Beranda > Ensiklopedia Burung > Ciri Lovebird Jantan Dan Betina

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Ciri Lovebird Jantan Dan Betina

Ciri lovebird jantan dan betina memang kerap sulit dibedakan mengingat burung jenis lovebird kebanyakan merupakan burung monomorfik yang tidak memperlihatkan perbedaan fisik yang signifikan untuk menandakan jenis kelamin mereka.

Akan tetapi seiring popularitas burung lovebird yang kian menjamur, kini sudah banyak penelitian yang menghasilkan beberapa ciri lovebird jantan dan betina beserta gambar yang mudah untuk dipahami oleh pemula.

Berikut ini 7 ciri yang bisa diperhatikan untuk membedakan jenis kelamin pada burung lovebird khususnya lovebird jenis lovebird non klep dan lovebird klep.

7 Ciri Untuk Membedakan Lovebird Jenis Kelamin Jantan Dan Betina

1. Jarak Tulang Pinggul Lovebird Betina Lebih Lebar Dibanding Lovebird Jantan

Ciri Lovebird Jantan Dan Betina Beserta Gambar Jarak Tulang Pinggul Lovebird Betina Lebih Lebar Dibanding Lovebird Jantan
Ciri Lovebird Jantan Dan Betina: Jarak Tulang Pinggul Lovebird Betina Lebih Lebar Dibanding Lovebird Jantan

Untuk memeriksa tulang pinggul pada burung lovebird, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memegang burung lovebird dengan hati-hati.

Lalu sentuh dengan telunjuk jari kamu secara lembut pada bagian tulang pinggul yang terletak diantara dua kaki burung lovebird.

Jika lovebird dengan jenis kelamin betina, maka jarak kedua tulang pinggul akan terasa jauh terpisah antara satu dengan yanglain.

Sedangkan jika jenis kelamin burung lovebird adalah jantan, maka tulang pinggulnya terasa berdekatan.

Ciri Lovebird jantan dan betina ini hanya bisa dilakukan ketika burung sudah beranjak dewasa biasanya berusia 1 tahun atau lebih.

2. Ukuran Badan Lovebird Betina Cenderung Lebih Besar Dibanding Lovebird Jantan

Lovebird Betina Ukuran Badannya Lebih Besar Dibanding Lovebird Jantan
Lovebird Betina Ukuran Badannya Lebih Besar Dibanding Lovebird Jantan

Ukuran badan lovebird betina akan terlihat sedikit lebih gemuk dan lebih lebar dibanding burung lovebird jantan.

Akan tetapi jika kamu memiliki dua buah burung lovebird yang sama ukuran badannya, kamu akan kesulitan mengambil kesimpulan apakah keduanya jantan atau keduanya betina.

Untuk itu gunakan cara ini sebagai langkah awal dalam memeriksa jenis kelamin burung lovebird.

3. Lovebird Jantan Tidak Terlalu Agresif Saat Musim Kawin

Lovebird Betina Agresif Saat Musim Kawin Dan Akan Mudah Marah Apabila Kita Mendekatinya
Lovebird Betina Agresif Saat Musim Kawin Dan Akan Mudah Marah Apabila Kita Mendekatinya

Meskipun kedua jenis kelamin burung lovebird memiliki tingkat teritorial dan keagresifan yang tinggi, namun pada musim kawin burung lovebird betina biasanya akan jauh lebih teritorial dan akan bertindak agresif terhadap manusia untuk melindungi kawasan teritorial dia yang akan dia gunakan sebagai tempat bersarang.

Jika kamu memiliki 2 ekor burung lovebird dalam satu kandang lalu ketika kamu hendak membersihkan kandang atau mengganti pakannya ada satu burung yang lebih galak dibanding burung yang satunya, maka besar kemungkinan burung tersebut adalah betina.

Baca Juga: Cara Menjinakkan Burung Lovebird Yang Agresif & Galak

4. Lovebird Jantan Meloloh/Menyuapi Lovebird Betina

Lovebird Jantan Menyuapi Lovebird Betina
Lovebird Jantan Menyuapi Lovebird Betina

Naluri burung lovebird dengan jenis kelamin jantan adalah mengayomi dan memenuhi kebutuhan makan burung lovebird lain yang berada dalam satu kandang bersamanya.

Burung lovebird jantan biasanya akan lebih banyak makan pada wadah pakan yang kita sediakan, sedangkan burung lovebird betina biasanya akan menunggu disuapi atau mengejar lovebird jantan untuk meminta disuapi.

5. Lovebird Betina Suka Membawa Material Sarang Kedalam Glodok

Lovebird Betina Sedang Membawa Material Sarang Berupa Serutan Kayu Kecil Di Paruhnya Untuk Dimasukan Kedalam Glodok
Lovebird Betina Sedang Membawa Material Sarang Berupa Serutan Kayu Kecil Di Paruhnya Untuk Dimasukan Kedalam Glodok

Sedangkan naluri burung lovebird betina adalah membangun sarang sebagai tempat di mana dia menaruh telur-telur dia nantinya.

Untuk memeriksa jenis kelamin jantan atau betina dengan metode ini kamu tinggal menaruh material sarang seperti serutan kayu atau daun kering di atas sangkar burung lovebird lalu amati burung mana yang sering mengambil dan mengumpulkan material sarang ke dalam glodok.

6. Lovebird Jantan Akan Mencoba Menaiki Lovebird Betina Ketika Sedang Birahi

Lovebird Jantan ketika birahi dia hanya akan terlihat sedikit lebih aktif dari biasanya, dia akan suka berjalan kesana kemari atau bergerak memutar mengelilingi lovebird betina.

Lovebird jantan biasanya akan mencoba menaiki punggung lovebird betina secara perlahan hingga akhirnya lovebird jantan kawin jika lovebird betina juga sudah siap untuk kawin.

7. Lovebird Betina Akan Membungkukan Badannya Dengan Kepala Dan Buntut Yang Mencuat Keatas Seperti Ayam Kate

Lovebird Betina Akan Membungkukan Badannya Dengan Kepala Dan Buntut Yang Mencuat Keatas Seperti Ayam Kate
Lovebird Betina Akan Membungkukan Badannya Dengan Kepala Dan Buntut Yang Mencuat Keatas Seperti Ayam Kate

Sedangkan lovebird betina yang sudah siap kawin biasanya akan merendahkan perut dan lehernya ke bawah sehingga terlihat membungkuk.

Pada saat ini lovebird betina juga mengacungkan buntutnya kebagian atas agar mempermudah proses perkawinan dengan lovebird jantan.

Disinilah letak perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi.

Pertanyaan Terkait Ciri Lovebird Jantan Dan Betina

Apakah burung lovebird betina bisa gacor?

Tingkat gacor pada burung lovebird tidak terpaku pada jenis kelamin burung lovebird jantan atau betina, melainkan pada tingkat nutrisi yang terpenuhi pada burung setiap hari.

Apakah burung lovebird jantan bisa bertelur?

Burung lovebird yang bertelur hanya burung lovebird dengan jenis kelamin betina. Namun jika ada dua pasang burung lovebird dengan jenis kelamin betina dalam satu kandang, mereka berdua bisa bertelur meskipun telurnya tidak bisa menetas.


Demikian bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung lovebird, artikel diatas sangat berguna terutama jika kamu hendak menjodohkan burung lovebird sendiri di rumah.

Rujukan

[1] – Traditional Sex Identification Methods VS DNA Sexing Test – Sexado de aves

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar