Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Kolibri

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Kolibri

Makanan Burung Kolibri

Banyak masyarakat indonesia yang salah besar saat memberikan makanan burung kolibri padahal pada dasarnya makanan burung ini sangat lah sederhana dan mudah ditemukan.

Berikut ini jenis makanan burung kolibri yang benar, didapat dari hasil penelitian beberapa institut seperti Smithsonian’s National Zoo & Conservation Biology Institute & Cornell University.

5 Jenis Makanan Burung Kolibri Yang Benar

Makanan Burung Kolibri sebenarnya sangat sederhana, mereka tidak perlu biji-bijian atau sayuran seperti burung lain pada umumnya.

Metabolisme tubuh nya yang unik dan kebutuhan energi nya yang cukup tinggi, membuat sebagian besar makanan burung kolibri adalah gula yang terkandung dalam nektar bunga.

1. Nektar

Burung Kolibri Memakan Nektar Dari Bunga
Burung Kolibri Memakan Nektar Dari Bunga

Kolibri sangat suka menghisap nektar, cairan lezat yang ditemukan di dalam beberapa bunga, untuk memenuhi kebutuhan energi mereka.

Burung kolibri memiliki insting yang mirip seperti lebah, mereka dapat menilai jumlah gula dalam nektar yang mereka minum, mereka biasanya tidak menyukai jenis bunga yang menghasilkan nektar dengan kadar gula kurang dari 10% dan menyukai jenis bunga dengan kadar gula yang lebih tinggi.

Komposisi dalam Nektar adalah kombinasi dari glukosa, fruktosa, dan sukrosa (Gula) yang tinggi akan energi namun rendah kandungan nutrisi.[2]

2. Air Gula

Burung Kolibri Minum Air Gula
Burung Kolibri Minum Air Gula

Karena nektar yang merupakan makanan burung kolibri paling utama komposisi utamanya adalah gula, maka kamu bisa membuat sendiri nektar dirumah dengan mencampur gula putih murni yang biasa kamu beli dan air bersih.

Cara membuat air gula untuk dijadikan makanan burung kolibri adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan 2 sendok makan gula pasir (gula putih murni tanpa pemanis buatan) dengan 8 sendok makan air bersih.
  2. Aduk hingga gulanya larut dengan sempurna.
  3. Tidak perlu diberi pewarna makanan.
  4. Lalu masukan ke dalam wadah yang biasa digunakan untuk memberi makan burung kolibri atau biasa disebut dengan feeder.
  5. Burung kolibri akan sangat menyukai air gula murni yang kamu buat dan pastikan kamu menggantinya setiap hari agar air gula tetap bersih.[3]
🚫 Hanya gunakan gula pasir murni (gula putih). Jangan gunakan tambahan gula lain seperti gula merah, madu, susu kental manis, pemanis buatan karena beracun bagi pencernaan burung kolibri.[4]

3. Buah-Buahan

Buah Pepaya Adalah Buah Makanan Burung Kolibri
Buah Pepaya Adalah Buah Makanan Burung Kolibri

Selain nektar, sumber gula alami yang disukai oleh burung kolibri adalah buah.

Karena burung Kolibri suka dengan warna merah, maka buah-buahan yang manis dan memiliki warna merah sangat mereka sukai.

Kamu bisa mencoba untuk memberikan burung kolibri buah pepaya, semangka, buah naga, buah strawberry, apel dan pir.

Buah-buahan kaya serat dan merupakan sumber vitamin dan mineral penting yang baik.

Buah-buahan juga mengandung berbagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan, seperti flavonoid.

Pemberian buah dapat menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan pada burung kolibri.

4. Serangga

Anak Burung Kolibri Memakan Serangga
Anak Burung Kolibri Memakan Serangga

Kolibri harus memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memakan serangga karena jika mereka hanya memakan nektar atau air gula saja, maka nutrisi penting seperti protein, kalsium dan vitamin tidak bisa mereka dapatkan.

Kekurangan nutrisi pada burung kolibri dapat membuat mereka sakit dan mati dalam usia yang sangat muda.

Ada pun serangga yang biasanya dimakan oleh burung kolibri untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya adalah:

  • Nyamuk
  • Lalat Buah
  • Agas atau biasa disebut dengan (gegat, kekorok, kelulut, kerawai, rengit, sesorok, sigenting, suruk dan tawang-tawang)
  • Kutu Daun
  • Laba-Laba kecil

Kamu bisa menaruh pisang atau jagung manis di dalam kandang burung kolibri agar lalat buah datang dengan sendirinya.

5. Kroto

Kroto Untuk Makanan Kolibri Yang Kaya Protein
Kroto Untuk Makanan Kolibri Yang Kaya Protein

Meskipun memberi makan serangga pada burung kolibri sangat mudah yaitu dengan menaruh pisang atau jagung maka lalat buah akan datang dengan sendirinya namun ada juga cara yang lebih praktis untuk memberikan burung kolibri asupan protein.

Kroto atau telur semut yang biasa dijual sebagai pakan burung kicauan dan campuran umpan pancing bisa kamu sediakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi terutama protein pada burung kolibiri.

Dengan memberikan kroto, kamu tidak perlu menaruh buah atau jagung didalam kandang burung kolibri jadi kamu tidak perlu repot-repot mengganti buah yang sudah busuk dari dalam kandang burung kolibri.

4 Makanan Burung Kolibri Yang Salah & Berbahaya Bagi Kesehatan Burung

Di Indonesia banyak yang salah paham ketika hendak memberikan burung kolibri makanan.

Burung kolibri memiliki tubuh yang sangat kecil dan metabolisme yang unik berbeda dengan manusia atau burung lain pada umumnya.

Studi morfologi pada ginjal burung kolibri menunjukkan adaptasi kepadatan kapiler yang tinggi di dekat nefron, memungkinkan pengaturan air dan elektrolit yang tepat.[1] Keunikan metabolisme dari burung kolibri ini yang membuat kita harus berhati-hati saat memberikan mereka makanan.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang tidak boleh diberikan kepada burung kolibri karena dapat meracuni, mengganggu metabolisme hingga membunuh burung kolibri:

1. Susu Kental Manis

Meskipun manis, susu kental manis tidak boleh diberikan kepada burung kolibri karena mengandung beberapa zat yang asing bagi pencernaan dan metabolisme burung kolibri.

Beberapa zat asing yang berbahaya bagi pencernaan burung kolibri yang terkandung dalam susu kental manis antara lain:

  • Minyak Nabati
  • Maltodekstrin yang merupakan zat pengental
  • Perasa buatan
  • Susu (ingat burung bukan mamalia mereka tidak perlu susu dari hewan mamalia)

Beberapa susu kental manis mungkin mengandung pengawet, pemanis buatan dan pewarna makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan burung kolibri.

⚠️ Ingat! Burung kolibri hanya boleh diberikan air dan gula putih murni karena kandungan nektar juga sebagian besar hanyalah air dan gula tidak ada kandungan zat asing lain!

2. Nektar Botolan Yang Banyak Dijual

Banyak di luar sana yang menjual nektar botolan yang katanya bagus untuk burung kolibri, padahal kandungan di dalamnya tidak jelas dan terlalu kompleks untuk dicerna oleh burung kolibri yang tubuhnya mungil.

Hati-hati jangan sampai tertipu! Burung kolibri memiliki pencernaan dan metabolisme yang unik. Makanan burung kolibri sebenarnya sangat sederhana yaitu hanya air, gula dan serangga kecil.

Tidak perlu tambahan makanan lain untuk membuat burung kolibri sehat karena tubuhnya tidak terbiasa jika harus memakan makanan selain air, gula dan serangga.

Ibaratkan burung lovebird dikasih makan daging maka akan keracunan karena mereka hanya makan biji, buah, sayur dan minum air.

3. Madu

Meskipun madu sama-sama berasal dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah, madu dan pemanis lain selain gula pasir purni seperti gula jagung bisa menjadi racun untuk burung kolibri jadi hindari penggunaan pemanis selain gula pasir murni.

Madu yang sudah dicampur air bisa mendatangkan bakteri dan jamur, sangat berbahaya bagi kesehatan burung kolibri.

Madu yang murni juga terlalu kental, jika dipaksa diberikan kepada burung kolibri bisa-bisa saluran pencernaannya tersumbat.

4. Pewarna & Pengawet Makanan

Beberapa orang ada yang memberikan pewarna makanan pada air gula agar lebih menarik bagi burung kolibri.

Jangan pernah memberikan pewarna makanan pada burung kolibri meskipun sedikit!

Burung kolibri memiliki tubuh yang sangat kecil sehingga sangat mudah keracunan. Meski memberikan pewarna makanan atau pengawet makanan sedikit kepada burung kolibri, ini sudah sama saja seperti memberikan pewarna makanan atau pengawet makanan sebanyak 1 KG untuk manusia.

Pewarna makanan dan pengawet makanan juga kerap dijadikan bahan campuran pada beberapa merek Nektar botolan dan susu kental manis.

Daftar Kutipan

[1] – Beuchat CA, Preest MR, Braun EJ (1999). “Arsitektur glomerulus dan meduler di ginjal Burung Kolibri Anna”. Journal of Morphology. (Diterjemahkan Dari Bahasa Inggris)

[2] – Connor J (15 October 2010). “Tidak Semua Manis Dan Ringan: Diet Nyata Kolibri, Allaboutbirds.org” (Diterjemahkan Dari Bahasa Inggris)

[3] – “Resep Nektar Untuk Burung Kolibri“. Smithsonian’s National Zoo & Conservation Biology Institute (Diterjemahkan Dari Bahasa Inggris)

[4] – “Memberi Makan Burung Kolibri” – Kern River Preserve (Diterjemahkan Dari Bahasa Inggris)

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar