Beranda > Makanan Burung > Jenis Makanan Burung Cucak Ijo Terbaik Agar Gacor

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Jenis Makanan Burung Cucak Ijo Terbaik Agar Gacor

Makanan Burung Cucak Ijo – Agar bisa tumbuh dengan baik hingga gacor atau sering berkicau, terdapat beberapa makanan burung cucak ijo yang perlu Anda berikan. Rekomendasinya yang akan dijelaskan pada artikel ini,  maka dari itu baca pembahasannya hingga akhir ya!

Jenis Makanan Burung Cucak Ijo

Ada banyak sekali jenis burung yang diikutkan dalam perlombaan gantangan atau berkicau. Salah satu burung tersebut adalah burung cucak ijo yang menjadi favorit bagi penggemar burung kicauan atau kicau mania.

Burung cucak ijo mempunyai suara yang merdu sehingga bisa menurunkan kicauan burung lain. Warna bulunya dominan hijau dan aksen hitam sehingga terlihat sangat cantik dan unik. Tidak hanya dijadikan sebagai burung kicau, tetapi juga burung hias yang patut dibanggakan.

Burung ini biasa disebut sebagai cica daun besar dan dikenal sebagai burung murai daun atau dalam bahasa Inggris adalah greater green leafbird.

Makanan Burung Cucak Ijo
Makanan Burung Cucak Ijo

Mereka mempunyai nama ilmiah cloropsieidae sonnerati serta tergabung dalam famili chloropseidae. Burung yang berkerapat dekat dengan burung cipoh ini memerlukan makanan khusus agar gacor. Beberapa diantaranya akan dijelaskan pada poin selanjutnya.

Makanan Burung Cucak Ijo untuk Lomba

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa burung cucak ijo mempunyai banyak kicauan dan dijadikan sebagai anggota perlombaan gantangan. Agar bisa mendapatkan kicauan yang maksimal, Anda sebagai pemelihara perlu memilih makanan yang terbaik dan berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi variasi makanan untuk burung cucak ijo agar bisa gacor, antara lain:

Buah-buahan

Habitat alaminya ada di pepohonan dan salah satu makanan favorit burung cucak ijo adalah buah-buahan terlebih yang mempunyai asupan vitamin tinggi sehingga bisa mendukung tumbuh kembang dan kesehatan mereka.

Secara umum, burung ini akan langsung menelan utuh buah-buahan yang berukuran kecil, seperti beri atau ccri. Namun, jika Anda sebagai pemelihara merasa kesusahan untuk mendapatkan makanan tersebut, maka gantikan dengan jenis buah lainnya, seperti apel, melon, pisang, apa jeruk, pepaya, pir, dan lain sebagainya.

Burung cucak ijo akan memakan buah-buahan tersebut dengan cara menancapkan paruh mereka kemudian membiarkan sari buah masuk ke dalam mulut.

Nektar

Selain air minum yang harus disiapkan di kandang secara berkala dalam keadaan bersih, burung cucak ijo juga membutuhkan cairan nektar sama halnya ketika mereka sedang berada di alam liar.

Hal ini ditandai dengan bentuk paruh cucak ijo yang lancip, panjang, dan bengkok yang berfungsi untuk menghisap nektar pada bunga. Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan nektar, maka gantikanlah dengan cairan alternatif, yaitu larutan air gula atau madu dengan perbandingan 1:4.

Sayuran

Beberapa jenis sayuran hijau, seperti sawi dan selada yang bisa Anda masukkan ke dalam pakan harian burung cucak ijo dalam kondisi yang masih segar.

Mengapa harus diberikan ketika kondisi masih segar? Hal ini dikarenakan sayuran yang masih segar mempunyai kadar kandungan air yang cukup tinggi sehingga bisa menjaga tubuh burung cucak ijo agar terhidrasi dengan baik dan mampu mengeluarkan banyak kicauan.

Selain itu Anda juga bisa memberikan mentimun atau tomat. Cara pemberian sayuran pada burung ini adalah dengan mencucinya terlebih dahulu kemudian potong-potong menjadi ukuran yang kecil agar mereka lebih mudah untuk mengonsumsinya.

Serangga

Selain buah-buahan, di alam liar burung cucak ijo juga mengkonsumsi serangga sebagai pakan tambahan. Manfaat mengkonsumsi serangga bagi burung ini adalah bisa meningkatkan stamina dan memancing burung agar kacau atau berkicau secara terus-menerus.

Namun, Anda jangan sampai memberikan banyak serangga pada mereka karena itu akan menyebabkan masalah kesehatan apalagi serangga sendiri mempunyai kandungan lemak yang cukup tinggi.

Beberapa pilihan serangga yang paling umum untuk dijadikan sebagai makanan pendamping pada burung cucak ijo adalah jangkrik, ulat bambu, ulat Hongkong, dan kroto.

Voer

Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi burung cucak ijo dengan memberikan makanan berupa voer. Jenis makanan ini termasuk tahan lama dan bisa disimpan dengan mudah karena berbentuk kering.

Anda bisa memberikan voer ini ketika masih anakan karena membiasakan mereka untuk makan voer jika sudah dewasa adalah hal yang cukup sulit karena perlu adanya proses adaptasi.

Makanan Burung Cucak Ijo Mini atau Anakan

Ada banyak pemelihara yang memilih untuk merawat burung cucak ijo sejak masih anakan atau piyik. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan atau melatih mereka agar berkicau dengan merdu dan sering. Selain itu adapun beberapa makanan khusus yang perlu diberikan antara lain:

Mangga

Makanan pertama yang cocok sebagai lolohan pada burung cucak ijo adalah buah mangga. Buah ini mempunyai tekstur yang lembut sehingga cocok untuk diberikan pada anakan dan lebih mudah dicerna.

Selain itu, mangga sendiri mempunyai rasa manis sehingga cocok untuk burung cucak ijo yang senang dengan nektar. Cara pemberiannya adalah bersihkan terlebih dahulu buah mangga kemudian kupas dan potong-potong sesuai dengan ukuran burung cucak.

Mengkudu

Kemudian ada buah mengkudu yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya digunakan sebagai pengobatan pada manusia, ternyata buah mengkudu ini mempunyai banyak manfaat agar burung cucak ijo bisa gacor atau lebih banyak mengeluarkan kicauan merdunya.

Cara pemberian buah mengkudu pada burung kecil ini adalah dengan membersihkan buah yang sudah matang kemudian pisahkan dengan bijinya dan berikanlah daging lembut tersebut pada anakan. Selain itu, Anda juga bisa memberikannya berupa air rebusan buah mengkudu dan dijadikan sebagai minuman sehat.

Pepaya

Pepaya adalah salah satu makanan favorit para burung termasuk burung cucak ijo. Hal ini dikarenakan buah pepaya sendiri bisa ditemukan dengan mudah dan mempunyai rasa yang sangat enak.

Teksturnya yang lembut sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai bahan lolohan anakan burung. Tidak hanya berguna untuk menjadikan burung lebih gacor, buah pepaya ini juga bisa melancarkan pencernaan mereka.

Cara penyajiannya adalah bersihkan buah pepaya terlebih dahulu kemudian kupas dan ambil bijinya. Haluskan buah pepaya hingga menjadi bubur agar lebih mudah dicerna oleh anakan.

Pisang

Buah pisang tidak hanya menjadi favorit banyak orang, tetapi juga burung pemakan buah. Hal ini dikarenakan pisang mempunyai rasa yang enak dan tekstur lembut sehingga mudah untuk mereka cerna.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan burung cucak ijo anakan makanan berupa pisang. Salah satu jenis buah pisang yang bisa Anda berikan adalah pisang kepok.

Cara pemberiannya adalah kupas buah pisang kemudian ambil daging dan haluskan agar lebih mudah untuk dicerna anakan. Lalu suap atau lolohkan buah tersebut pada mulut mereka.

Memelihara burung adalah salah satu aktivitas yang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan mereka membutuhkan banyak perhatian, salah satunya dalam hal makanan. Terdapat banyak makanan burung cucak ijo yang perlu Anda perhatikan agar mereka bisa gacor. Selain itu, perhatikan pula jumlah makanan yang sesuai.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar