Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Kenari

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Kenari

Makanan Burung Kenari pada umumnya didominasi dengan biji-bijian, sayur, buah dan sedikit serangga untuk asupan protein.

Namun ketika kamu ingin burung kenari agar cepat gacor, agar cepat gemuk atau agar cepat kawin, maka jenis makanan untuk burung kenari harus disesuaikan agar asupan nutrisinya sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini beberapa jenis makanan burung kenari sesuai dengan peruntukannya, apakah untuk kualitas kicauan, penggemukan atau birahi:

Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor

Agar burung kenari tidak malas berkicau, pemberian makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi harus dikurangi.

Jika burung kenari banyak mengonsumsi lemak maka akan mengalami kegemukan sehingga menyebabkan burung kenari malas berkicau.[1]

Kurangi pemberian canary seed dan biji sawi dan perbanyak biji-bijian rendah lemak dan juga makanan lain seperti berikut ini:

1. Niger Seed

Biji Niger - Niger Seed
Biji Niger – Niger Seed

Biji Niger kaya akan kandungan minyak dan nutrisi tinggi, menjadikannya makanan yang luar biasa untuk burung kenari sepanjang tahun agar cepat gacor. Jumlah protein yang tinggi juga dapat membantu regenerasi bulu saat molting sepanjang tahun.

Keunggulan lain dari Niger Seed adalah efek menghangatkan yang cocok untuk digunakan pada musim hujan meskipun kadar lemak nya rendah.

2. Jewawut

Jawawut
Jawawut

Burung Kenari pada dasarnya tidak begitu menyukai biji jewawut karena struktur bijinya yang keras, sehingga burung kenari sulit untuk mencernanya.

Akan tetapi Biji jewawut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu 63,2% jadi meski burung hanya memakan biji ini dalam jumlah sedikit, kebutuhan karbohidratnya bisa sedikit tercukupi tanpa harus membuat burung kenari kegemukan sehingga malas berkicau.

3. Biji Sawi

Biji Sawi
Biji Sawi

Burung Kenari muda sangat menyukai biji sawi, dan menjadi salah satu biji favorit yang selalu ada dalam makanan burung kenari agar cepat gacor.

Karena kandungan lemak biji sawi ini sangat rendah (0,3%), biji sawi bisa dijadikan salah satu campuran biji-bijian utama jika burung kenari terlalu banyak makan lemak, sehingga burung akan menjadi gemuk dan tidak bisa berkicau.

4. Millet

Biji Millet
Biji Millet

Millet adalah biji bulat kecil, biasanya berwarna putih, kuning atau merah. Kelebihan Biji Ini adalah rendah lemak dan tinggi karbohidrat, membuatnya mirip dengan roti untuk manusia.

5. Sawi Hijau

Sawi Hijau Sangat Baik Untuk Dijadikan Sebagai Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor Karena Mencegah Obesitas
Sawi Hijau Sangat Baik Untuk Dijadikan Sebagai Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gacor Karena Mencegah Obesitas

Tujuan pemberian sawi pada makanan untuk burung kenari adalah untuk membantu pencernaan.

Karena sawi kaya akan fitonutrien, mereka membantu pencernaan burung kenari agar berjalan lancar.

Khasiat sawi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu burung menurunkan berat badan karena Daun sawi rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi serat, membuatnya ideal untuk menurunkan berat badan.

6. Oyong

Oyong Merupakan Makanan Burung Kenari Tinggi Akan Serat
Oyong Merupakan Makanan Burung Kenari Tinggi Akan Serat

Oyong merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang dapat melindungi burung kenari dari serangan radikal bebas.

Oyong juga memiliki kandungan kimia yang dapat membunuh cacing yang bersarang di sistem atau organ pencernaan burung.

Nilai gizi oyong yang tinggi terbukti dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan anak burung kenari dari masa bayi hingga dewasa.

Selain digunakan untuk mencegah kegemukan pada burung kenari, oyong juga mengandung vitamin A yang membantu memperkuat penglihatan burung.

7. Wortel

Wortel
Wortel

Kenari adalah spesies burung yang menyukai biji-bijian serta vitamin dan sayuran yang kaya mineral.

Akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan kenari jika diberikan pakan bernutrisi tinggi.

Wortel adalah jenis makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan burung kenari. Selain itu, wortel juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

8. Apel

Buah Apel Dapat Membersihkan Tenggorokan Burung Kenari Sehingga Membuat Burung Kenari Gacor
Buah Apel Dapat Membersihkan Tenggorokan Burung Kenari Sehingga Membuat Burung Kenari Gacor

Apel memberikan banyak nilai gizi untuk burung kenari.

Apel memiliki banyak tanin, yang sangat bagus untuk membersihkan area mulut dan tenggorokan burung kenari.

Apel kaya akan mineral, terutama kalsium, yang bermanfaat untuk kepadatan tulang.

Kuersetin yang merupakan zat antioksidan dalam apel juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh kenari karena bertindak sebagai antioksidan.

⚠️ Jangan memberikan apel yang masih ada bijinya kepada burung kenari karena biji apel mengandung racun bagi burung kecil.

9. Pir

Buah Pear
Buah Pear

Pir selain kaya akan vitamin E, K, dan A, serta banyak protein, pir juga salah satu buah kesukaan burung kenari.

Burung Kenari mendapat banyak manfaat dari pir, termasuk meningkatkan sirkulasi darah, kemampuan berkicau, Burung kenari tidak mudah stres, gemuk, atau terserang lemak, dan tubuhnya menjadi segar dan sehat.

10. Jangkrik

Jangkrik Hidup
Jangkrik Hidup

Kenari membutuhkan protein bukan hanya selama musim kawin saja, tetapi mereka harus menerima asupan protein sepanjang tahun agar stamina nya tetap terjaga.

Kenari menyukai serangga kecil yang hidup seperti jangkrik, dan ulat hongkong, tetapi setelah terlalu lama di penangkaran atau di dalam kandang, biasanya beberapa burung akan kehilangan kemampuan untuk mengenalinya sebagai makanan sehingga harus dilatih ulang agar mereka mau memakan jangkrik.

11. Telur Puyuh Rebus

Telur Puyuh Rebus
Telur Puyuh Rebus

Selain Jangkrik, makanan burung kenari agar cepat gacor adalah telur puyuh yang sudah direbus hingga matang.

Berdasarkan penelitian[2], pemberian pakan berupa campuran biji-bijian, sayur, buah, jangkrik dan telur puyuh dapat meningkatkan kualitas kicauan dan interval kicauan yang lebih tinggi (gacor) pada burung kenari.

Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gemuk

Jenis makanan burung kenari agar cepat gemuk biasanya didominasi dengan canary seed karena kandungan lemak pada biji tersebut sangat tinggi sehingga bobot burung kenari dapat meningkat dengan cepat.

Jenis makanan yang bisa membuat burung kenari cepat gemuk antara lain:

1. Canary Seed

Biji Kenari Makanan Burung Kenari Paling Disukai Dan Membuat Burung Menjadi Gemuk
Biji Kenari Makanan Burung Kenari Paling Disukai Dan Membuat Burung Menjadi Gemuk

Canary Seed atau biji kenari merupakan makanan burung kenari yang paling disukai.

Biji kenari ini memiliki cangkang yang sangat mudah dikupas oleh paruh burung kenari yang kecil paruhnya dan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga terasa gurih di mulut kenari.

Oleh karena itu, biji kenari yang diberikan kepada burung kenari akan menyebabkan berat badan burung cepat meningkat.

2. Jagung

Jagung Merupakan Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gemuk
Jagung Merupakan Makanan Burung Kenari Agar Cepat Gemuk

Jenis jagung muda atau jagung manis biasanya diberikan kepada kenari yang memiliki badan kurus.

Kandungan tepung pada jagung yang cukup tinggi akan menambah berat badan burung kenari jika dikonsumsi setiap hari.

Jagung juga memiliki serat dan protein tinggi yang sangat penting peranannya untuk menjaga burung kenari tetap segar dan bugar.

3. Telur Ayam Rebus

Telur Ayam Rebus
Telur Ayam Rebus

Telur ayam rebus sangat menyehatkan burung kenari karena Telur Ayam Rebus memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi.

Jika kamu tidak suka memberikan burung kenari asupan protein melalui jangkrik atau ulat hongkong, maka telur rebus ini bisa dengan mudah kamu buat sendiri dirumah.

Beberapa makanan untuk burung kenari yang dijual dengan embel-embel premium biasanya mengandung kandungan telur ayam didalamnya.

4. Kuaci

Biji Kuaci Mengandung Lemak Tinggi Disukai Semua Burung Dan Membuat Gemuk Burung Kenari
Biji Kuaci Mengandung Lemak Tinggi Disukai Semua Burung Dan Membuat Gemuk Burung Kenari

Jenis biji-bijian dengan kandungan lemak tertinggi adalah kuaci. Karenanya pemberian kuaci berlebihan pada burung biasanya tidak disarankan karena akan membuat burung mengalami obesitas.

Namun apabila burung kenari yang kamu miliki berat badannya sangat rendah, maka pemberian kuaci ini bisa mendongkrak berat badan burung kenari kamu agar cepat gemuk.

Pastikan kamu membeli kuaci berukuran kecil mengingat burung kenari memiliki paruh yang kecil dan kemampuan mengupas kulit pada biji-bijian tidak sehandal burung paruh bengkok.

5. Egg Food

Egg Food Merupakan Makanan Burung Kenari Tambahan Untuk Meningkatkan Berat Badan Atau Saat Bertelur
Egg Food Merupakan Makanan Burung Kenari Tambahan Untuk Meningkatkan Berat Badan Atau Saat Bertelur

Egg Food merupakan pakan tambahan atau extra fooding yang terbuat dari biskuit, tepung roti, madu dan telur ayam. Egg Food biasanya dijual dalam kemasan kaleng dan dibuat secara industrial menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Egg Food biasanya diberikan pada burung saat sedang bertelur dan saat meloloh anakan burung ketika baru menetas.

Kandungan nutrisi, vitamin dan protein pada egg food ini sangat lengkap, tak heran jika burung kenari yang gemar memakan Egg Food akan memiliki berat badan yang meningkat.

6. Pakan Pelet

Pakan Untuk Burung Kenari Dalam Bentuk Pelet
Pakan Untuk Burung Kenari Dalam Bentuk Pelet

Selain Egg Food ada juga pakan komersial atau yang dibuat secara industrial untuk menggemukkan badan burung kenari yaitu Pelet.

Pelet atau Voer memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti lemak, protein, kalsium dan nutrisi esensial untuk burung lainnya yang bisa mempercepat penggemukan burung kenari.

Pastikan pelet atau voer yang kamu berikan untuk kenari adalah yang dibuat oleh pabrikan ternama yang sudah diawasi oleh pihak terkait agar aman untuk dimakan oleh burung kenari.

Makanan Burung Kenari Biar Cepat Birahi

Agar burung kenari cepat birahi dan segera kawin untuk memproduksi telur, makanan burung kenari harus mengandung nutrisi dan protein yang tinggi.

Nah agar burung Kenari cepat birahi, siapkan makanan berikut ini sebagai pakan tambahan mendampingi biji-bijian yang rutin diberikan setiap hari:

1. Telur Rebus

Telur Rebus Adalah Salah Satu Makanan Tambahan Agar Burung Kenari Cepat Birahi
Telur Rebus Adalah Salah Satu Makanan Tambahan Agar Burung Kenari Cepat Birahi

Telur rebus selain berfungsi sebagai makanan burung kenari agar cepat gemuk juga mampu mendongkrak birahi dan stamina burung ketika kawin dan mulai produksi telur.

Lagi-lagi karena kandungan nutrisi, vitamin serta protein pada telur rebus yang tinggi sangat baik bagi kesehatan burung kenari baik jantan maupun betina.

2. Kangkung

Kangkung Mengandung Zinc Untuk Meningkatkan Birahi Burung Kenari
Kangkung Mengandung Zinc Untuk Meningkatkan Birahi Burung Kenari

Sudah bukan rahasia bahwa kangkung merupakan makanan burung kenari dan burung lain agar cepat birahi.

Kangkung memiliki kandungan nutrisi dan vitamin juga serat yang sangat baik untuk pencernaan burung kenari.

Selain itu, kandungan zinc yang tinggi pada tanaman kangkung dapat mendongkrak birahi burung kenari sehingga pasangan burung kenari akan cepat kawin.

3. Jangkrik

Jangkrik Kering
Jangkrik Kering

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Jangkrik memiliki kandungan nutrisi dan protein yang tinggi.

Agar produksi telur dan stamina burung kenari saat kawin terjaga, maka kamu wajib memberikan jangkrik sebagai salah satu menu tambahan makanan burung kenari.

Pemberiannya tidak perlu banyak-banyak, bisa 1 minggu 3 kali (satu kali pemberian bisa 1 s.d 2 ekor jangkrik).

4. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong Kering Yang Tinggi Akan Protein
Ulat Hongkong Kering Yang Tinggi Akan Protein

Jika burung kenari yang kamu miliki kesulitan memakan jangkrik, ulat hongkong merupakan alternatif terbaik karena kandungan nutrisi dan proteinnya juga sama-sama tinggi.

Ukuran ulat hongkong yang kecil dan memiliki tekstur yang empuk biasanya akan sangat mudah dikonsumsi oleh burung kenari yang paruh nya kecil.

5. Kroto

Kroto Makanan Burung Kenari Pengganti Jangkrik atau Ulat Hongkong
Kroto Makanan Burung Kenari Pengganti Jangkrik atau Ulat Hongkong

Jika Jangkrik atau Ulat hongkong tidak cocok diberikan pada burung kenari kamu, entah karena burung nya tidak suka atau kamu selaku pemelihara merasa jijik terhadap kedua binatang tersebut, maka kroto atau telur semut juga bisa diberikan kepada burung kenari sebagai penyuplai protein tambahan.

Sayangnya, harga kroto cukup tinggi dan kamu harus memastikan keadaan kroto bersih dan sudah tidak ada semut yang menempel padanya.

Atau jika kroto juga tidak bisa kamu gunakan, ada pun alternatif lain yaitu jangkrik dan ulat hongkong kering yang akan lebih mudah diberikan dan lebih praktis penyimpanannya.

Pertanyaan Terkait Makanan Burung Kenari

Sayuran apa yang bagus untuk burung kenari?

Sayuran yang bagus untuk burung kenari adalah: Sawi karena sangat baik untuk pencernaan burung kenari, Oyong mencegah kegemukan sehingga burung rajin berkicau, Wortel bagus untuk penglihatan karena kandungan Vitamin A dan Kangkung karena mengandung Zinc yang bisa mendongkrak birahi burung kenari.

Apa pakan kenari yang bagus?

Pakan kenari harus sesuai dengan peruntukannya, jika untuk kicauan maka pakan yang bagus adalah pakan dengan kandungan lemak yang rendah. Jika untuk penggemukan maka kandungan lemaknya harus tinggi sedangkan untuk Birahi maka nutrisi dan protein harus seimbang.

Buah apa saja yang bagus untuk kenari?

Buah yang bagus untuk kenari adalah Apel dan Pir karena kedua buah tersebut sangat disukai oleh burung kenari dan kandungan vitamin, Antioksidan dan protein nya mampu menjaga daya tahan tubuh burung kenari.

Daun apa saja yang baik untuk kenari?

Daun yang baik untuk kenari biasanya yang berwarna hijau dan disajikan dalam kondisi segar seperti Sawi Hijau dan Kangkung.

Bisakah Pakan Lovebird Untuk Kenari?

Pakan lovebird dan pakan kenari biasanya sama-sama terbuat dari campuran biji-bijian, namun pada pakan Lovebird biasanya kandungan biji millet nya lebih banyak sedangkan burung kenari tidak begitu suka millet karena keras dan susah dikupas.

Apakah kenari bisa makan kroto?

Kroto merupakan pakan tambahan dengan kandungan protein tinggi dan bisa dimakan oleh kenari karena pada dasarnya kenari juga memakan serangga kecil dalam jumlah yang sedikit.

Apakah millet bagus untuk kenari?

Millet meskipun keras dan sulit dibuka kulitnya bagi burung kenari, namun pada biji millet terkandung karbohidrat tinggi namun lemak yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan biji kenari sehingga bagus untuk mencegah kegemukan pada burung kenari.

Daftar Kutipan

[1]PENGARUH PEMBERIAN BIJI-BIJIAN BEBAS PILIH TERHADAP KONSUMSI PAKAN DAN BOBOT BADAN BURUNG KENARI (Serinus canaria), Oleh Rahmat Hidayat, Woro Busono dan Heni Setyo Prayogi, Bagian Produksi Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya

[2]Pengaruh Pakan Tambahan terhadap Kualitas Nyanyian Burung Kenari (Serinus canaria) Jantan Muda dengan Pendedahan Tape Tutoring, Oleh Rohmatilah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

4 pemikiran pada “Makanan Burung Kenari”

Tinggalkan komentar