Beranda > Ensiklopedia Burung > jenis burung cekakak yang tersebar di indonesia

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

jenis burung cekakak yang tersebar di indonesia

jenis burung cekakak yang tersebar di indonesia

Selamat datang di blog kami! Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang berbagai jenis burung cekakak yang dapat ditemukan di Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk keragaman jenis burung yang tersebar di seluruh negara ini.

Apakah Anda seorang pecinta burung atau hanya ingin mengetahui lebih banyak tentang burung cekakak yang ada di Indonesia, artikel ini akan memberikan informasi yang lengkap dan komprehensif. Kami akan menggali setiap spesies secara rinci, memberikan deskripsi, habitat, dan beberapa fakta menarik tentang burung-burung cekakak yang menawan ini.

Cekakak Jawa (Garrulax rufifrons)

Cekakak Jawa adalah salah satu jenis burung cekakak yang endemik di pulau Jawa. Burung ini memiliki bulu berwarna cokelat tua dengan bagian bawah tubuh berwarna putih. Habitat alami cekakak Jawa adalah di hutan pegunungan yang lebat. Mereka sering terlihat berkelompok dan memiliki suara kicauan yang unik.

Deskripsi

Cekakak Jawa memiliki ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 25 cm. Bulu tubuhnya yang berwarna cokelat tua memberikan penampilan yang elegan. Bagian bawah tubuhnya, termasuk dada dan perut, berwarna putih yang kontras dengan bulu cokelat. Mereka memiliki paruh yang kuat dan kaki yang kokoh.

Habitat

Cekakak Jawa dapat ditemukan di hutan pegunungan yang lebat di pulau Jawa. Mereka lebih sering berada di ketinggian antara 500 hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Mereka juga dapat ditemukan di taman nasional dan kawasan konservasi alam yang memiliki hutan yang lebat.

Fakta Menarik

– Cekakak Jawa termasuk jenis burung omnivora, yang berarti mereka memakan berbagai jenis makanan, termasuk serangga, buah-buahan, dan nektar bunga.

– Suara kicauan cekakak Jawa yang khas sering digambarkan sebagai “kak…kak…kakakak…” yang berulang-ulang.

– Burung cekakak Jawa memiliki kebiasaan berkelompok dan sering terlihat bermain-main dan berinteraksi dengan anggota kelompoknya.

Cekakak Sumatra (Garrulax bicolor)

Cekakak Sumatra adalah burung cekakak yang biasa ditemukan di hutan-hutan Sumatra. Mereka memiliki bulu berwarna hitam dengan garis putih di sepanjang sayap. Habitat alami cekakak Sumatra adalah di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan. Burung ini sering terlihat bergerombol dan mempunyai suara kicauan yang merdu.

Deskripsi

Cekakak Sumatra memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan cekakak Jawa, yaitu sekitar 25 cm. Bulu tubuhnya berwarna hitam dengan garis putih yang mencolok di sepanjang sayap. Mereka memiliki paruh yang tajam dan kuat untuk mencabik makanan.

Habitat

Cekakak Sumatra dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan di Sumatra. Mereka cenderung menghuni hutan-hutan yang lebat dengan vegetasi yang tinggi. Mereka sangat tergantung pada keberadaan habitat yang sesuai untuk mencari makanan dan berkembang biak.

Fakta Menarik

– Cekakak Sumatra termasuk burung yang berkelompok dan sering terlihat bergerombol dalam jumlah yang besar.

– Suara kicauan cekakak Sumatra terdengar merdu dan berulang-ulang, mirip dengan suara peluit.

– Burung ini memiliki kebiasaan memakan berbagai jenis serangga, termasuk ulat, belalang, dan keong.

Cekakak Kalimantan (Garrulax leucolophus)

Cekakak Kalimantan adalah jenis burung cekakak yang banyak ditemukan di hutan-hutan Kalimantan. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat keabu-abuan dengan bagian kepala berwarna putih. Habitat alami cekakak Kalimantan adalah di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan. Mereka memiliki suara kicauan yang nyaring dan sering terlihat bermain dalam kelompok kecil.

Deskripsi

Cekakak Kalimantan memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dari cekakak Jawa dan Sumatra, dengan panjang sekitar 28 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat keabu-abuan dengan bagian kepala berwarna putih yang mencolok. Mereka memiliki ekor yang panjang dan bulu-bulu lebat di sekitar leher.

Habitat

Cekakak Kalimantan dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan di Kalimantan. Mereka lebih sering menghuni hutan dengan vegetasi yang lebat dan rimbun. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar sungai, danau, dan rawa-rawa yang terdapat di hutan-hutan ini.

Fakta Menarik

– Cekakak Kalimantan adalah burung yang tergolong pemakan serangga, seperti belalang, kumbang, dan ulat.

– Suara kicauan cekakak Kalimantan sangat nyaring dan terdengar jelas di tengah hutan yang sepi.

– Burung ini sering terlibat dalam aktivitas sosial, seperti bermain dan berinteraksi dengan anggota kelompoknya.

Cekakak Sulawesi (Garrulax monileger)

Cekakak Sulawesi adalah salah satu jenis burung cekakak yang endemik di pulau Sulawesi. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat dengan garis putih di leher dan dada. Habitat alami cekakak Sulawesi adalah di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan di Sulawesi. Burung ini memiliki suara kicauan yang unik dan sering terlihat bergerombol.

Deskripsi

Cekakak Sulawesi memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, dengan panjang sekitar 20 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat yang gelap dengan garis putih yang mencolok di leher dan dada. Mereka memiliki bentuk tubuh yang ramping dan paruh yang kuat.

Habitat

Cekakak Sulawesi dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan di Sulawesi. Mereka lebih sering menghuni hutan-hutan yang lebat dengan vegetasi yang tinggi. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar danau dan sungai yang terdapat di pulau Sulawesi.

Fakta Menarik

– Cekakak Sulawesi memiliki suara kicauan yang unik dan berbeda dengan jenis burung cekakak lainnya.

– Burung ini sering terlihat berkelompok dan bergerombol dalam jumlah yang besar, terutama saat mencari makanan atau mencari pasangan untuk berkembang biak.

– Cekakak Sulawesi tergolong burung pemakan serangga, seperti belalang, jangkrik, dan ulat.

Cekakak Bali (Garrulax poecilorhynchus)

Cekakak Bali adalah burung cekakak yang dapat ditememukan di pulau Bali. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat dengan bercak putih di kepala dan leher. Habitat alami cekakak Bali adalah di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di Bali. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan sering terlihat bermain dalam kelompok kecil.

Deskripsi

Cekakak Bali memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 22 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat dengan bercak putih yang mencolok di kepala dan leher. Mereka memiliki ekor yang panjang dan paruh yang kuat untuk mencabik makanan.

Habitat

Cekakak Bali dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di Bali. Mereka lebih sering menghuni hutan dengan vegetasi yang lebat dan tumbuhan yang tinggi. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar perkebunan dan kebun-kebun dengan berbagai jenis pohon dan tanaman.

Fakta Menarik

– Cekakak Bali termasuk jenis burung yang memiliki kebiasaan berkelompok dan sering terlihat bermain-main dalam kelompok kecil.

– Suara kicauan cekakak Bali terdengar merdu dan sering digambarkan sebagai serangkaian suara yang berirama dan melodi.

– Burung ini memakan berbagai jenis makanan, termasuk serangga, buah-buahan, dan nektar bunga.

Cekakak Papua (Pterorhinus papuensis)

Cekakak Papua adalah jenis burung cekakak yang dapat ditemukan di Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat tua dengan bercak putih di sekitar mata. Habitat alami cekakak Papua adalah di hutan pegunungan yang lebat. Burung ini memiliki suara kicauan yang khas dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok besar.

Deskripsi

Cekakak Papua memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 24 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat tua dengan bercak putih yang mencolok di sekitar mata. Mereka memiliki paruh yang kuat dan kaki yang kokoh untuk beradaptasi dengan lingkungan hutan yang lebat.

Habitat

Cekakak Papua dapat ditemukan di hutan pegunungan yang lebat di Papua dan pulau-pulau sekitarnya. Mereka lebih sering menghuni hutan-hutan dengan vegetasi yang tinggi dan tumbuhan yang lebat. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar sungai dan daerah rawa yang terdapat di hutan-hutan ini.

Fakta Menarik

– Cekakak Papua termasuk burung yang tergolong pemakan serangga, seperti belalang, ulat, dan kumbang.

– Suara kicauan cekakak Papua memiliki keunikan tersendiri dan sering terdengar dalam serangkaian yang panjang dan bervariasi.

– Burung ini sering terlihat bergerombol dalam kelompok besar, terutama saat mencari makanan atau ketika sedang beristirahat di tengah hutan yang lebat.

Cekakak Maluku (Pterorhinus oorti)

Cekakak Maluku adalah burung cekakak yang endemik di Kepulauan Maluku. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat dengan bercak putih di sekitar leher. Habitat alami cekakak Maluku adalah di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di Maluku. Burung ini memiliki suara kicauan yang indah dan sering terlihat bermain dalam kelompok kecil.

Deskripsi

Cekakak Maluku memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 23 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat dengan bercak putih yang mencolok di sekitar leher. Mereka memiliki paruh yang kuat dan ekor yang panjang.

Habitat

Cekakak Maluku dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di Kepulauan Maluku. Mereka lebih sering menghuni hutan-hutan yang lebat dengan tumbuhan yang tinggi dan beragam. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar pantai dan perairan yang terdapat di Kepulauan Maluku.

Fakta Menarik

– Cekakak Maluku termasuk jenis burung yang sering terlihat bermain-main dan berinteraksi dalam kelompok kecil.

– Suara kicauan cekakak Maluku memiliki variasi yang indah dan sering terdengar seperti serangkaian melodi yang harmonis.

– Burung ini memakan berbagai jenis makanan, termasuk serangga, buah-buahan, dan biji-bijian.

Cekakak Nusa Tenggara (Pterorhinus hypoleucus)

Cekakak Nusa Tenggara adalah jenis burung cekakak yang dapat ditemukan di kepulauan Nusa Tenggara. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat dengan bercak putih di bagian bawah tubuh. Habitat alami cekakak Nusa Tenggara adalah di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan. Burung ini memiliki suara kicauan yang khas dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok kecil.

Deskripsi

Cekakak Nusa Tenggara memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan cekakak Jawa, yaitu sekitar 25 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat dengan bercak putih yang mencolok di bagian bawah tubuh. Mereka memiliki paruh yang tajam dan kaki yang kokoh.

Habitat

Cekakak Nusa Tenggara dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di kepulauan Nusa Tenggara. Mereka lebih sering menghuni hutan-hutan dengan vegetasi yang lebat dan tumbuhan yang tinggi. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar danau dan sungai yang terdapat di kepulauan Nusa Tenggara.

Fakta Menarik

– Cekakak Nusa Tenggara termasuk burung yang sering terlihat bergerombol dalam kelompok kecil, terutama saat mencari makanan atau ketika sedang beristirahat di tengah hutan.

– Suara kicauan cekakak Nusa Tenggara memiliki pola yang khas dan sering terdengar seperti serangkaian suara yang berulang-ulang.

– Burung ini memiliki kebiasaan makan yang bervariasi, termasuk memakan serangga, buah-buahan, dan nektar bunga.

Cekakak Kalimantan Timur (Pterorhinus naso)

Cekakak Kalimantan Timur adalah burung cekakak yang banyak ditemukan di hutan-hutan Kalimantan Timur. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat tua dengan bercak putih di sekitar hidung. Habitat alami cekakak Kalimantan Timur adalah di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan. Burung ini memiliki suara kicauan yang nyaring dan sering terlihat bermain dalam kelompok kecil.

Deskripsi

Cekakak Kalimantan Timur memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan cekakak Jawa dan Sumatra, yaitu sekitar 25 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat tua dengan bercak putih yang mencolok di sekitar hidung. Mereka memilikiparuh yang kuat dan kaki yang kokoh untuk beradaptasi dengan lingkungan hutan yang lebat di Kalimantan Timur.

Habitat

Cekakak Kalimantan Timur dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan hutan pegunungan di Kalimantan Timur. Mereka cenderung menghuni hutan-hutan dengan vegetasi yang lebat dan tumbuhan yang tinggi. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar sungai, danau, dan rawa-rawa yang terdapat di hutan-hutan ini.

Fakta Menarik

– Cekakak Kalimantan Timur termasuk jenis burung yang memiliki suara kicauan yang nyaring dan sering terdengar jelas di tengah hutan yang sepi.

– Burung ini sering terlihat bermain-main dan berinteraksi dalam kelompok kecil, terutama saat mencari makanan atau ketika sedang beristirahat di tengah hutan yang lebat.

– Cekakak Kalimantan Timur adalah burung pemakan serangga yang juga memakan berbagai jenis buah-buahan dan biji-bijian.

Cekakak Flores (Pterorhinus floris)

Cekakak Flores adalah jenis burung cekakak yang dapat ditemukan di pulau Flores. Mereka memiliki bulu berwarna cokelat dengan bercak putih di sekitar mata. Habitat alami cekakak Flores adalah di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di Flores. Burung ini memiliki suara kicauan yang indah dan sering terlihat bergerombol dalam kelompok kecil.

Deskripsi

Cekakak Flores memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 22 cm. Bulu tubuhnya berwarna cokelat dengan bercak putih yang mencolok di sekitar mata. Mereka memiliki paruh yang kuat dan kaki yang kokoh untuk beradaptasi dengan lingkungan hutan yang lebat di Flores.

Habitat

Cekakak Flores dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan daerah pegunungan di Flores. Mereka lebih sering menghuni hutan-hutan dengan vegetasi yang lebat dan tumbuhan yang tinggi. Mereka juga dapat ditemukan di sekitar perkebunan dan kebun-kebun dengan berbagai jenis pohon dan tanaman.

Fakta Menarik

– Cekakak Flores adalah burung yang sering terlihat bergerombol dalam kelompok kecil, terutama saat mencari makanan atau ketika sedang beristirahat di tengah hutan yang lebat.

– Suara kicauan cekakak Flores memiliki keindahan tersendiri dan sering terdengar seperti serangkaian melodi yang harmonis.

– Burung ini memiliki kebiasaan makan yang bervariasi, termasuk memakan serangga, buah-buahan, dan nektar bunga.

Dalam artikel ini, kami telah membahas sepuluh jenis burung cekakak yang tersebar di Indonesia. Setiap spesies memiliki keunikan dan keindahan sendiri. Dengan mempelajari jenis-jenis burung cekakak ini, kita dapat lebih menghargai keanekaragaman hayati Indonesia dan menjaga kelestariannya. Penting bagi kita untuk melindungi habitat alami burung-burung ini dan menghormati keberadaan mereka di alam.

Dalam perjalanan Anda untuk menemukan dan mengamati burung cekakak di Indonesia, pastikan untuk menghormati lingkungan mereka dan tidak mengganggu kehidupan liar. Selalu ingat untuk tidak mengganggu sarang atau mengambil burung dari alam liar. Jika Anda ingin mengamati burung cekakak, ada banyak tempat konservasi dan taman nasional di Indonesia yang dapat Anda kunjungi.

Selain itu, penting juga untuk mengedukasi orang lain tentang pentingnya menjaga kelestarian burung-burung ini. Dengan membagikan pengetahuan dan kesadaran tentang burung cekakak kepada teman, keluarga, dan komunitas lokal, kita dapat bersama-sama melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia.

Dalam kesimpulan, Indonesia adalah rumah bagi berbagai jenis burung cekakak yang menakjubkan. Dalam artikel ini, kami telah memberikan informasi komprehensif tentang sepuluh jenis burung cekakak yang tersebar di Indonesia, mulai dari Jawa hingga Papua. Dengan menjaga habitat alaminya dan menghormati keberadaan mereka, kita dapat memastikan bahwa burung cekakak terus berkembang dan hidup harmonis di alam liar. Mari bersama-sama menjaga keindahan dan keanekaragaman hayati Indonesia untuk generasi mendatang.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar