Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Falk

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Falk

Makanan burung Falk atau Parkit Australia sebagian besar terdiri dari biji-bijian, buah, bunga dan sayuran.

Ketika burung Falk berada di alam bebas, mereka sangat bergantung kepada biji-bijian yang tinggi akan lemak dan karbohidrat bahkan kerap memakan padi dan jagung milik petani.

Namun pemberian biji-bijian yang berlebihan kepada burung Falk atau Parkit Australi ini dapat berdampak buruk jika sebagian besar hidupnya dihabiskan hanya untuk bertengger di dalam kandang, mengapa demikian? berikut ini penjelasannya:

Makanan Burung Falk Parkit Australia

Jagung Merupakan Salah Satu Makanan Burung Falk Parkit Australia
Jagung Merupakan Salah Satu Makanan Burung Falk Parkit Australia
  1. Biji: Biji Kenari, Biji Millet, Kuaci (Biji Bunga Matahari) dan Biji Safflower.
  2. Buah: Apel, Pisang, Blubbery, Melon, Kelapa, Anggur, Kiwi, Mangga, Jeruk, Pepaya, Pir, Nanas, Buah Delima, Labu, Raspberry dan Strawberry.
  3. Sayur: Brokoli, Kubis, Wortel, Pakcoy, Jagung, Timun, Kangkung, Bayam, Kacang Polong, Paprika, Kentang, Sawi, Kecambah, Ubi dan Tomat.

Biji millet dan kuaci adalah makanan favorit burung Falk, namun karena kedua jenis biji-bijian tersebut mengandung banyak sekali lemak dengan nutrisi yang sangat rendah, burung Falk yang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk berdiam diri di dalam kandang akan mengalami obesitas disertai penyakit lain karena mal nutrisi.

Berbeda ketika burung Falk berada di habitat aslinya, mereka membutuhkan banyak sekali biji-bijian karena mereka terbang ke sana ke mari hingga menghindari predator di mana kegiatan tersebut sangat menguras energi mereka.

Untuk burung Falk atau Parkit Australia yang sudah dipelihara dan jarang terbang di luar kandang, berikut ini komposisi pakan yang direkomendasikan untuk menunjang kesehatan burung:

  • 1 s.d 2 Sendok makan biji-bijian.
  • Sayur & Buah-buahan
  • Pakan Pelet Khusus Burung Paruh Bengkok

Dokter hewan biasanya merekomendasikan 75 s.d 80 % dari total pakan burung Falk harian dalam bentuk pelet dan 20 s.d 25 % sisanya adalah campuran sayur dan buah segar.

Biji-bijian biasanya digunakan hanya sebagai makanan tambahan saja atau makanan hadiah misalnya ketika burung sedang dilatih untuk free fly atau fly to me maka bisa diberi hadiah berupa biji-bijian.

Pakan dalam bentuk Pelet mengandung nutrisi esensial yang sangat diperlukan burung Falk atau Parkit Australia agar hidup dengan sehat dan bahagia.

Berbeda jika burung hanya diberikan biji-bijian saja maka usia hidup burung biasanya akan sangat singkat karena rentan mengalami penyakit yang disebabkan oleh kegemukan dan mal nutrisi.

Makanan Burung Falk Cepat Bertelur

Makanan Untuk Burung Falk Parkit Australia Yang Sedang Bertelur
Makanan Untuk Burung Falk / Parkit Australia Yang Sedang Bertelur

Ketika burung Falk atau Parkit Australi sedang atau ingin cepat bertelur, maka ada racikan pakan burung falk yang bisa kamu coba sendiri dirumah yaitu:

  1. Roti gandum yang dipotong dadu.
  2. Telur ayam rebus dengan cangkangnya.
  3. Bubur bayi dan sereal yang mengandung protein tinggi (gunakan produk organik tanpa pengawet dan perasa buatan)
  4. Nasi putih.
  5. Oatmeal.

Ke lima bahan makanan burung falk di atas bisa membantu kesehatan burung ketika hendak bertelur.

Kamu bisa mulai memberikan makanan diatas selama proses bertelur atau masih dalam masa kawin dengan dibarengi pemberian sayur dan buah-buahan segar setiap hari.

Suplemen kalsium seperti tulang sotong kering atau bubuk cangkang telur harus kamu sediakan ketika burung betina sedang proses kawin agar nanti ketika bertelur, telur yang dihasilkan memiliki cangkang sempurna dan mudah dikeluarkan oleh indukan.

Makanan Burung Falk Anakan (Lolohan)

Makanan Burung Falk Anakan Diberikan Melalui Suntikan Dan Selalu Periksa Temboloknya Jangan Sampai Terlalu Penuh Atau Telat Terisi
Makanan Burung Falk Anakan Diberikan Melalui Suntikan Dan Selalu Periksa Temboloknya Jangan Sampai Terlalu Penuh Atau Telat Terisi

Jenis makanan yang bisa digunakan untuk meloloh Burung Falk Anakan:

  1. Kaytee Exact
  2. Nutribird A19 atau A21
  3. Bubur untuk bayi dengan bahan organik yang ada di swalayan.

Ketika menggunakan bubur untuk bayi, pastikan tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan dan pengawet. Hindari juga menggunakan bubur bayi yang mengandung: Alpukat, Cokelat, Bawang Merah, Bawang Putih, Jamur, Madu, dan Garam karena bisa beracun bagi burung Falk atau Parkit Australia.

Kamu juga bisa membuat bubur sendiri untuk lolohan burung Falk anakan dengan cara melembutkan selembar roti gandum dalam air hangat lalu tambahkan telur rebus aduk hingga menyerupai bubur lalu suapi anakan burung dengan menggunakan sendok khusus atau suntikan secara perlahan.

Dosis Makan Burung Falk Anakan

Usia 1 s.d 7 Hari

Burung Falk pada usia 1 s.d 7 hari sebaiknya disuapi atau diurus oleh indukannya, namun apabila diharuskan untuk meloloh maka kamu harus melolohnya setiap 2 jam sekali setiap hari mulai dari pukul 6 pagi hingga tengah malam.

Dosis yang diberikan biasanya 1 ml bubur lolohan yang nanti bisa ditingkatkan menjadi 2 ml pada hari ke 4 dan 3 ml pada hari ke 7.

Usia 2 s.d 3 Minggu

Setelah memasuki usia 2 minggu, anakan burung Falk harus makan setiap 3 jam sekali pada 1 hari mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 10 malam.

Dosis yang diberikan sudah harus ditingkatkan menjadi 4 s.d 5 ml sekali makan.

Usia 3 s.d 4 Minggu

Pada usia anakan burung Falk 3 s.d 4 minggu kekentalan bubur sudah bisa ditingkatkan dan burung makan setiap 4 atau 5 jam sekali dengan takaran 6 ml.

Sebelum pemberian pakan, pastikan tembolok burung sudah dalam keadaan kosong biasanya setelah 4 jam. Jika tembolok tidak kunjung kosong setelah 4 jam maka burung kemungkinan memiliki gangguan pada pencernaannya.

Usia 4 s.d 5 Minggu

Ketika usia burung sudah melewati 1 bulan, pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 8 ml.

Ketika usia sudah menginjak 5 minggu, sediakan juga pakan seperti telur rebus, roti gandum dan biskuit tawar yang dicampurkan ke dalam sebuah wadah untuk ditaruh di dekat burung agar mereka belajar makan sendiri.

Usia 6 s.d 7 Minggu

Ketika sudah memasuki usia 6 minggu sampai menjelang 2 bulan, burung seharusnya sudah bisa makan sendiri.

Sediakan biji millet, biji kuaci, sayuran dan buah-buahan pada kandang burung untuk merangsang insting mencari makan burung anakan.[1]

Selalu pantau apakah burung mau makan dan sudah bisa makan sendiri atau belum, jika belum kamu bisa mendekatkan burung tersebut dengan burung lain yang sudah makan biji, sayur dan buah-buahan secara mandiri agar mereka bisa menirunya.

Rujukan

[1] – Protocols for the hand-raising and care of cockatiels (Nymphicus hollandicus) – Corina Gardner, Rehabber’s Den

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar