Beranda > Makanan Burung > Daftar Makanan Burung Merpati Anakan agar Cepat Besar

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Daftar Makanan Burung Merpati Anakan agar Cepat Besar

Makanan Burung Merpati Anakan – Para pemelihara burung merpati anakan perlu mengetahui apa saja daftar makanan burung merpati anakan yang dapat membuatnya cepat besar. Pada dasarnya, burung merpati anakan akan membutuhkan nutrisi yang lebih besar dibanding burung merpati indukan. Jadi, daftar makanan yang baik untuk tubuhnya pun tergolong cukup berbeda dibanding makanan burung merpati indukan.

Umumnya, burung merpati tidak hanya sering dijadikan sebagai hewan peliharaan saja, tapi burung merpati juga memiliki beragam manfaat lainnya seperti adu balap hingga sarana pengiriman pos seperti di zaman dulu. Nantinya, agar burung merpati anakan bisa tumbuh menjadi lebih sehat dan bugar, Anda perlu memberinya makan dengan tepat.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat membuat burung merpati anakan cepat besar, sehingga para pemelihara jenis burung ini wajib mengetahuinya secara jelas. Jika Anda belum mengetahui informasi ini yang jelas, Anda bisa mencatat beberapa poin penting yang ada di penjelasan kali ini.

Makanan Burung Merpati Anakan
Daftar Makanan Burung Merpati Anakan agar Cepat Besar

3 jenis makanan burung merpati anakan biar cepat gacor

Apakah Anda sudah tahu apa saja daftar makanan anak burung merpati yang paling terbaik? Jika Anda belum mengetahui daftar lengkapnya, maka Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

  1. Susu burung merpati indukan (tembolok)

Sama halnya seperti burung-burung anakan jenis lainnya, burung merpati anakan juga membutuhkan nutrisi yang banyak agar mereka bisa cepat tumbuh dengan baik. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya bisa tumbuh secara lebih cepat dan baik seperti ini adalah dengan memberinya makanan yang paling terbaik.

Pada dasarnya, nutrisi paling utama yang sangat dibutuhkan oleh setiap burung merpati anakan dapat diperoleh dari susu yang dihasilkan dari burung merpati indukan (tembolok). Nantinya, susu ini akan dihasilkan melalui cairan sel pelapis burung merpati indukan (tembolok) yang sangat kaya akan protein serta lemak.

Kandungan protein dan lemak yang ada ini dapat membuat burung merpati indukan lebih cepat besar dan gacor. Jadi, bisa dibilang susu adalah makanan terbaik bagi burung merpati anakan, agar bisa cepat besar dan gacor. Dengan begitu, para pemelihara burung merpati anakan tersebut bisa melihat sendiri perkembangan burungnya secara lebih cepat.

  1. Voer

Penting untuk Anda ketahui bahwa voer itu sendiri juga sering disebut dengan nama pelet merpati, yang artinya adalah jenis makanan burung dari biji-bijian yang diolah dengan menggunakan cara khusus. Nantinya, beberapa jenis biji-bijian khusus ini akan dihancurkan hingga menjadi serbuk, kemudian serbuk tersebut harus dipadatkan kembali dengan tepat.

Sementara itu, jumlah pemberian voer kepada burung merpati anakan maupun indukan harus diperhatikan dengan sangat baik. Akan sangat disarankan kepada para pemelihara burung merpati untuk memberikan voer hanya sebatas 15-25% dari asupan hariannya. Selain itu, proses pengolahan voer untuk makanan burung merpati indukan dan anakan juga saling berbeda satu sama lain.

Jika voer yang akan digunakan sebagai makanan utama burung merpati anakan harus dihaluskan hingga benar-benar lembut terlebih dahulu, untuk voer yang akan digunakan sebagai makanan utama burung merpati indukan bisa dicampur dengan jenis biji-bijian lain yang tidak kalah kaya akan nutrisi lengkap.

  1. Pakan anak ayam

Tak banyak orang yang tahu bahwa burung merpati anakan juga bisa diberi makan yang berupa pakan anak ayam yang sudah ditumbuk sampai halus. Dalam hal ini, pakan anak ayam tersebut bisa dicampur dengan air, sehingga burung merpati anakan bisa mencernanya dengan lebih mudah.

Berbeda dengan jenis-jenis makanan burung merpati yang sebelumnya, untuk pakan anak ayam ini bisa lebih mudah untuk Anda cari. Sebab, jenis pakan hewan ini akan tersedia di toko-toko hewan terdekat yang berpengalaman. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mencari produk ini yang paling berkualitas.

 

Cara merawat burung merpati anakan hingga tumbuh besar

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat burung merpati anakan hingga tumbuh besar. Sebenarnya ketika Anda merawat burung merpati anakan di rumah, Anda akan membutuhkan ketelatenan yang lebih maksimal. Sebab, burung merpati anakan akan membutuhkan perhatian yang lebih besar dibanding burung merpati indukan. Untuk itu, Anda perlu mengingat cara-cara merawatnya yang ada di bawah ini:

  1. Memberi makan burung merpati anakan dengan baik dan benar

Seperti yang sudah sempat kami katakan di beberapa paragraf sebelumnya, pada dasarnya burung merpati anakan akan membutuhkan nutrisi yang lebih lengkap dibanding burung merpati indukan. Maka dari itu, burung merpati anakan harus diberi makan secara baik dan benar. Dalam hal ini, Anda bisa memberi makan burung merpati anakan dengan beberapa jenis pakan yang ada di atas. Sebab, beberapa jenis pakan burung merpati anakan di atas didukung dengan beragam kandungan yang baik untuk tubuh anakan burung itu sendiri.

  1. Membuatkan habitat yang senyaman mungkin

Cara merawat burung merpati anakan hingga tumbuh besar yang selanjutnya adalah membuatkan habitat untuk burung tersebut yang senyaman mungkin. Nantinya, Anda bisa menempatkan burung merpati anakan itu ke dalam kotak atau pun sangkar yang ukurannya sendiri tidak terlalu besar. Kemudian, jangan lupa untuk menyediakan air minum di dalamnya, agar burung merpati anakan bisa langsung meminumnya ketika mereka menginginkannya.

  1. Pastikan burung merpati anakan selalu dalam kondisi yang sehat

Ketika Anda memutuskan untuk memelihara burung merpati anakan di rumah, maka Anda harus bisa meluangkan waktu setiap hari untuk mengecek kondisi kesehatan dari burung tersebut. Jika ternyata burung merpati anakan tersebut sedang mengalami luka, maka Anda harus langsung merawatnya hingga benar-benar sembuh. Namun, jika Anda merasa luka tersebut akan sulit untuk ditangani sendiri, maka Anda bisa langsung membawanya ke dokter hewan yang profesional.

  1. Jangan terlalu sering/banyak memberi makan burung merpati anakan

Sebagian orang salah mengira bahwa burung merpati anakan akan membutuhkan asupan makanan yang banyak dan dikonsumsi secara sering. Nyatanya, pemikiran seperti ini termasuk kesalahan besar. Sebab, burung merpati anakan hanya membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan bukan asupan makanan yang banyak. Jika Anda dengan sengaja memberikan makanan yang banyak terhadap burung merpati anakan, maka hal ini dapat membuat tembolok burung semakin melebar dan membuat kesehatannya semakin terganggu.

Sekali lagi kami sampaikan bahwa ketika Anda memutuskan untuk memelihara burung merpati di rumah, maka Anda harus siap merawatnya dengan sebaik mungkin. Kenali apa saja makanan burung merpati anakan yang paling terbaik, agar burung merpati anakan tersebut bisa cepat besar dan gacor. Tentu burung merpati anakan yang bisa cepat besar dan gacor akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para pemiliknya. Jadi, Anda harus bisa meluangkan waktu untuk merawat anakan burung ini dengan sebaik mungkin.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

2 pemikiran pada “Daftar Makanan Burung Merpati Anakan agar Cepat Besar”

Tinggalkan komentar