Beranda > Ensiklopedia Burung > harga burung kenari lokal

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

harga burung kenari lokal

harga burung kenari lokal

Apakah Anda tertarik untuk memelihara burung kenari lokal? Burung kenari memang menjadi salah satu burung kicau yang populer di Indonesia, baik untuk dijadikan hobi maupun untuk tujuan komersial. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai harga burung kenari lokal, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi harga, variasi harga berdasarkan jenis dan kualitas, serta tips untuk mendapatkan burung kenari lokal dengan harga yang terjangkau.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga burung kenari lokal, penting untuk memahami bahwa harga burung kenari dapat bervariasi secara signifikan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti jenis kenari, usia kenari, warna bulu, keadaan fisik, serta tingkat kepopuleran dan permintaan pasar. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan riset dan mengetahui harga pasar sebelum membeli burung kenari lokal.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Kenari Lokal

Pada sesi ini, kita akan membahas beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga burung kenari lokal. Faktor-faktor tersebut meliputi:

Usia Burung Kenari

Usia burung kenari adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi harga. Burung kenari yang masih muda dan belum dewasa umumnya memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan burung kenari dewasa yang telah mencapai puncak keindahan dan kecerdasan mereka.

Jenis dan Variasi Kenari

Terdapat berbagai jenis dan variasi kenari, seperti kenari merah, kenari kuning, kenari border, dan kenari timbrado. Setiap jenis dan variasi kenari memiliki keunikan tersendiri, sehingga harga mereka dapat berbeda-beda. Jenis dan variasi kenari yang langka atau sulit ditemui biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kenari yang umum.

Kualitas Bulu dan Warna Burung Kenari

Kualitas bulu dan warna burung kenari juga mempengaruhi harga. Burung kenari dengan bulu yang indah, berkilau, dan warna yang langka atau menarik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Misalnya, burung kenari dengan warna bulu merah intens atau bulu kuning yang cerah dan merata.

Kesehatan Fisik Burung Kenari

Kondisi kesehatan fisik burung kenari juga menjadi faktor penting dalam menentukan harga. Burung kenari yang sehat, aktif, dan bebas dari penyakit umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari yang memiliki masalah kesehatan atau memiliki riwayat penyakit.

Permintaan dan Penawaran Pasar

Permintaan dan penawaran pasar juga memengaruhi harga burung kenari lokal. Jika burung kenari tertentu sedang tren atau memiliki popularitas yang tinggi, harga mereka cenderung naik karena tingginya permintaan. Sebaliknya, jika burung kenari memiliki pasokan yang melimpah dan permintaan yang rendah, harga mereka bisa menjadi lebih terjangkau.

Rentang Harga Burung Kenari Lokal

Di bagian ini, kami akan memberikan gambaran tentang rentang harga burung kenari lokal. Harga burung kenari lokal biasanya bervariasi mulai dari harga terendah hingga harga tertinggi. Namun, perlu diingat bahwa harga burung kenari juga dapat berubah-ubah tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Harga Burung Kenari Lokal Anakan

Harga burung kenari lokal anakan umumnya berkisar antara 100 ribu hingga 500 ribu rupiah, tergantung pada usia, jenis, dan kualitas burung. Burung kenari lokal anakan yang masih muda biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan burung kenari dewasa.

Harga Burung Kenari Lokal Dewasa

Harga burung kenari lokal dewasa bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung pada jenis, kualitas bulu, dan prestasi burung dalam lomba. Burung kenari lokal dewasa yang memiliki kualitas suara yang bagus dan memiliki prestasi lomba yang baik umumnya memiliki harga yang lebih tinggi.

Harga Burung Kenari Lokal dengan Mutasi Warna

Burung kenari lokal dengan mutasi warna langka atau unik, seperti warna bulu merah intens, bulu kuning yang cerah, atau kombinasi warna yang menarik, umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari lokal dengan warna bulu standar.

Harga Burung Kenari Lokal dengan Prestasi Lomba

Burung kenari lokal yang telah meraih prestasi dalam lomba burung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari lokal biasa. Prestasi lomba yang tinggi menunjukkan bahwa burung memiliki kualitas suara yang bagus dan mampu bersaing dengan burung kenari lainnya.

Jenis-jenis Burung Kenari Lokal yang Populer

Ada berbagai jenis burung kenari lokal yang populer di Indonesia. Setiap jenis memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Pada sesi ini, kami akan membahas beberapa jenis burung kenari lokal yang paling dicari oleh penggemar burung kenari.

Burung Kenari Lokal Merah

Burung kenari lokal merah memiliki bulu dengan warna merah intens yang menarik. Mereka memiliki suara yang nyaring dan sering kali menjadi favorit para pecinta burung kenari. Burung kenari lokal merah umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kenari lokal lainnya.

Burung Kenari Lokal Kuning

Burung kenari lokal kuning memiliki bulu dengan warna kuning yang cerah dan merata. Mereka memiliki suara yang indah dan ceria. Burung kenari lokal kuning sangat populer di kalangan penggemar burung kenari dan umumnya memiliki harga yang terjangkau.

Burung Kenari Lokal Border

Burung kenari lokal border merupakan salah satu jenis kenari lokal yang memiliki variasi warna bulu yang menarik. Mereka memiliki bulu dengan kombinasi warna yang mencolok, seperti kuning, oranye, dan hitam. Burung kenari lokal border umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kenari lokal lainnya karena keunikan warna bulu mereka.

Baca Juga  ciri khas burung sikatan londo dan habitatnya

Burung Kenari Lokal Timbrado

Burung kenari lokal timbrado adalah jenis kenari lokal yang memiliki suara yang sangat baik dan kicauan yang indah. Mereka sering kali digunakan dalam kompetisi kicau burung dan memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kenari lokal lainnya.

Burung Kenari Lokal Gloster

Burung kenari lokal gloster memiliki ciri khas bulu kepala yang melengkung ke belakang, memberikan kesan seperti mahkota di atas kepala burung. Mereka memiliki suara yang merdu dan memiliki penampilan yang unik. Burung kenari lokal gloster umumnya memiliki harga yang lebih tinggi karena keunikan penampilan mereka.

Tips Membeli Burung Kenari Lokal dengan Harga Terjangkau

Mendapatkan burung kenari lokal dengan harga terjangkau bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan beberapa tips yang kami berikan di sesi ini, Anda dapat memaksimalkan peluang untuk mendapatkan burung kenari lokal berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Riset Harga Pasar

Lakukan riset harga pasar sebelum membeli burung kenari lokal. Carilah informasi tentang harga burung kenari lokal di toko burung, pasar burung, atau melalui forum online. Denganmengetahui harga pasar, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih baik tentang harga yang wajar untuk burung kenari lokal yang Anda inginkan.

Mencari Penjual Terpercaya

Pilihlah penjual burung kenari lokal yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan penjual tersebut menjual burung kenari lokal yang sehat dan memiliki kualitas yang baik. Anda dapat mencari referensi penjual burung kenari lokal melalui rekomendasi dari teman, keluarga, atau melalui ulasan dan testimoni online.

Mengamati Keadaan Fisik Burung

Saat membeli burung kenari lokal, perhatikan dengan seksama keadaan fisik burung. Pastikan burung memiliki postur tubuh yang baik, bulu yang bersih dan rapi, serta tidak tampak ada tanda-tanda penyakit seperti mata yang merah atau hidung yang berair. Jika memungkinkan, mintalah penjual untuk memperbolehkan Anda mendengarkan suara burung agar Anda dapat memastikan suara burung kenari lokal tersebut sesuai dengan yang Anda harapkan.

Membeli dari Peternak Langsung

Jika Anda ingin mendapatkan burung kenari lokal dengan harga yang lebih terjangkau, pertimbangkan untuk membeli langsung dari peternak. Dengan membeli dari peternak, Anda dapat menghindari biaya tambahan yang mungkin ditambahkan oleh penjual atau toko burung. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan peternak mengenai perawatan dan pemeliharaan burung kenari lokal.

Berikan Penawaran yang Wajar

Ketika bernegosiasi harga dengan penjual burung kenari lokal, berikanlah penawaran yang wajar berdasarkan riset harga pasar dan kondisi burung. Jangan takut untuk meminta diskon atau melakukan penawaran yang lebih rendah, namun tetaplah menghargai usaha dan harga yang ditawarkan oleh penjual. Bersikaplah sopan dan jujur dalam bernegosiasi agar tercipta hubungan yang baik antara Anda dan penjual.

Perawatan Burung Kenari Lokal agar Tetap Sehat dan Bersemangat

Setelah membeli burung kenari lokal, penting untuk memberikan perawatan yang baik agar burung tetap sehat dan bersemangat. Pada sesi ini, kami akan memberikan tips dan saran tentang perawatan burung kenari lokal, mulai dari pemberian makanan yang tepat hingga lingkungan yang optimal untuk burung.

1. Kandang yang Sesuai

Pilihlah kandang yang sesuai untuk burung kenari lokal Anda. Kandang harus cukup besar untuk memberikan ruang gerak yang cukup bagi burung. Pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik, sehingga udara dalam kandang terjaga segar. Selain itu, berikan juga tempat berteduh dan tempat bermain untuk burung.

2. Pemberian Makanan yang Seimbang

Burung kenari lokal membutuhkan makanan yang seimbang dan bergizi untuk tetap sehat. Berikan makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan tambahan vitamin dan mineral yang diperlukan. Pastikan juga burung memiliki akses ke air bersih setiap saat.

3. Mandi dan Perawatan Bulu

Burung kenari lokal menyukai mandi. Berikan kesempatan bagi burung untuk mandi setiap hari dengan menyediakan wadah air yang cukup besar. Mandi akan membantu membersihkan bulu-bulu burung dan menjaga kebersihan mereka. Selain itu, perawatan bulu seperti menyisir dan merapikan bulu juga dapat dilakukan secara berkala.

4. Kondisi Lingkungan yang Optimal

Pastikan lingkungan sekitar kandang burung kenari lokal tetap bersih dan terjaga kebersihannya. Hindari adanya bau yang tidak sedap atau kelembaban yang berlebihan di sekitar kandang. Selain itu, jaga suhu ruangan agar tetap stabil dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

5. Interaksi dan Stimulasi

Burung kenari lokal juga membutuhkan interaksi dan stimulasi untuk tetap bersemangat. Berbicaralah dengan burung, mainkan musik yang lembut, atau berikan mainan yang aman untuk burung. Hal ini dapat membantu menjaga kecerdasan dan kebahagiaan burung kenari lokal Anda.

Mengatasi Masalah Umum pada Burung Kenari Lokal

Burung kenari lokal juga bisa mengalami masalah kesehatan seperti burung lainnya. Pada sesi ini, kami akan membahas masalah-masalah umum yang sering dialami oleh burung kenari lokal dan memberikan solusi yang mungkin Anda terapkan jika burung Anda mengalami masalah tersebut.

Baca Juga  perawatan burung cingcoang biru agar bisa rajin bunyi

1. Penyakit Pernafasan

Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh burung kenari lokal adalah penyakit pernafasan seperti pilek atau batuk. Jika burung terlihat mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

2. Bulu Rontok

Bulu rontok pada burung kenari lokal dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, makanan yang tidak cukup bergizi, atau masalah kesehatan lainnya. Pastikan burung mendapatkan makanan yang seimbang dan bergizi, serta berikan lingkungan yang nyaman dan bebas dari stres.

3. Kurang Aktif

Jika burung kenari lokal terlihat kurang aktif atau malas bergerak, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Perhatikan apakah burung memiliki nafsu makan yang normal, apakah bulu terlihat rapi, dan apakah burung terlihat lincah saat bergerak. Jika Anda melihat adanya perubahan yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

4. Perubahan Suara

Jika suara burung kenari lokal berubah atau terdengar serak, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan pada saluran pernafasan atau organ vokal burung. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

5. Masalah Pencernaan

Jika burung kenari lokal mengalami masalah pencernaan seperti diare atau sulit buang air besar, perhatikan makanan yang diberikan dan pastikan makanan tersebut tidak mengandung zat berbahaya. Jika masalah berlanjut, segera hubungi dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Meningkatkan Kualitas Suara Burung Kenari Lokal

Bagi pecinta burung kenari lokal, kualitas suara burung tentu menjadi hal yang penting. Pada sesi ini, kami akan membagikan tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara burung kenari lokal Anda.

1. Latihan Kicauan

Latihan kicauan secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas suara burung kenari lokal. Latih burung dengan mengajarkan variasi kicauan dan melatih burung untuk meniru suara-suara burung lain. Berikan pujian dan hadiah setiap kali burung berhasil menirukan suara yang diajarkan.

2. Perawatan Saluran Pernafasan

Perawatan saluran pernafasan yang baik juga dapat membantu meningkatkan kualitas suara burung kenari lokal. Pastikan kandang burung selalu bersih dan bebas dari debu atau zat berbahaya yang dapat mengganggu saluran pernafasan burung. Sebagai tambahan, berikan makanan yang bergizi dan hindari menyediakan makanan yang berpotensi menyebabkan gangguan pernafasan.

3. Penyediaan Lingkungan yang Tenang dan Nyaman

Penyediaan lingkungan yang tenang dan nyaman sangat penting untuk meningkatkan kualitas suara burung kenari lokal. Hindari kebisingan yang berlebihan di sekitar kandang burung, seperti suara televisi atau musik yang terlalu keras. Berikan lingkungan yang damai dan nyaman agar burung dapat berkonsentrasi dalam berkicau.

4. Pemberian Makanan yang Tepat

Pemberian makanan yang tepat juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas suara burung kenari lokal. Pastikan burung mendapatkan makanan yang bergizi dan seimbang, seperti biji-bijian berkualitas tinggi dan makanan tambahan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan saluran pernafasan dan organ vokal burung.

5. Perawatan Kesehatan Secara Rutin

Perawatan kesehatan yang rutin juga diperlukan untuk menjaga kualitas suara burung kenari lokal. Pastikan burung mendapatkan vaksinasi dan perawatan medis yang diperlukan secara teratur. Jika burung menunjukkan gejala masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Burung Kenari Lokal dalam Lomba Burung

Burung kenari lokal juga sering diikutsertakan dalam lomba burung. Karena itu, pada sesi ini kami akan membahas tentang persiapan dan tips mengikuti lomba burung dengan burung kenari lokal.

Persiapan Fisik dan Mental

Sebelum mengikuti lomba burung, pastikan burung kenari lokal Anda dalam kondisi fisik dan mental yang baik. Berikan makanan yang bernutrisi dan perhatikan kebersihan dan kebugaran burung secara keseluruhan. Latih burung secara berkala untuk meningkatkan kualitas suara dan performa mereka dalam lomba.

Pelatihan Kicauan

Latihan kicauan secara teratur sangat penting untuk mempersiapkan burung kenari lokal dalam menghadapi lomba burung. Latih burung dengan variasi kicauan dan berikan hadiah sebagai bentuk penguatan positif ketika burung berhasil menirukan suara yang diajarkan.

Pemilihan Lomba yang Sesuai

Pilihlah lomba burung yang sesuai dengan kemampuan dan kualitas burung kenari lokal Anda. Jangan terlalu terburu-buru untuk mengikuti lomba tingkat tinggi jika burung masih dalam tahap latihan atau belum siap. Mulailah dengan lomba tingkat lokal atau regional terlebih dahulu untuk memberikan pengalaman dan meningkatkan kepercayaan diri burung.

Perawatan dan Persiapan Sebelum Lomba

Jelang lomba, berikan perawatan ekstra pada burung kenari lokal Anda. Pastikan burung mendapatkan istirahat yang cukup, mandi, dan makanan yang tepat sebelum mengikuti lomba. Bersihkan kandang dan peralatan lomba dengan teliti sehingga burung dapat tampil maksimal dalam kontes.

Penanganan dan Penjurian

Saat dalam lomba burung, penting untuk mengikuti aturan dan prosedur yang ditetapkan oleh panitia lomba. Jaga burung dalam kondisi tenang dan nyaman sepanjang lomba. Terima hasil penjurian dengan lapang dada dan gunakan hasil tersebut sebagai pembelajaran dan motivasi untuk meningkatkan kemampuan burung di masa depan.

Baca Juga  persebaran cendrawasih mati kawat dan fakta lainnya

Mengenal Jenis Kelamin Burung Kenari Lokal

Membedakan jenis kelamin burung kenari lokal dapat menjadi penting dalam pemeliharaan dan reproduksi. Pada sesi ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara mengenali jenis kelamin burung kenari lokal.

Penampilan Fisik

Penampilan fisik burung kenari lokal dapat memberikan petunjuk mengenai jenis kelamin burung. Burung kenari jantan biasanya memiliki postur tubuh yang lebih besar dan cenderung memiliki kepala yang lebih besar. Sedangkan burung kenari betina biasanya memiliki postur tubuh yang lebih kecil dan lebih ramping.

Bentuk Paruh

Bentuk paruh juga bisa menjadi petunjuk untuk membedakan jenis kelamin burung kenari lokal. Paruh burung kenari jantan cenderung lebih besar dan lebih kuat, sedangkan paruh burung kenari betina cenderung lebih kecil dan lebih ramping.

Perilaku Kicauan

Perilaku kicauan juga bisa memberikan petunjuk tentang jenis kelamin burung kenari lokal. Burung kenari jantan cenderung memiliki suara kicauan yang lebih nyaring dan bervariasi, sementara burung kenari betina cenderung memiliki suara kicauan yang lebih lembut dan monoton.

Pengamatan Perilaku Pada Masa Breeding

Pengamatan perilaku burung kenari lokal pada masa breeding juga bisa membantu mengenali jenis kelamin. Pada masa ini, burung kenari jantan cenderung lebih aktif dalam membangun sarang dan berperilaku lebih agresif, sedangkan burung kenari betina cenderung lebih pasif dan fokus pada pemeliharaan telur dan anak-anaknya.

Pengecekan Melalui DNA Testing

Jika Anda ingin memastikan jenis kelamin burung kenari lokal dengan akurasi tinggi, Anda dapat melakukan DNA testing. DNA testing dapat dilakukan melalui sampel darah atau bulu burung kenari lokal dan hasilnya akan memberikan informasi yang akurat mengenai jenis kelamin burung.

Meningkatkan Nilai Jual Burung Kenari Lokal Anda

Jika Anda memiliki minat dalam bisnis burung kenari lokal, meningkatkan nilai jual burung adalah hal yang penting. Pada sesi ini, kami akan memberikan tips dan saran untuk meningkatkan nilai jual burung kenari lokal Anda.

Perawatan dan Pemeliharaan yang Baik

Memberikan perawatan dan pemeliharaan yang baik pada burung kenari lokal adalah kunci untuk meningkatkan nilai jualnya. Pastikan burung selalu dalam kondisi sehat dan mendapatkan makanan yang bergizi. Jaga kebersihan kandang dan berikan lingkungan yang nyaman untuk burung.

Pelatihan Kicauan

Latih burung kenari lokal secara rutin untuk meningkatkan kualitas kicauan mereka. Burung kenari dengan kicauan yang indah dan bervariasi memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Latih burung dengan variasi kicauan dan berikan pujian serta hadiah sebagai bentuk penguatan positif.

Promosi dan Pemasaran yang Efektif

Lakukan promosi dan pemasaran yang efektif untuk meningkatkan nilai jual burung kenari lokal Anda. Manfaatkan media sosial, forum online, atau platform jual-beli burung untuk memperkenalkan burung kenari lokal Anda. Berikan informasi yang lengkap mengenai burung, termasuk usia, jenis, kualitas buru, dan prestasi yang telah diraih.

Mengikuti Lomba Burung

Mengikuti lomba burung dengan burung kenari lokal Anda dapat meningkatkan nilai jualnya. Jika burung memiliki prestasi yang baik dalam lomba, hal ini akan menjadi nilai tambah dalam penjualan. Pilihlah lomba yang sesuai dengan kemampuan burung dan berikan perawatan dan persiapan yang baik sebelum mengikuti lomba.

Perluas Jaringan dan Koneksi

Perluas jaringan dan koneksi dalam dunia burung kenari lokal. Bergabunglah dengan komunitas pecinta burung kenari lokal, hadiri pameran burung, dan ikuti acara-acara terkait burung kenari. Dengan memiliki jaringan yang luas, Anda dapat menjalin kerjasama dengan peternak atau kolektor burung kenari lokal lainnya, serta mendapatkan informasi tentang pasar dan tren terkini dalam bisnis burung kenari lokal.

Peningkatan Kualitas Burung

Teruslah berupaya untuk meningkatkan kualitas burung kenari lokal Anda. Lakukan pemilihan pasangan yang tepat dalam breeding, perhatikan aspek genetik dan kualitas suara dalam seleksi, serta berikan perawatan yang optimal pada burung dan anak-anaknya. Dengan memiliki burung kenari lokal berkualitas, nilai jual burung Anda akan meningkat.

Pelayanan Pelanggan yang Baik

Jaga hubungan baik dengan para pelanggan Anda dengan memberikan pelayanan pelanggan yang baik. Tanggapi pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan cepat dan ramah. Berikan saran dan tips kepada pelanggan untuk merawat dan memelihara burung kenari lokal dengan baik. Dengan memberikan pengalaman positif kepada pelanggan, mereka akan merekomendasikan Anda kepada orang lain dan meningkatkan penjualan burung kenari lokal Anda.

Inovasi dan Kreativitas

Tetaplah inovatif dan kreatif dalam bisnis burung kenari lokal. Cari cara untuk membedakan produk Anda dari pesaing, baik itu melalui penawaran kualitas yang lebih baik, layanan yang unik, atau produk-produk pendukung seperti makanan atau peralatan burung. Berpikir di luar kotak dan teruslah mencari cara untuk meningkatkan nilai jual burung kenari lokal Anda.

Secara keseluruhan, harga burung kenari lokal dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Namun, dengan pengetahuan yang tepat, perawatan yang baik, dan strategi pemasaran yang efektif, Anda dapat meningkatkan nilai jual burung kenari lokal Anda. Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis burung kenari lokal dan nikmati kesuksesan dalam dunia perburungan!

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar