Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Hantu

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Hantu

Makanan Burung Hantu adalah hewan lain mulai dari serangga seperti ngengat atau kumbang hingga hewan besar seperti elang. Beberapa spesies burung hantu seperti Beluk ketupa sebagian besar makanannya berupa ikan sedangkan ketika dipelihara biasanya burung hantu diberi makan tikus dan anak ayam.

Setiap jenis Burung Hantu memiliki kebiasaan makan yang berbeda tergantung habitat aslinya, untuk itu sangat penting untuk mengetahui makanan burung hantu sesuai dengan jenis dan habitatnya.

Jika kamu memiliki peliharaan burung hantu baik yang masih kecil (Brancher) maupun yang sudah dewasa silahkan ikuti panduan berikut ini:

Makanan Burung Hantu Celepuk Reban

Makanan Burung Hantu Celepuk Reban
Burung Hantu Celepuk Reban

Burung Hantu Celepuk Reban atau Celepuk Sunda yang dalam dunia Internasional dikenal dengan sebutan Sunda scops owl (Otus lempiji) sebagian besar makanannya adalah serangga , namun burung ini juga kerap memakan tikus kecil, burung-burung kecil dan kadal.

Berapa kali burung hantu celepuk makan?

Burung hantu celepuk maupun burung hantu jenis lainnya biasanya makan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari tergantung usia dan ukuran tubuhnya. Porsi makannya juga diatur setidaknya jumlah makanan burung hantu dalam 1 hari mencapai 10% dari bobot tubuhnya atau rata-rata 60 gram per hari.

Makanan Burung Hantu Tyto Alba / Serak Jawa

Makanan Burung Hantu Tyto Alba Serak Jawa
Burung Hantu Tyto Alba atau Serak Jawa Sedang Memakan Tikus Putih

Makanan burung Barn Owl (Tyto Alba) atau masyarakat indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan serak jawa dan celepuk gudang hampir 90% berupa tikus dan mamalia kecil lainnya.

Burung Hantu Tyto Alban juga bisa memakan kadal, katak, kodok, salamander, sesilia, dan serangga.

Apakah Tyto alba bisa makan ikan?

Karena burung hantu pada umumnya akan memakan apa saja mangsa yang bisa dia makan, maka pemberian ikan bisa dilakukan namun ikan harus dalam kondisi segar dan sudah diambil tulang dan durinya.

Apakah Tyto alba makan jangkrik?

Meskipun 90 persen dari pola makan Burung Hantu Tyto Alba adalah memakan tikus dan mamalia kecil lainnya, namun burung ini juga kerap memakan serangga termasuk jangkrik.

Makanan Burung Hantu Tyto Alba Anakan

Makanan Anak Burung Hantu Tyto Alba adalah tikus mati dan anak ayam mati. Jika ukuran tikus atau anak ayam terlalu besar kamu bisa memotong-motongnya terlebih dahulu agar lebih mudah dimakan oleh Burung Hantu Tyto Alba Anakan.[1]

Bayi burung hantu makan apa?

Bayi burung hantu atau anakan memiliki pola makan yang sama dengan Indukan nya namun jika kamu ingin menyuapinya (hand feeding) pastikan pakan yang diberikan sudah dalam ukuran yang kecil sesuai dengan ukuran tubuh dan paruh burung hantu anakan.

Makanan Burung Hantu Paruh Kodok

Makanan Burung Hantu Paruh Kodok Frogmouth
Burung Hantu Paruh Kodok Sedang Diberikan Makanan

Burung Hantu Paruh Kodok atau Frogmouth biasanya terdiri dari serangga seperti kumbang, kupu-kupu, ngengat, belalang, tonggeret, cocopet, kecoa, ulat dan moluska kecil seperti siput.[2]

Makanan Burung Hantu Obay

Burung Hantu Obay Oriental Bay Owl
Burung Hantu Obay (Oriental Bay Owl)

Makanan Burung Hantu Oriental Bay Owl atau orang Indonesia kerap menyebutnya dengan sebutan Burung Hantu Obay dan Serak Bukit adalah tikus kecil, kelelawar, burung, ular, katak, kadal, kumbang, belalang dan laba-laba.[3]

Burung hantu minum apa?

Burung hantu sangat jarang minum Air karena mereka mendapatkan asupan cairan dari makanan yang mereka makan. Setiap 1 gram lemak yang burung hantu makan akan dicerna dan menghasilkan 1.1 gram air.[6]

Makanan Burung Hantu Buffy Fish Owl

Burung Hantu Buffy Fish Ow Muda
Burung Hantu Buffy Fish Ow Muda

Di habitat aslinya, makanan Burung Hantu Buffy Fish Owl atau Beluk ketupa adalah ikan, kepiting, katak, reptil kecil, burung dan bangkai.[4]

Burung ini saat diteliti kandungan isi didalam perutnya terdapat bagian tubuh dari buaya air tawar berukuran kecil dan musang.

Makanan Burung Hantu Bubo Sumatranus

Burung Hantu Bubo Sumatranus
Burung Hantu Bubo Sumatranus

Makanan Burung Hantu Bubo Sumatranus atau biasa disebut Beluk Jampuk dan Burung hantu elang adalah Belalang, kumbang, burung, tikus kecil, reptil seperti kadal, ular.[5]

Ketika dipelihara biasanya burung Hantu Bubo Sumatranus memakan daging ikan segar, burung dan mamalia kecil yang sudah mati.

Pertanyaan Terkait Makanan Burung Hantu

Apakah burung hantu makan buah-buahan?

Sebagai burung pemangsa, burung Hantu memiliki kebiasaan makan karnivora yang hanya memakan tikus kecil, reptil, binatang amfibi, burung dan serangga. Di habitat aslinya sangat jarang ditemui burung Hantu yang memakan buah-buahan.

Rujukan

[1] – Feeding Barn Owls – The Barn Owl Trust

[2] – Buku Nightjars: A Guide to Nightjars and related birds, Ditulis Oleh Nigel Cleere 1998

[3] – Oriental Bay Owl ~ Phodilus badius, The Owl Pages

[4] – Holt, D. W., R. Berkley, C. Deppe, P. L. Enríquez, J. L. Petersen, J. L. Rangel Salazar, K. P. Segars, K. L. Wood, and J. S. Marks (2020). Buffy Fish-Owl (Ketupa ketupu), version 1.0. In Birds of the World (J. del Hoyo, A. Elliott, J. Sargatal, D. A. Christie, and E. de Juana, Editors). Cornell Lab of Ornithology, Ithaca, NY, USA. https://doi.org/10.2173/bow.bufowl2.01

[5] – König, Claus; Weick, Friedhelm (2008). Owls of the World (Edisi ke dua). London: Christopher Helm. ISBN 9781408108840.

[6] – Bird Cams FAQ: Great Horned Owl Nest – All About Birds, The Cornell Lab

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar