Beranda > Perawatan Burung > Cara Ternak Lovebird

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Cara Ternak Lovebird

Ingin punya banyak lovebird di rumah? yuk simak cara ternak lovebird berikut ini dijamin cepat kawin dan cepat bertelur.

Kali ini avesnesia akan membagikan bagaimana proses ternak lovebird menggunakan kandang kotak dan kandang koloni di rumah.

Pastikan kamu sudah pernah merawat burung lovebird sebelumnya dan mempelajari karakter burung lovebird agar lebih mudah dalam memelihara burung dengan jumlah yang banyak.

Cara Ternak Lovebird Dalam Kandang Ternak

1. Siapkan Kandang Ternak Lovebird

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan pada artikel Cara merawat burung lovebird, ukuran kandang ternak lovebird setidaknya harus memiliki panjang 81 cm, tinggi 50 cm dan lebar 50 cm.

Ukuran Minimal Kandang Ternak Lovebird Untuk 1 Pasang Burung
Ukuran Minimal Kandang Ternak Lovebird Untuk 1 Pasang Burung

Dengan ukuran sebesar itu sepasang burung lovebird dapat hidup dengan nyaman dan tidak merasa tertekan.

Jika kamu tidak menemukan kandang dengan ukuran seperti yang direkomendasikan, kamu bisa membeli kandang yang tersedia di pasaran namun pilih ukuran yang paling besar.

2. Siapkan Glodok Tempat Burung Lovebird Bersarang & Bertelur

Glodok Untuk Sangkar Ternak Burung Lovebird
Glodok Untuk Sangkar Ternak Burung Lovebird

Burung Lovebird memiliki naluri untuk bertelur di tempat tertutup yang gelap, di alam mereka biasanya bertelur di rongga pepohonan yang tidak terlalu banyak celah cahaya masuk.

Nah, agar burung lovebird ternak bisa bertelur dengan nyaman, kamu harus menyiapkan sebuah glodok yang terbuat dari bahan kayu yang sudah banyak dijual di pasaran dengan harga mulai dari Rp25.000 saja.

Sebelum memasang glodok ke dalam kandang, pastikan glodok sudah dibersihkan menggunakan sabun cuci piring atau detergent lalu bilas hingga bersih dan jemur hingga benar-benar kering.

⚠️ Hindari menggetar atau menggoyang-goyangkan glodok agar burung lovebird tidak takut untuk masuk ke dalamnya, lebih baik menaruh glodok tanpa menyentuh dasar kandang burung lovebird.

3. Pilih Pasangan Lovebird Dengan Usia Yang Sama

Meskipun burung lovebird dengan usia yang berbeda bisa dengan mudah kawin dan diternakkan, namun akan jauh lebih mudah jika kita memasangkan dua lovebird yang usianya sebaya.

Kapan Lovebird bisa bertelur?

Usia ideal burung lovebird betina untuk bisa bertelur adalah pada usia 1 tahun, meskipun usia dewasa lovebird yang siap kawin dimulai pada usia 9 bulan[1], namun pada usia segitu biasanya burung kerap kesulitan ketika bertelur dan bisa berdampak buruk pada kesehatan burung.

Pilih lovebird dengan usia minimal 1 tahun yang memiliki bulu indah, tidak kurus dan aktif. Dengan memilih burung sehat, proses perkawinan akan lebih mudah dan produksi telur akan jauh lebih cepat.

Jika kamu ingin cepat, kamu juga bisa membeli pasangan lovebird dari peternak burung yang sudah terbukti pernah bertelur dan melahirkan anak-anak yang sehat.

Masalah ketika menjodohkan sepasang lovebird yang memiliki usia berbeda biasanya sulit kawin karena mereka memiliki masa birahi yang berbeda. Ukuran lovebird pada pasangan berbeda usia juga biasanya tidak sama sehingga proses kawin akan menjadi sulit karena lovebird dengan badan kecil biasanya selalu jatuh atau merasa terganggu ketika sedang kawin.

Jika burung lovebird yang akan diternakkan belum kenal, kamu bisa mencoba memandikannya setiap hari bersama-sama agar mereka saling merapikan bulu masing-masing.

4. Berikan Material Sarang Burung

Saat menyiapkan glodok, sebelum memasukkannya ke dalam kandang, kamu bisa mengisi glodok dengan serutan kayu halus terlebih dulu sebagai dasar.

Ketika glodok sudah siap, dan pasangan burung lovebird sudah masuk kedalam kandang, sediakan material sarang seperti daun kering, serutan kayu atau batang kangkung pada bagian atas kandang burung.

Lovebird Sedang Membuat Sarang Dengan Menggunakan Material Yang Kita Sediakan
Lovebird Sedang Membuat Sarang Dengan Menggunakan Material Yang Kita Sediakan

Burung lovebird betina yang sudah siap kawin biasanya akan secara otomatis membawa material sarang yang kita sediakan kedalam glodok.

Ketika kandang sudah dirasa cukup oleh lovebird betina, pasangan lovebird baru akan melakukan perkawinan.

5. Berikan Pakan Tambahan Untuk Menaikan Birahi Burung

Agar birahi burung lovebird tinggi dan terjaga, kebutuhan nutrisi kedua burung harus selalu terpenuhi.

Saya biasanya menyediakan jagung, kangkung, egg food, biji-bijian berkualitas, buah-buahan setiap hari ketika burung tidak kunjung kawin.

Pakan Khusus Untuk Ternak Burung Lovebird Dari Zupreem Dengan Kandungan Vitamin, Mineral Dan Protein Yang Tepat Untuk Masa-Masa Bertelur
Pakan Khusus Untuk Ternak Burung Lovebird Dari Zupreem Dengan Kandungan Vitamin, Mineral Dan Protein Yang Tepat Untuk Masa-Masa Bertelur
Bagaimana caranya agar lovebird cepat bertelur?

Agar Lovebird bisa cepat bertelur, asupan nutrisi yang diberikan harus lengkap dan seimbang. Asupan nutrisi ini sangat penting untuk membuat semangat kawin pada burung meningkat dan terhindar dari stress.

Jika burung tidak mau kawin, kamu bisa memberikan pancingan dengan mempertontonkan video lovebird kawin dari Youtube atau ditaruh pada ruangan yang berisi pasangan lovebird lain yang sedang kawin.

Jika setelah berbagai macam usaha lovebird tidak kunjung kawin, kamu bisa memisahkan terlebih dahulu pasangan burung lovebird tersebut, membersihkan kandang ternak dan mengubah posisi glodok dalam kandang agar suasana menjadi segar dan lovebird akan memulai proses penjodohan hingga kawin dari nol.

6. Berikan Suplemen Kalsium Di Dalam Kandang Burung

Agar burung betina bisa bertelur dengan sempurna, kamu wajib menyediakan suplemen kalsium pada kandang ternak burung lovebird.

Saya biasanya menggunakan tulang sotong yang disangkutkan dekat tempat pakan burung.

Tulang Sotong Mengandung Kalsium Yang Tinggi Sangat Baik Untuk Pembentukan Telur Burung Lovebird
Tulang Sotong Mengandung Kalsium Yang Tinggi Sangat Baik Untuk Pembentukan Telur Burung Lovebird

Kalsium sangat diperlukan oleh burung lovebird terutama pada masa bertelur dan masa pertumbuhan.

Kalsium ini nantinya digunakan sebagai material yang membentuk cangkang telur sehingga telur akan kuat dan sehat.

Burung lovebird betina yang kekurangan kalsium biasanya akan kesulitan mengeluarkan telurnya bahkan cangkang telur bisa terlalu lunak sehingga burung memakan telur-telur mereka.

7. Sediakan Sayur Dan Buah Segar Setiap Hari

Ikuti petunjuk cara pemberian pakan pada artikel makanan burung lovebird, disitu sudah dijelaskan biji-bijian, sayuran dan buah apa saja yang baik untuk burung lovebird.

Pastikan kamu mengganti semua makanan segar yang tidak termakan dalam waktu 12 jam, hal ini guna mencegah adanya serangga seperti semut, lalat buah dan lalat untuk menghinggapi sisa makanan segar yang tidak termakan oleh burung.

8. Sediakan Juga Egg Food Agar Kesehatan Burung Tetap Terjaga

Egg Food merupakan pakan tambahan yang mengandung protein tinggi, vitamin, asam amino dan mineral yang sangat baik diberikan kepada burung lovebird terutama ketika telur sudah mulai menetas.

Penyajian Egg Food biasanya ditaruh pada wadah berbeda dalam kondisi kering atau sedikit dibasahi dengan air, kalau saya biasanya memberikan Egg Food dengan merek CeDe yang sudah dibasahi dengan air dan madu agar burung lebih mudah mengkonsumsinya.

Eggfood yang saya gunakan adalah merek CeDe
Eggfood yang saya gunakan adalah merek CeDe

Ada banyak sekali merek Egg Food untuk burung lovebird, saya sangat merekomendasikan merek Versele Laga atau CeDe karena sudah dipastikan kandungan dan proses pembuatannya aman bagi burung.

⚠️ Egg Food harus diganti setiap hari karena mengandung protein tinggi dan mudah berjamur dan mengundang semut.

9. Bersihkan Tempat Makan & Minum Burung Setiap Hari

Agar lovebird tetap sehat ketika proses kawin, bertelur dan meloloh anaknya kebersihan tempat makan dan minum burung lovebird harus dijaga setiap hari.

Saya biasanya selalu membersihkan tempat minum dengan sabun dua kali sehari pagi dan sore sedangkan tempat makan biasanya saya bersihkan 3 kali dalam seminggu karena burung kerap emosi ketika tempat pakannya saya ganggu.

10. Bersihkan Baki Penampungan Kotoran Kandang Setiap Hari

Ketika anak burung lovebird sudah mulai keluar dari telurnya, kebersihan kandang menjadi sangat vital karena kandang terutama penampungan kotoran yang kotor biasanya menjadi sarang berbagai macam kuman, bakteri, jamur hingga virus.

Bersihkan baki atau penampungan kotoran setiap hari dan lapisi dengan koran agar proses pembersihan bisa dilakukan dengan mudah.

⚠️ Ketika membersihkan baki, tempat pakan dan minum burung jangan terlalu banyak getaran terutama pada glodok karena akan mengganggu proses bertelur dan pengeraman yang dilakukan oleh burung betina.

11. Basmi Semut Jangan Sampai Masuk Ke Dalam Kandang

Burung lovebird sangat rentan terhadap serangan semut terutama lovebird yang baru saja menetas dari telurnya.

Untuk itu selain menjaga kebersihan kandang agar tidak mengundang semut, kamu juga bisa menggunakan kapur semut di sekeliling tembok atau meja tempat di mana kamu menaruh kandang ternak lovebird.

Beberapa orang juga menggunakan kapur yang dicoret pada glodok sarang burung, namun penggunaan kapur ini harus dilakukan secara hati-hati karena jika termakan oleh burung bisa berakibat fatal karena mengandung racun serangga.

12. Sediakan Tempat Mandi Untuk Burung Lovebird

Ketika lovebird sedang diternakkan, agar proses bertelur dan pengeraman berhasil sebaiknya burung tidak banyak diganggu.

Jika biasanya salah satu merawat burung lovebird adalah dengan dijemur dan dimandikan setiap hari, ketika memasuki masa bertelur saya sarankan jangan memindahkan kandang lovebird kecuali dalam kondisi darurat.

Karena memandikan dan menjemur burung lovebird biasanya harus melakukan pemindahan kandang burung lovebird, saya tidak pernah menjemur burung lovebird ketika sedang memasuki masa bertelur

Lovebird ternak apa perlu mandi?

Lovebird memiliki naluri untuk membersihkan bulunya setiap hari, namun jika burung sedang diternakkan, jangan mandikan burung dengan semprotan tapi sediakan saja tempat mandi sehingga mereka bisa mandi sendiri jika mereka merasa perlu.

Akan tetapi agar kesehatan bulu burung tetap sehat, saya biasanya hanya menyediakan tempat berisi air agar burung bisa mandi sendiri.

13. Ketika Sedang Proses Kawin & Bertelur, Kandang Burung Jangan Diganggu

Ketika kita memasukkan tangan kita kedalam kandang burung lovebird, burung biasanya akan merasa terancam dan terlihat agresif terutama ketika memasuki musim kawin dan proses bertelur.

Apa tanda tanda burung lovebird mau bertelur?

Ketika burung lovebird betina mau bertelur mereka biasanya menghabiskan banyak waktu di dalam sarang sambil membawa material sarang ke dalam glodok, ketika mereka keluar sarang biasanya akan terlihat cape dan bagian perut bawahnya sedikit lebih menonjol dari biasanya.

Saran saya jangan terlalu banyak berinteraksi dengan burung kecuali hanya pada saat pemberian pakan dan minum.

Saat membersihkan kandang juga harap dilakukan secara pelan-pelan agar tidak terlalu menggetarkan kandang burung terutama glodok tempat telur berada.

Cara Ternak Lovebird Dalam Kandang Koloni

Apakah lovebird betina dan betina bisa bertelur?

Ketika lovebird dengan jenis kelamin betina dipasangkan dalam satu kandang ternak dengan lovebird betina, mereka bisa bertelur namun tidak akan menetas. Untuk itu jika kamu kesulitan dalam memeriksa jenis kelamin burung, gunakan kandang koloni untuk beternak lovebird.

1. Siapkan Kandang Koloni Berukuran Besar

Karena satu pasang burung lovebird memerlukan ruangan dengan panjang minimal 81cm, lebar 50cm dan tinggi 50cm, maka kamu harus menyediakan kandang koloni berukuran besar tergantung jumlah pasangan yang kamu masukan ke dalam kandang koloni.

Contohnya jika kamu ingin beternak burung lovebird dalam kandang koloni dengan menggunakan 5 pasang burung lovebird (10 ekor), maka setidaknya kandang koloni harus memiliki ukuran : 1 meter kubik.

Ukuran Kandang Koloni Lovebird 4 Meter Kubing Bisa Untuk 16 Pasang atau 32 Ekor Burung Lovebird
Ukuran Kandang Koloni Lovebird 4 Meter Kubing Bisa Untuk 16 Pasang atau 32 Ekor Burung Lovebird

Kamu bisa menyesuaikan ukuran lebar, panjang dan tinggi kandang koloni sesuai space yang tersedia tapi ingat harus memiliki volume paling sedikit 1 meter kubik.

Salah satu yang paling penting dalam cara ternak lovebird koloni agar tidak berantem adalah ukuran kandang harus luas sehingga pasangan burung memiliki luas wilayah yang terbagi secara adil.

2. Pilih Material Kandang Yang Aman Dan Tidak Beracun Bagi Burung.

Untuk material pembuatan kandang koloni kamu harus memastikan semua bahan nya tidak mengandung zat beracun bagi burung lovebird.

Rekomendasi material yang bisa digunakan untuk membuat kandang koloni adalah Stainless Steel untuk jerujinya, untuk bagian rangka bisa menggunakan aluminium sedangkan bagian atap bisa menggunakan polycarbonate atau atap baja ringan yang dilapis dengan material tripleks agar tidak bersentuhan langsung dengan burung.

⚠️ Jangan menggunakan kawat loket ayam berlapis PVC karena akan mudah terkelupas dan termakan oleh burung lovebird, kawat loket galvanis dan rangka baja ringan karena baja ringan dan loket galvanis mengandung zinc yang bisa membuat burung keracunan logam berat.

Pastikan jeruji kandang koloni tidak memiliki celah yang terlalu besar agar burung tidak terjepit, untuk burung lovebird biasanya jarak antar jerujinya antara 1.25 s.d 1.5 cm.

Hindari juga jeruji kandang koloni yang terlalu kecil celahnya karena kaki dan paruh burung bisa tersangkut jika jaraknya terlalu sempit.

3. Posisikan Kandang Koloni Pada Tempat Yang Tidak Terlalu Panas & Tidak Terlalu Dingin.

Penempatan kandang koloni burung lovebird bisa di dalam ruangan, asal kamu menyediakan sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup pada kandang agar kesehatan burung terjaga.

Penempatan kandang koloni di luar ruangan akan jauh lebih mudah karena sirkulasi udara akan selalu bagus dan sinar matahari akan mudah didapat.

Kandang Koloni Di Luar Ruangan
Kandang Koloni Di Luar Ruangan

Tapi pastikan kandang koloni di luar ruangan tidak berada pada lokasi yang selalu terpapar sinar matahari dari pagi hingga sore karena akan membuat suhu kandang koloni terlalu panas.

Hindari juga meletakan kandang koloni pada tempat yang terkena hembusan angin terlalu kencang.

4. Hindari Kemungkinan Serangan Tikus, Kucing, Semut Dan Ular.

Pastikan lokasi di mana kandang koloni ditempatkan bebas dari tikus, kucing, ular dan semut. Hindari menaruh kandang koloni dekat pohon buah karena pasti semutnya banyak.

Selalu pantau kondisi kandang koloni setiap hari dan pastikan tidak ada tikus, kucing, semut, ular dan predator lain yang bisa mengganggu ketenangan kandang ternak koloni lovebird.

Untuk menghindari semut, tikus, kucing dan ular pastikan kamu selalu membersihkan sisa makanan burung dan kotoran burung setiap hari agar tidak menimbulkan bau yang menyerang binatang lain untuk mendekat.

5. Siapkan Beberapa Ekor Burung Lovebird Sehat.

Pilih beberapa ekor burung lovebird sesuai dengan ukuran kandang koloni yang sudah disiapkan dan pastikan jumlah burung dengan jenis kelamin jantan seimbang dengan jumlah burung betina.

Kamu bisa langsung memasukan beberapa pasang burung lovebird kedalam kandang setelah memastikan semua burung dalam kondisi sehat.

Atau jika kamu ingin proses bertelur lebih cepat, kamu bisa menjodohkan terlebih dahulu semua pasangan burung lovebird satu per satu baru ketika semuanya sudah jodoh, burung dimasukkan ke dalam kandang koloni secara bersamaan.

⚠️ Masukan burung secara bersamaan ke dalam kandang koloni agar kedudukan semua burung sama dan memilih wilayah kekuasaan mereka masing-masing tanpa harus berebut.

6. Siapkan Jumlah Glodok Dengan Perhitungan Jumlah Lovebird Dibagi Dua.

Jumlah Glodok harus berjumlah sama dengan jumlah pasangan lovebird. Jika kamu memiliki 8 ekor lovebird, maka sediakan 4 glodok dengan bentuk yang sama dan ketinggian yang sama.

Letakan glodok pada tempat yang tinggi di dalam kandang koloni agar memberikan rasa nyaman dan aman bagi burung untuk bersarang.

Cara Ternak Lovebird Dalam Kandang Koloni - Penempatan Glodok Pada Bagian Atas Kandang Koloni
Penempatan Glodok Pada Bagian Atas Kandang Koloni

Usahakan glodok tidak terpapar sinar matahari atau cipratan air hujan karena dapat mengganggu suhu dan kelembapan glodok dan membuat indukan harus kerja ekstra menyesuaikan kondisi didalam glodok.

7. Siapkan Material Sarang

Material sarang harus dimasukkan ke dalam glodok agar tidak terjadi perebutan material diantara indukan yang agresif.

Jika material dirasa belum cukup, sediakan tambahan dalam jumlah banyak agar semua pasangan dapat mengambilnya dengan leluasa dan tidak ada persaingan.

8. Berikan Asupan Makanan Yang Lengkap.

Pada kandang koloni, penyediaan makanan bisa dilakukan pada satu wadah besar seperti baskom, namun lebih baik menggunakan wadah pakan yang sudah ada sekat agar tidak saling berebut makanan.

Pada awal-awal burung masuk ke dalam kandang koloni, mereka mungkin saja berebut makanan antara pasangan satu dengan yang lain, tapi jika kamu memberikan pakan dengan jumlah yang tepat maka hal ini bisa dihindari.

⚠️ Satu ekor burung lovebird makan sebanyak 45-60 gram dalam sehari, pastikan kamu memberikan pakan yang mencukupi untuk semua burung lovebird yang ada dalam kandang koloni.

9. Jaga Kebersihan Kandang Koloni Burung Lovebird

Agar membersihkan kandang koloni jauh lebih mudah, kamu bisa membuat dasaran kandang memiliki sudut kemiringan sehingga mudah mengalir ketika disemprot menggunakan air.

Karena kandang berukuran besar, kamu bisa menyemprotkan larutan air sabun konsentrasi rendah pada bagian kandang yang kotor.

Peletakan makanan dan minum untuk burung juga harus diperhatikan jangan sampai terkena kotoran burung.

10. Hindari Terlalu Sering Masuk Ke Dalam Kandang Koloni

Meskipun memasuki kandang koloni burung lovebird adalah kegiatan yang mengasyikkan, namun ketika burung sedang dalam proses bertelur usahakan jangan terlalu sering berinteraksi dengan koloni burung lovebird di dalam kandang agar mereka bisa mengerami telur mereka dengan nyaman.

Pertanyaan Terkait Cara Ternak Lovebird

Bagaimana cara agar telur lovebird menetas semua?

Lovebird biasanya bertelur sebanyak 5 s.d 6 selama beberapa hari setelah kawin, agar semua telur dapat menetas, kamu harus memastikan burung dalam kondisi sehat, tidak pernah diganggu, makanannya bernutrisi lengkap dan pemberian suplemen seperti kalsium harus dilakukan.

Kapan lovebird mulai bertelur?

Biasanya, Lovebird mulai bertelur setelah 9 s.d 10 hari setelah kawin[2]. Jika lovebird tidak bertelur walau sudah kawin, biasanya kesehatan lovebird kurang baik atau pasangan tidak sesuai dari segi usia atau ukuran tubuh.

Rujukan

[1] [2]Lovebirds’ Egg-Laying Process: A Personal Experience – Pethelpful, Sakina Nasir

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar