Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Merpati

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Merpati

Makanan burung merpati sebagian besarnya adalah jagung dan biji-bijian. Namun apabila burung merpati sedang memasuki masa bertelur atau ingin digemukkan hingga bobot yang diinginkan, maka perlakuan pakan burung merpati harus menggunakan pakan selain jagung seperti beras merah, kacang-kacangan dan pakan ayam komersial.

Berikut ini beberapa jenis makanan burung merpati yang tepat diberikan sesuai dengan kebutuhan burung.

Sebagian besar makanan berikut ini sudah diteliti dan terbukti memberikan pengaruh yang baik untuk burung merpati.

15 Jenis Makanan Burung Merpati

1. Jagung

Jagung adalah makanan burung merpati paling dominan
Jagung adalah makanan burung merpati paling dominan

Jagung kuning memiliki banyak kandungan karoten, yang dapat digunakan untuk membuat provitamin A. Menurut penelitian, jagung kuning lebih disukai burung merpati daripada biji-bijian lain.

Jagung juga merupakan sumber energi yang juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan utama burung merpati.

Perlu diketahui bahwa pemberian pakan merpati dengan menggunakan jagung kuning saja belum bisa memenuhi kebutuhan nutrisi merpati.[1]

2. Beras Merah

Beras Merah Adalah Campuran Tambahan Makanan Burung Merpati Agar Cepat Gemuk
Beras Merah Adalah Campuran Tambahan Makanan Burung Merpati Agar Cepat Gemuk

Beras merah adalah varietas beras berbentuk oval, agak mengkilap yang biasa terlihat pada sereal.

Beras merah sering digunakan sebagai pakan burung merpati, terutama untuk anak burung yang sedang berkembang (Soemadi dan Mutholib 2003).

Ada banyak manfaat yang terkandung didalam beras merah seperti zat besi, serta fosfor dan selenium. Beras merah juga mengandung antioksidan yang disebut anthocyanin.

Selain jagung, beras merah adalah makanan yang paling banyak dimakan oleh merpati.

3. Ketan Hitam

Ketan Hitam Merupakan Makanan Burung Merpati Dengan Efek Menghangatkan Karena Kandungan Karbohidrat Tinggi
Ketan Hitam Merupakan Makanan Burung Merpati Dengan Efek Menghangatkan Karena Kandungan Karbohidrat Tinggi

Ketan hitam merupakan salah satu jenis beras hitam yang terkenal dengan kandungan perekatnya yang kuat.

Dalam pakan burung, ketan hitam dimanfaatkan sebagai sumber energi. Ketan hitam merupakan serealia yang mengandung sianidin 3-glikosida antosianin yang bersifat antioksidan (Alighita 2007).

Karbohidrat utama dalam ketan adalah amilopektin, yaitu sejenis pati. Ketan hitam juga bisa membuat tubuh burung tetap hangat karena kandungan karbohidrat yang tinggi.

4. Gabah

Gabah
Gabah

Gabah adalah butiran beras yang masih dilindungi oleh sekamnya. Burung pipit, burung pipit kenari, merpati, puter, dan tekukur, semuanya sudah terbiasa memakan biji-bijian .

Gabha yang digunakan untuk makanan burung merpati biasanya berasal dari Beras Lampung karena ukurannya lebih kecil dari beras biasa, dengan kulit yang lebih halus berwarna kuning kecoklatan dan bentuk agak membulat.

Gabah ini juga digunakan dalam pakan burung merpati sebagai sumber serat.

5. Jewawut

Jewawut
Jewawut

Jewawut adalah benih yang sering diberikan kepada burung kicauan. Bentuk dan ukurannya hampir identik dengan millet.

Biji jewawut tersedia dalam berbagai warna, seperti putih, merah, oranye, coklat, dan kehitaman.

Jewawut untuk makanan burung merpati biasanya yangberwarna oranye. Jewawut juga merupakan tanaman sereal yang mengandung beta-karoten dan antioksidan.

6. Kacang Tanah

Kacang Tanah
Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan tumbuhan polong-polongan dengan bentuk bulat, agak lonjong dan kulit polong berwarna coklat.

Burung Merpati bisa diberi makan kacang tanah yang belum dipecah-pecah. Selain burung merpati, Burung nuri, bayan, dan kakatua juga dapat diberi makan kacang tanah.

7. Millet Putih

Millet Putih
Millet Putih

Millet putih dan millet merah adalah dua jenis millet yang biasanya dijadikan sebagai makanan burung. Millet adalah butiran kecil dengan ujung meruncing dan berkilau.

Namun karena Kandungan tanin pada millet putih lebih rendah dibandingkan millet merah, harga millet putih biasanya cenderung lebih murah sehingga cocok dijadikan pilihan ekonomis untuk makanan burung merpati.

8. Sorgum

Sorgum
Sorgum

Pakan burung dengan menggunakan benih sorgum sudah lumrah terutama di kawasan Asia. Biji sorgum berbentuk bulat dan tersedia dalam berbagai warna: putih, kuning, dan merah.

Sorgum yang digunakan sebagai makanan burung merpati adalah sorgum putih. Sorgum memiliki kadar pati sebesar 69,326 persen dan Sorgum memiliki profil nutrisi yang hampir sama dengan jagung.

9. Kacang Hijau

Kacang Hijau
Kacang Hijau

Kacang hijau adalah kacang-kacangan dengan bentuk bulat dan warna hijau. Bijinya umumnya berwarna hijau kusam atau mengkilap, dengan sesekali berwarna kuning, coklat, dan hitam.

Kacang hijau merupakan kacang-kacangan yang mengandung nutrisi sangat baik. Biasanya kacang hijau diberikan kepada burung merpati yang bertelur.

10. Biji Sawi

Biji Sawi
Biji Sawi

Biji sawi memiliki kandungan protein yang tinggi dan sering diberikan kepada burung kenari. Biji sawi berbentuk bulat dan kecil, dengan warna coklat kehitaman.

Biji sawi ini sudah terkenal kaya akan energi, sehingga membuatnya ideal untuk burung yang energik seperti kenari atau burung merpati yang sangat suka terbang secara aktif.

11. Kacang Kedelai

Kacang kedelai
Kacang kedelai

Kacang Kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi dan cocok sekali digunakan untuk makanan merpati biar cepat gemuk.

Selain kandungan protein yang mencapai 41%, kacang kedelai juga memiliki kandungan lemak sebanyak 4,8%.

12. Beras

Beras
Beras

Makanan burung merpati yang bertindak sebagai sumber energi selanjutnya adalah beras.

Beras ini bisa kita dapatkan dengan mudah karena selalu ada di dapur kita sebagai bahan makanan utama keluarga di Indonesia.

Beras yang mudah didapatkan ini menjadikan makanan ini sebagai tambahan yang mudah untuk kita sediakan kepada burung merpati setiap hari.

Makanan Merpati Cepat Bertelur

Makanan Burung Merpati Agar Cepat Bertelur
Makanan Burung Merpati Agar Cepat Bertelur

Berdasarkan penelitian[2], makanan merpati paling optimal untuk bertelur bisa menggunakan campuran Jagung dan pakan ayam Broiler Starter dengan campuran 50% jagung 50% pakan ayam Broiler Starter.

Jumlah makanan merpati agar cepat bertelur biasanya berkisar di angka 60 gram sampai 80 gram per hari untuk 1 pasang burung merpati.

Pemberian makanan berupa pakan ayam Broiler Starter saja juga bisa digunakan agar tingkat kematian anak burung merpati yang baru menetas lebih rendah.

Pakan ayam Broiler Starter yang memiliki tekstur lembut dan mudah dicerna juga kandungan nutrisi dan protein yang tinggi membuat burung merpati lebih siap untuk mulai bertelur dan membuat semua telur bisa menetas sempurna.

Namun karena harga pakan ayam Broiler Starter yang cukup tinggi, mengingat kebutuhan pakan per pasang burung merpati bisa mencapai 80gr, maka dengan campuran jagung sebanyak 50% dapat mengurangi pengeluaran biaya tanpa mengurangi tingkat produktivitas dan angka tetas telur secara signifikan.

Selain pakan, kebersihan kandang, kebersihan pakan dan ketersediaan air bersih juga menjadi faktor penting untuk mempercepat burung merpati bertelur dan menetaskan telur nya dengan sehat.

Makanan Merpati Biar Cepat Gemuk

Berdasarkan penelitian[3] oleh Erna Winarti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, makanan merpati dengan campuran Jagung, Beras Merah, Kacang Hijau dan Pakan ayam pedaging (BR 1) mempengaruhi bobot badan burung merpati.

Untuk racikannya, kamu bisa mengikuti tabel berikut ini:

Bahan Makanan Burung MerpatiPersentase Dalam Campuran
Jagung60%
Beras Merah7,5%
Kacang Hijau7,5%
Pakan Ayam Pedaging (BR 1)25%
Total100%
Komposisi Makanan Merpati Biar Cepat Gemuk

Pemberian makanan burung merpati bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari yaitu Pagi (06.00 – 07.00) dan Sore (16.00-17.00).

Untuk menggemukkan anak merpati yang sedang diloloh indukan nya, pemberian pakan biasanya sebanyak 156 s.d 173 gram per hari untuk sepasang indukan merpati dan dua ekor anak merpati.

Pertanyaan Terkait Seputar Makanan Burung Merpati

Apakah pur bagus untuk merpati?

Pur atau Voer adalah makanan burung merpati yang sangat bagus terutama Pur ayam broiler atau pedaging agar burung merpati cepat bertelur dan cepat gemuk.

Apakah burung merpati boleh makan beras putih?

Beras putih merupakan sumber energi untuk burung merpati dan boleh diberikan kepada burung merpati sebagai campuran atau pakan tambahan pendamping pakan lain.

Apa makanan anak burung merpati?

Makanan anak burung merpati biasanya campuran jagung dan pakan ayam broiler agar kebutuhan nutrisi anak burung merpati terpenuhi sehingga sehat dan gemuk.

Apa manfaat milet untuk merpati?

Manfaat millet untuk merpati adalah sebagai pakan tambahan yang mengandung tanin yang bertindak sebagai astringen, anti diare, anti bakteri dan antioksidan pada burung merpati.

Apa manfaat kacang ijo untuk merpati?

Manfaat kacang ijo untuk merpati adalah sebagai pelengkap nutrisi pada pakan burung merpati terutama saat bertelur untuk menggantikan pakan ayam broiler agar menghemat biaya.

Berapa kali kasih makan merpati?

Pemberian makan kepada burung merpati biasanya dilakukan sebanyak 2 kali sehari sebanyak 60-80 gram per hari per pasang atau 156-173 gram per hari untuk pasangan dengan dua ekor anakan.

Daftar Kutipan

[1]Analisis Nilai Nutrisi Pakan Burung Merpati (Columba Livia) DI Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat, Oleh Fujiyanti Desniwati, Universitas Mataram 2019

[2] Productivity, Repeatability of Productive and Reproductive Traits of Local Pigeon, Oleh S. Darwati, H. Martojo, C. Sumantri, D.T.H. Sihombing dan A. Mardiastuti, Institut Pertanian Bogor 2010

[3]Pengaruh Perbedaan Kandungan Protein Dalam Ransum Terhadap Pertumbuhan Anak Merpati, Oleh Erna Winarti, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta 2016

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar