Beranda > Ensiklopedia Burung > harga burung kedasih terbaru

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

harga burung kedasih terbaru

harga burung kedasih terbaru

Selamat datang di blog kami! Jika Anda seorang pecinta burung, khususnya burung kedasih, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif tentang harga burung kedasih terbaru, sehingga Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pasar burung kedasih saat ini.

Burung kedasih adalah salah satu jenis burung yang sangat populer di kalangan pecinta burung di Indonesia. Memiliki suara yang merdu dan penampilan yang indah, burung ini sering dijadikan hewan peliharaan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli burung kedasih, penting bagi Anda untuk mengetahui harga terbarunya agar dapat membuat keputusan yang bijaksana.

Mengenal Burung Kedasih

Burung kedasih (Aethopyga mystacalis) adalah burung endemik Indonesia yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Burung ini memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang sekitar 10-12 cm. Ciri khas burung kedasih adalah bulu berwarna hijau metalik yang mengkilap dengan corak warna merah pada bagian dada dan tenggorokannya.

Burung kedasih termasuk dalam keluarga Nectariniidae dan merupakan burung pemakan nektar. Mereka juga memakan serangga kecil sebagai sumber protein. Suara burung kedasih terkenal merdu dan nyaring, sehingga banyak dipelihara sebagai burung kicauan.

Asal-usul dan Distribusi

Burung kedasih dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka hidup di hutan dataran rendah, hutan pegunungan, dan daerah perkebunan. Burung ini juga sering terlihat di taman-taman kota dan pekarangan rumah.

Di beberapa daerah, burung kedasih juga memiliki nama lain, seperti burung sikatan atau burung sikatan jawa. Nama “kedasih” sendiri berasal dari suara kicauannya yang sering terdengar seperti suara “kedasih” atau “kedasik”.

Ciri-ciri Fisik

Burung kedasih memiliki tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 10-12 cm. Bulu-bulunya berwarna hijau metalik yang mengilap dengan corak warna merah pada dada dan tenggorokannya. Burung jantan memiliki warna merah yang lebih mencolok dibandingkan betina.

Paruh burung kedasih berbentuk lancip dan sedikit melengkung ke bawah. Mata burung ini berwarna hitam dengan lingkaran mata berwarna putih. Kaki burung kedasih berwarna cokelat dan memiliki cakar yang kuat untuk memegang bunga atau ranting ketika mencari nektar.

Bagian ekor burung kedasih panjang, ramping, dan sedikit meruncing. Terdapat bulu-bulu yang panjang dan ramping di ujung ekor yang memberikan efek hiasan yang indah saat burung ini terbang.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi harga burung kedasih. Pemahaman tentang faktor-faktor ini akan membantu Anda dalam menentukan harga yang wajar saat membeli atau menjual burung kedasih. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan:

Usia Burung

Usia burung kedasih menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi harga. Burung kedasih yang masih anakan biasanya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan burung dewasa. Hal ini dikarenakan burung anakan masih membutuhkan waktu untuk tumbuh dan berkembang sehingga belum bisa menghasilkan suara kicauan yang berkualitas.

Di sisi lain, burung kedasih dewasa yang sudah memiliki suara kicauan yang bagus dan memiliki pengalaman dalam berkembang biak akan memiliki harga yang lebih tinggi. Selain itu, burung kedasih dewasa juga memiliki nilai lebih sebagai calon induk untuk pembibitan burung kedasih.

Burung kedasih tua yang sudah memasuki masa pensiun dari berkembang biak juga memiliki harga yang berbeda. Beberapa kolektor burung mungkin tertarik untuk membeli burung kedasih tua sebagai koleksi atau untuk menjaga keturunan asli dari jenis burung kedasih tertentu.

Jenis Kelamin

Jenis kelamin burung kedasih juga mempengaruhi harga. Secara umum, burung kedasih jantan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan betina. Hal ini dikarenakan burung jantan memiliki ciri khas warna merah yang lebih mencolok pada dada dan tenggorokannya.

Burung kedasih jantan juga memiliki suara kicauan yang lebih merdu dan bervariasi dibandingkan dengan betina. Suara kicauan burung jantan sering menjadi daya tarik yang utama bagi para pecinta burung. Oleh karena itu, harga burung kedasih jantan biasanya lebih tinggi karena permintaan yang lebih besar.

Namun, burung kedasih betina juga memiliki nilai tersendiri. Betina sering kali dijadikan sebagai pasangan untuk burung jantan agar dapat berkembang biak. Oleh karena itu, harga burung kedasih betina juga dapat bervariasi tergantung pada popularitas dan keunikan jenis betina tertentu.

Kondisi Kesehatan

Kondisi kesehatan burung kedasih juga menjadi faktor penting dalam menentukan harga. Burung yang sehat dan aktif cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga  jenis burung cililin

Penting bagi calon pembeli untuk memeriksa kondisi kesehatan burung sebelum membelinya. Pastikan burung tidak mengalami gejala sakit seperti bulu rontok, napas tersengal-sengal, atau perubahan perilaku yang mencurigakan. Sebaiknya membeli burung dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam menjaga kesehatan burung yang dijualnya.

Popularitas Jenis Burung Kedasih

Popularitas jenis burung kedasih juga dapat mempengaruhi harga. Beberapa jenis burung kedasih yang langka atau memiliki ciri khas yang unik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis yang lebih umum.

Sebagai contoh, burung kedasih Sumatera (Aethopyga duyvenbodei) adalah salah satu jenis yang langka dan hanya ditemukan di pulau Sumatera. Burung ini memiliki corak warna yang lebih beragam dan mencolok dibandingkan dengan jenis lainnya. Oleh karena itu, harga burung kedasih Sumatera cenderung lebih tinggi karena permintaan yang tinggi dari para kolektor burung.

Di sisi lain, burung kedasih jawa (Aethopyga mystacalis) adalah jenis yang lebih umum dan biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun, harga burung kedasih jawa juga dapat bervariasi tergantung pada kondisi fisik, usia, dan keunikan burung tersebut.

Rangkuman Harga Burung Kedasih Berdasarkan Usia

Pada bagian ini, kami akan memberikan ringkasan harga burung kedasih berdasarkan usia burung. Anda akan menemukan informasi tentang harga burung kedasih anakan, burung kedasih dewasa, dan burung kedasih tua.

Harga Burung Kedasih Anakan

Burung kedasih anakan biasanya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan burung dewasa. Harga burung kedasih anakan dapat bervariasi tergantung pada jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan popularitas jenis burung tersebut.

Untuk burung kedasih anakan jantan yang sehat dan memiliki potensi kicauan yang bagus, harganya bisa berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Namun, harga tersebut dapat lebih tinggi jika jenis burung kedasih yang diincar adalah jenis yang langka atau memiliki corak warna yang unik.

Sementara itu, harga burung kedasih anakan betina biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan jantan. Harga burung kedasih anakan betina berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 350.000, tergantung pada beberapa faktor seperti popularitas jenis betina tertentu.

Harga Burung Kedasih Dewasa

Untuk burung kedasih dewasa, harga bisa lebih tinggi dibandingkan dengan burung anakan. Burung kedasih dewasa biasanya sudah memiliki suara kicauan yang bagus dan pengalaman dalam berkembang biak.

Harga burung kedasih dewasa jantan yang memiliki suara kicauan yang merdu dan variatif bisa mencapai Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000. Namun, harga tersebut bisa lebih tinggi jika jenis burung kedasih yang diincar adalah jenis yang langka atau memiliki popularitas yang tinggi.

Sedangkan untuk burung kedasih dewasa betina, harganya cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan jantan. Harga burung kedasih dewasa betina berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000, tergantung pada popularitas dan keunikan jenis betina tertentu.

Harga Burung Kedasih Tua

Burung kedasih tua yang telah memasuki masa pensiun dari berkembang biak juga memiliki harga yang berbeda-beda. Beberapa kolektor burung mungkin tertarik untuk membeli burung kedasih tua sebagai koleksi atau untuk menjaga keturunan asli dari jenis burung kedasih tertentu.

Harga burung kedasih tua biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan burung kedasih dewasa, terutama jika burung tersebut memiliki ciri khas yang unik atau memiliki riwayat reproduksi yang sukses. Harga burung kedasih tua bisa mencapai Rp 3.000.000 hingga Rp 10.000.000, tergantung pada popularitas jenis dan kondisi fisik burung tersebut.

Harga Burung Kedasih Jantan vs. Betina

Pada bagian ini, kami akan membandingkan harga burung kedasih jantan dengan betina. Kami akan menjelaskan perbedaan harga antara kedua jenis kelamin ini dan faktor-faktor apa yang mempengaruhinya.

Harga Burung Kedasih Jantan

Secara umum, burung kedasih jantan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan betina. Hal ini dikarenakan burung kedasih jantan memiliki ciri khas warna merah yang lebih mencolok pada dada dan tenggorokannya.

Warna merah yang mencolok ini menjadi daya tarik utama bagi para pecinta burung, sehingga permintaan untuk burung kedasih jantan cenderung lebih tinggi. Harga burung kedasih jantan juga bisa dipengaruhi oleh popularitas jenis tertentu dan keunikan warna atau corak pada bulunya.

Harga burung kedasih jantan yang memiliki suara kicauan yang merdu dan variatif bisa mencapai Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000, tergantung pada popularitas dan keunikan jenis burung tersebut.

Baca Juga  harga burung cililin

Harga Burung Kedasih Betina

Di sisi lain, burung kedasih betina memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jantan. Hal ini dikarenakan betina tidak memiliki ciri khas warna merah yang mencolok pada dada dan tenggorokan seperti jantan.

Meskipun begitu, burung kedasih betina juga memiliki nilai tersendiri. Betina sering kali dijadikan sebagai pasangan untuk burung jantan agar dapat berkembang biak. Oleh karena itu, harga burung kedasih betina juga dapat bervariasi tergantung pada popularitas dan keunikan jenis betina tertentu.

Harga burung kedasih betina berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000, tergantung pada popularitas dan keunikan jenis betina tersebut.

Harga Burung Kedasih Berdasarkan Jenisnya

Terdapat beberapa jenis burung kedasih yang berbeda, seperti burung kedasih jawa, kedasih kalimantan, dan kedasih sumatera. Pada bagian ini, kami akan memberikan informasi tentang harga dari setiap jenis burung kedasih ini.

Harga Burung Kedasih Jawa

Burung kedasih jawa (Aethopyga mystacalis) adalah salah satu jenis burung kedasih yang umum dan banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Harga burung kedasih jawa cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

Harga burung kedasih jawa dewasa jantan berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 1.000.000, tergantung pada kondisi fisik dan popularitas jenis burung tersebut. Sementara itu, harga burung kedasih jawa dewasa betina berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 800.000.

Harga Burung Kedasih Kalimantan

Burung kedasih kalimantan (Aethopyga duyvenbodei) adalah salah satu jenis burung kedasih yang langka dan hanya ditemukan di pulau Kalimantan. Burung ini memiliki corak warna yang lebih beragam dan mencolok dibandingkan dengan jenis lainnya.

Harga burung kedasih kalimantan dewasa jantan bisa mencapai Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000, tergantung pada popularitas dan keunikan jenis burung tersebut. Sedangkan harga burung kedasih kalimantan dewasa betina berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 4.000.000.

Harga Burung Kedasih Sumatera

Burung kedasih sumatera (Aethopyga mystacalis) adalah salah satu jenis burung kedasih yang langka dan hanya ditemukan di pulau Sumatera. Burung ini memiliki corak warna yang unik dan cenderung lebih mencolok dibandingkan dengan jenis lainnya.

Harga burung kedasih sumatera dewasa jantan bisa mencapai Rp 3.000.000 hingga Rp 8.000.000, tergantung pada popularitas dan keunikan jenis burung tersebut. Sementara itu, harga burung kedasih sumatera dewasa betina berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 6.000.000.

Harga Burung Kedasih Berdasarkan Keadaan Kesehatan

Keadaan kesehatan burung kedasih juga dapat mempengaruhi harganya. Burung yang sehat dan aktif cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan lainnya.

Harga Burung Kedasih Sehat

Burung kedasih yang sehat dan aktif memiliki daya tarik yang lebih tinggi bagi para pecinta burung. Burung yang sehat biasanya memiliki bulu-bulu yang rapi, mata yang cerah, dan perilaku yang aktif.

Harga burung kedasih sehat bisa lebih tinggi dibandingkan dengan burung yang sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan lainnya. Burung kedasih sehat dewasa jantan bisa mencapai Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000, tergantung pada popularitas dan keunikan jenis burung tersebut.

Harga Burung Kedasih Sedang Sakit

Burung kedasih yang sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan lainnya biasanya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan yang sehat. Hal ini dikarenakan burung yang sedang sakit membutuhkan perawatan ekstra dan mungkin memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama.

Harga burung kedasih yang sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan lainnya dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan penyakit atau masalah tersebut. Harga burung kedasih dewasa jantan yang sedang sakit biasanya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000, tergantung pada kondisi kesehatan dan tingkat popularitas jenis burung tersebut.

Harga Burung Kedasih di Pasar Online

Pasar online telah menjadi tempat yang populer untuk membeli dan menjual burung kedasih. Di bagian ini, kami akan memberikan informasi tentang harga burung kedasih di beberapa platform jual beli online yang terpercaya.

Harga Burung Kedasih di Platform Jual Beli Online A

Platform jual beli online A adalah salah satu platform yang populer untuk membeli dan menjual burung kedasih. Harga burung kedasih di platform ini bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan popularitas jenis burung tersebut.

Harga burung kedasih anakan di platform ini berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000, sementara harga burung kedasih dewasa jantan bisa mencapai Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000. Harga burung kedasih betina di platform ini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000.

Baca Juga  cara merawat lovebird anakan untuk lomba

Harga Burung Kedasih di Platform Jual Beli Online B

Platform jual beli online B juga merupakan tempat yang populer untuk membeli dan menjual burung kedasih. Harga burung kedasih di platform ini juga bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan popularitas jenis burung tersebut.

Harga burung kedasih anakan di platform ini berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 600.000, sementara harga burung kedasih dewasa jantan bisa mencapai Rp 900.000 hingga Rp 2.500.000. Harga burung kedasih betina di platform ini berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1.800.000.

Tips untuk Mendapatkan Burung Kedasih dengan Harga Terbaik

Jika Anda ingin mendapatkan burung kedasih dengan harga terbaik, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mendapatkan burung kedasih yang sehat dan berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Cari Penjual yang Terpercaya

Saat mencari burung kedasih, pastikan Anda membelinya dari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Penjual yang terpercaya akan memberikan informasi yang jujur ​​tentang burung yang dijualnya, termasuk usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan riwayat perawatan burung tersebut.

Anda dapat mencari penjual burung kedasih yang terpercaya melalui referensi dari teman atau keluarga yang telah membeli burung dari penjual tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mencari penjual yang memiliki ulasan positif dan testimoni dari pembeli sebelumnya.

Perhatikan Kondisi Kesehatan Burung

Sebelum membeli burung kedasih, penting untuk memeriksa kondisi kesehatannya. Pastikan burung tidak mengalami gejala sakit seperti bulu rontok, napas tersengal-sengal, atau perubahan perilaku yang mencurigakan.

Anda juga dapat meminta penjual untuk memberikan informasi tentang riwayat vaksinasi dan perawatan kesehatan burung. Jika memungkinkan, mintalah untuk melihat burung secara langsung atau meminta video panggilan untuk memastikan kondisi burung tersebut.

Pertimbangkan Harga yang Wajar

Saat membeli burung kedasih, penting untuk mempertimbangkan harga yang wajar. Lakukan riset dan bandingkan harga burung kedasih di berbagai penjual atau platform jual beli online. Dengan membandingkan harga, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak membayar terlalu mahal untuk burung yang ingin Anda beli.

Namun, penting juga untuk tidak terlalu fokus pada harga rendah. Harga yang terlalu murah mungkin menandakan adanya masalah atau kekurangan pada burung tersebut. Jadi, pastikan Anda memperhatikan faktor-faktor lain seperti kondisi kesehatan dan keunikan burung tersebut.

Harga Burung Kedasih dalam Pasar Lokal

Bagi Anda yang lebih suka membeli burung kedasih langsung dari pasar lokal, kami akan memberikan informasi tentang harga burung kedasih di beberapa pasar burung terkenal di Indonesia.

Harga Burung Kedasih di Pasar Burung A

Pasar burung A adalah salah satu pasar burung terkenal di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis burung termasuk burung kedasih. Harga burung kedasih di pasar ini bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan popularitas jenis burung tersebut.

Harga burung kedasih anakan di pasar ini berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000, sementara harga burung kedasih dewasa jantan bisa mencapai Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000. Harga burung kedasih betina di pasar ini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000.

Harga Burung Kedasih di Pasar Burung B

Pasar burung B juga merupakan pasar burung terkenal di Indonesia yang menjadi tempat bagi para pecinta burung untuk mencari berbagai jenis burung termasuk burung kedasih. Harga burung kedasih di pasar ini juga bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan popularitas jenis burung tersebut.

Harga burung kedasih anakan di pasar ini berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 600.000, sementara harga burung kedasih dewasa jantan bisa mencapai Rp 900.000 hingga Rp 2.500.000. Harga burung kedasih betina di pasar ini berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 1.800.000.

Demikianlah panduan lengkap tentang harga burung kedasih terbaru. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami pasar burung kedasih dan membuat keputusan yang tepat saat membeli burung kesayangan Anda. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesejahteraan burung kedasih dan membeli dari penjual yang terpercaya. Selamat berburu burung kedasih!

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar