicauan, tentu kita harus melakukan persiapan yang matang. Salah satunya adalah dengan melakukan setting murai batu sebelum lomba agar bongkar isian. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan setting murai batu tersebut.

Pilih Murai Batu yang Cocok

Langkah pertama dalam melakukan setting murai batu adalah memilih burung yang cocok untuk diikutsertakan dalam lomba. Pilihlah murai batu yang memiliki karakter suara yang bagus, memiliki postur tubuh yang ideal, serta sehat dan tidak stres.

Ada beberapa ciri-ciri murai batu yang memiliki karakter suara yang bagus, antara lain suara nembakannya panjang dan nyaring, mampu mengeluarkan berbagai variasi suara, serta tidak sering mogok bunyi. Selain itu, pastikan juga bahwa burung tidak sedang berkutat dengan masalah kesehatan atau stres, seperti kurang nafsu makan atau terlihat tidak aktif.

cara setting murai batu sebelum lomba agar bongkar isianSource: bing.com

Perawatan Sebelum Lomba

Setelah memilih murai batu yang cocok, selanjutnya adalah merawat burung tersebut dengan baik sebelum lomba. Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain:

  1. Memberikan pakan yang sehat dan bergizi
  2. Memberikan suplemen atau vitamin untuk meningkatkan stamina burung
  3. Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar agar burung tidak terkena penyakit
  4. Memberikan waktu istirahat yang cukup bagi burung

Perawatan Murai BatuSource: bing.com

Pemanasan Sebelum Lomba

Sebelum masuk ke arena lomba, murai batu perlu dipanaskan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan kesehatan burung. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Memandikan burung dengan air hangat
  • Memberikan makanan berupa jangkrik atau ulat hongkong
  • Memutar suara burung kicauan lain untuk merangsang murai batu
Baca Juga  manfaat madu untuk murai batu yang sangat beragam

Pemanasan Murai BatuSource: bing.com

Cara Setting Murai Batu Sebelum Lomba

Setelah murai batu dipanaskan, selanjutnya adalah melakukan setting atau penyesuaian suara burung agar bisa bongkar isian di arena lomba. Berikut adalah cara setting murai batu yang bisa dilakukan:

1. Penyesuaian Volume Suara

Langkah pertama dalam setting murai batu adalah menyesuaikan volume suara burung. Pastikan volume suara tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Selain itu, pastikan suara tidak terlalu kasar atau terlalu halus. Hal ini bertujuan agar suara burung terdengar merdu dan enak didengar.

Penyesuaian Volume Suara Murai BatuSource: bing.com

2. Penyesuaian Tempo Suara

Selanjutnya adalah menyesuaikan tempo suara burung. Pastikan tempo suara tidak terlalu cepat atau terlalu lambat. Selain itu, pastikan juga tempo suara tidak terlalu monoton atau terlalu banyak variasi. Hal ini bertujuan agar suara burung terdengar enak didengar dan tidak membosankan.

Penyesuaian Tempo Suara Murai BatuSource: bing.com

3. Penyesuaian Durasi Suara

Langkah terakhir dalam setting murai batu adalah menyesuaikan durasi suara burung. Pastikan durasi suara tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. Selain itu, pastikan juga durasi suara tidak terlalu sering atau terlalu jarang. Hal ini bertujuan agar suara burung terdengar merdu dan memiliki daya tarik yang tinggi.

Penyesuaian Durasi Suara Murai BatuSource: bing.com

Kesimpulan

Demikianlah cara setting murai batu sebelum lomba agar bongkar isian. Dalam melakukan setting murai batu, pastikan kita memilih burung yang cocok, merawat burung dengan baik sebelum lomba, melakukan pemanasan sebelum masuk arena lomba, dan melakukan penyesuaian suara burung agar bisa bongkar isian. Dengan melakukan persiapan yang matang, diharapkan kita bisa meraih juara dalam lomba burung kicauan.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar