Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Lovebird

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Lovebird

Makanan Burung Lovebird sangat menentukan kesehatan fisik dan suasana hati dari seekor lovebird.

Tingkah dan bentuknya nya yang lucu juga kicauannya yang merdu sangat bergantung kepada apa yang mereka makan.

Sayangnya di Indonesia masih banyak burung Lovebird peliharaan yang pola makan nya belum sesuai dengan kebutuhan nutrisi si burung.

Berikut ini avesnesia rangkum jenis pakan yang diperlukan oleh burung Lovebird agar kesehatan burung terjaga, senang berkicau dan panjang umur.

Sebelumnya mari kita ketahui terlebih dahulu makanan apa yang lovebird makan di habitat aslinya:

Makanan Burung Lovebird Di Habitat Asli Nya

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, di habitat aslinya (Alam Bebas), Lovebird memakan makanan yang beragam antara lain:

  1. Biji-Bijian dari bunga.
  2. Buah Beri (Berry)
  3. Buah-Buahan
  4. Biji-Bijian dari rerumputan.
  5. Rumput.
  6. Pucuk daun.
  7. Jagung.
  8. Buah tin atau buah ara.

Semua jenis makanan di atas merupakan pakan wajib yang setiap hari lovebird cari untuk bisa tetap bertahan hidup dengan sehat dan gembira di alam bebas.

Untuk lovebird peliharaan, pola makan nya bisa kita atur sedemikian rupa dengan harapan bisa menggantikan apa yang mereka makan di habitat aslinya.

Lalu pakan burung lovebird apa saja yang bisa kita berikan kepada burung lovebird kesayangan kita? Berikut ini jawabannya.

Berbeda dengan burung lovebird liar, burung lovebird domestik atau peliharaan cenderung memakan apa yang mereka sukai saja sehingga burung lovebird peliharaan kerap mengalami malnutrisi.

Avesnesia.com

Jenis Pakan Burung Lovebird Peliharaan Agar Burung Sehat

Apa Makanan Burung Lovebird Biar Gacor?

Kunci utama agar burung lovebird berkicau dengan keras dan panjang ada pada nutrisi. Untuk itu makanan burung lovebird selain biji-bijian juga wajib diberi pakan berupa sayuran segar, buah segar dan pellet untuk parrot ukuran kecil setiap hari.

Dari jawaban diatas, ada 4 jenis pakan khusus burung lovebird peliharaan antara lain:

  1. Biji-bijian (Seeds & Grains)
  2. Sayuran
  3. Buah-buahan
  4. Pellet

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis Biji, sayur, buah dan pellet terbaik lengkap dengan takarannya untuk burung lovebird peliharaan.

Biji-Bijian Untuk Stamina Lovebird

11 Macam Biji-Bijian Untuk Makanan Burung Lovebird
11 Macam Biji-Bijian Untuk Makanan Burung Lovebird

Lovebird setidaknya memerlukan dua jenis biji-biji yaitu Biji dari bunga seperti kuaci, biji kenari, biji fumayin, Linseed, dan biji safflower juga Biji dari rumput seperti millet merah, millet putih, millet kuning, padi, gandum dan buckwheat.

Biji bijian baik dari bunga maupun rumput mengandung serat yang cukup tinggi dan sangat baik untuk pencernaan Lovebird.

Namun pemberian biji-bijian yang berlebihan tanpa diimbangi dengan asupan makanan lain bisa membuat burung lovebird sakit, kegemukan bahkan malnutrisi, hal ini disebabkan karena meski biji-bijian kaya akan serat namun tinggi lemak dan rendah nutrisi seperti asam amino, vitamin dan beberapa mineral.[1]

Biji-bijian memang makanan pokok untuk burung lovebird namun biasakan untuk memberikannya sebesar 10 s.d 20% dari total makanan harian keseluruhan lovebird.[2]

Buah-Buahan Segar Yang Disukai Burung Lovebird

Buah-Buahan Untuk Makanan Burung Lovebird
Buah-Buahan Untuk Makanan Burung Lovebird

Buah Beri seperti strawberry, blueberry dan rapberry sangat baik untuk lovebird karena rendah kalori namun tinggi akan serat, vitamin C dan antioksidan yang bisa mengurangi tingkat stress pada burung.[3]

Namun jika buah beri terlalu mahal atau susah didapatkan di Indonesia, buah-buahan lain seperti apel, jeruk, anggur dan melon juga sangat baik untuk lovebird namun pastikan biji nya sudah dibuang sebelum disajikan kepada burung kesayangan.

Selain itu buah-buahan yang mudah didapat di warung seperti Pisang, mangga, dan pepaya juga bisa diberikan setiap hari.

Sayuran Segar Yang Bagus Untuk Burung Lovebird

11 Sayuran Sehat Untuk Makanan Burung Lovebird
11 Sayuran Sehat Untuk Makanan Burung Lovebird

Selain buah-buahan segar, lovebird juga memerlukan sayuran seperti beet, brokoli, kol, wortel, pakcoy atau bok choy, jagung, timun, labu kuning, kangkung, bayam, ubi manis dan tomat.

Sayuran seperti wortel tinggi akan betakarotin dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata burung lovebird.

Sayuran hijau segar lain nya juga kaya akan asam folat, zat besi, vitamin B dimana akan mampu mempertahankan daya tahan tubuh burung lovebird dan terhindar dari stress berlebih.

Sayuran dan Buah-buahan segar setidaknya harus selalu di sediakan setiap hari sebanyak 20 hingga 25% dari pola makan harian lovebird.[4]

Pellet Khusus Parrot Berukuran Kecil

Pakan Burung Lovebird Dalam Bentuk Pellet
Pakan Burung Lovebird Dalam Bentuk Pellet

Burung lovebird dan burung paruh bengkok lainnya sangat disarankan untuk memakan makanan dalam bentuk pelet.

Pellet dianggap makanan terbaik untuk burung yang tidak mau makan sayuran atau buah-buahan dan hanya mau makan biji-bijian saja.

Pada pellet pakan burung, didalamnya terkandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh lovebird sehingga burung lovebird tetap sehat, selalu berkicau dan panjang umurnya.

Di Indonesia sendiri memang belum banyak pellet untuk burung lovebird, kalau pun ada biasanya produk import yang harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan harga biji-bijian.

Rekomendasi pelet untuk burung lovebird adalah yang tidak menggunakan pewarna dan menggunakan bahan-bahan alami contohnya TOP’s Parrot Food atau Zupreem Natural.

Pastikan kamu menggunakan pellet dengan ukuran S atau M mengingat lovebird merupakan burung yang kecil sehingga mereka tidak kesulitan dalam mengunyah pellet.

Pakan burung lovebird dalam bentuk pellet harus mengisi 70 s.d 80% dari total keseluruhan makanan lovebird setiap hari[4].

Penggunaan pellet juga harus melalui proses pengenalan terlebih dahulu kepada burung jika sebelumnya burung selalu makan biji-bijian saja mengingat burung lovebird domestik kerap memilih makanan dan hanya memakan makanan yang dia suka saja berbeda dengan burung lovebird liar.

Porsi & Berapa Kali Sehari Lovebird Makan?

Agar lovebird tetap sehat dan dalam kondisi yang prima, sediakan 45 s.d 60 gram pakan setiap hari[5] yang terdiri dari 10% biji-bijian, 20% buah dan sayuran segar dan 70% pakan pellet khusus burung paruh bengkok.

Pola makan diatas adalah untuk burung lovebird mandiri atau dewasa, sedangkan anakan lovebird yang masih dalam masa lolohan porsi makan nya jauh berbeda dan memerlukan jenis makanan yang berbeda dengan burung dewasa.

Rujukan

[1] – Bird Diets: Birds Need More Than Seeds – Dr. Sophia Yin Veterinary Information Network

[2] – Healthy Parrot: Diet, Nutrition, Toxic Foods – Best Friends Animal Society

[3] – Better Berries for Birds – The National Wildlife Federation

[4] – Lovebirds – Feeding – VCA Hospital

[5] – Bird Care Guide: Lovebirds – MSPCA–Angell

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.