Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Perkutut

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Perkutut

Makanan Burung Perkutut biasanya terdiri dari Biji-bijian kecil seperti millet, jewawut, beras ketan hitam dan beras padi. Namun agar rajin bunyi, pakan perkutut biasanya ditambah dengan bahan-bahan lain.

Berikut ini makanan burung perkutut agar rajin bunyi yang terbukti bagus untuk kesehatan burung.

15 Makanan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

1. Ekstrak Daun Saga

Ekstrak Daun Saga makanan burung perkutut agar rajin bunyi
Ekstrak Daun Saga makanan burung perkutut agar rajin bunyi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Purnamasari, Dwi Kusuma dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 2006, ekstrak daun saga terbukti meningkatkan kualitas dan frekuensi kicauan burung perkutut.[1]

Ekstrak daun saga diberikan dengan campuran pakan berupa millet, jewawut, beras ketan hitam dan beras lampung.

Kamu bisa mendapatkan ekstrak daun saga di apotek atau di toko online, hindari pemberian daun saga secara langsung karena daun perlu diolah dengan benar agar menghilangkan kandungan racun abrin yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan pada burung.

2. Ekstrak Daun Sambiloto

Ekstrak Daun Sambiloto makanan burung perkutut agar rajin bunyi
Daun Sambiloto

Lagi-lagi berdasarkan hasil penelitian, namun kali ini penelitian dilakukan oleh Rahmadina dari Universitas Sumatera Utara yang memberikan juga ekstrak daun Sambiloto pada tambahan pakan burung Perkutut.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun yang ada pada daun saga, sambiloto dan daun pare memiliki kandungan Zn (seng) dan hormon testosteron dalam plasma darah yang akhirnya dapat mempengaruhi penampilan durasi suara burung perkutut.[2]

3. Millet Merah

Millet Merah
Millet Merah

Millet merah merupakan biji-bijian yang sangat disukai oleh Burung Perkutut dan mengandung kalori dan lemak tinggi yang bagus untuk menambah stamina burung Perkutut.

Antioksidan yang dikandung dalam millet merah juga lebih tinggi dibanding millet dengan warna cerah lain seperti millet putih atau millet kuning. Antioksidan sendiri berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan menjaga daya tahan tubuh burung perkutut.

4. Millet Kuning

Millet Kuning
Millet Kuning

Jika millet merah sulit atau tidak bisa kamu sediakan, kamu bisa menyediakan millet kuning yang memiliki kandungan nutrisi sama dengan millet merah namun kadar antioksidannya sedikit lebih rendah.

Fungsi dari millet kuning juga sama-sama untuk menambah stamina burung perkutut karena kandungan lemak dan kalorinya yang cukup tinggi.

5. Millet Hitam

Millet Hitam
Millet Hitam

Variant millet yang baik untuk burung perkutut selanjutnya adalah millet hitam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika millet memiliki warna yang gelap maka kandungan antioksidan nya sangat tinggi dibanding millet berwarna cerah.

Kamu bisa mencampurkan millet hitam dengan millet merah dan kuning untuk memberikan variasi pakan burung perkutut.

6. Sorghum

Shorgum
Shorgum

Sorghum merupakan makanan burung perkutut yang mengandung nutrisi yang tinggi termasuk vitamin B yang sangat diperlukan untuk membantu metabolisme, pertumbuhan kulit dan bulu burung perkutut.

Kandungan magnesium pada Sorghum yang cukup tinggi juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan kesehata jantung burung perkutut.

7. Jagung Pecah

Jagung Pecah
Jagung Pecah

Burung perkutut sama seperti burung merpati dimana mereka senang memakan jagung kering. Khusus untuk burung perkutut jagung kering nya harus yang sudah dalam berbentuk pecahan.

Kandungan protein dan serat pangan yang tinggi dalam jagung mampu melancarkan pencernaan burung perkutut dan membantu metabolisme burung.

8. Flaxseed

Flaxseed
Flaxseed

Agar burung perkutut rajin bunyi dan tetap sehat, asupan Omega 3 harus selalu diberikan setiap hari.

Flaxseed merupakan salah satu biji-bijian yang mengandung Omega 3 dan berfungsi untuk mencegah inflamasi pada pembuluh darah burung perkutut dan melancarkan peredaran darah.

9. Chia Seeds

Chia Seed
Chia Seed

Sumber Omega 3 berikutnya adalah Chia Seeds. Biji ini dijual dengan harga yang cukup murah yaitu Rp45.000 per kg nya.

Campuran pakan burung perkutut yang mengandung Chia Seeds sangat baik digunakan sebagai makanan burung perkutut agar cepat bertelur karena dalam Chia Seeds terkandung kalsium yang diperlukan burung perkutut betina saat bertelur.

10. Kacang Kedelai

Pemberian Kacang Kedelai Sebagai Makanan Burung Perkutut Agar Stamina Dan Durasi Kicauannya Panjang
Pemberian Kacang Kedelai Sebagai Makanan Burung Perkutut Agar Stamina Dan Durasi Kicauannya Panjang

Kacang Kedelai sudah dari dulu terkenal dengan kandungan Omega 3 nya yang tinggi.

Selain itu kacang kedelai juga memiliki kandungan protein dan energi yang baik untuk burung agar terhindar dari stress dan memperpanjang durasi kicauannya.

Pemberian kacang kedelai untuk burung perkutut harus melalui proses sangrai agar membunuh enzim yang bisa menghambat penyerapan nutrisi pada pencernaan burung perkutut.

11. Fumayin

Biji Fumayin
Biji Fumayin

Biji Fumayin merupakan salah satu makanan burung perkutut terbaik karena mengandung Omega 6, vitamin, mineral dan 20 macam asam amino yang sangat menyehatkan burung perkutut.

Karena kandungan nutrisinya sangat lengkap dibanding jenis biji-bijian lain, biji fumayin dapat meningkatkan stamina burung sehingga burung menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.

12. Kuaci

Biji Bunga Matahari Atau Kuaci Adalah makanan burung perkutut agar cepat bertelur
Biji Bunga Matahari Atau Kuaci Adalah makanan burung perkutut agar cepat bertelur

Kuaci merupakan biji yang wajib ada dalam makanan burung perkutut agar cepat bertelur karena mengandung Omega 6 juga kandungan Vitamin E yang tinggi.

Vitamin E sangat berguna untuk mempercepat produksi telur, meningkatkan kesuburan telur, dan pertumbuhan anak burung perkutut setelah menetas.

13. Wortel

Wortel Adalah Makanan Burung Perkutut Mabung
Wortel Adalah Makanan Burung Perkutut Mabung

Selain biji-bijian, makanan burung perkutut agar rajin bunyi dan sehat juga harus berupa sayuran, salah satunya wortel yang mengandung Vitamin A.

Asupan Vitamin A pada burung perkutut sangat berperan penting bagi kesehatan kulit dan bulu terutama ketika burung perkutut mabung.

Vitamin A juga mampu menjaga kesehatan mata burung perkutut, tulang, rongga mulut dan pendengaran. Ketika pendengaran dan rongga mulut burung perkutut sehat, maka dijamin burung perkutut akan rajin bunyi.

14. Bayam

Bayam
Bayam

Selain mengandung Vitamin A, Vitamin E dan beberapa vitamin lain, kegunaan bayam pada burung perkutut juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

15. Biji Labu

Biji Labu
Biji Labu

Jika kamu perhatikan, pakan burung perkutut untuk breeding biasanya mengandung biji-bijian seperti Kuaci dan Biji Labu.

Penggunaan biji-bijian tersebut karena kandungan Vitamin E nya yang tinggi dan sangat membantu kesuburan dan kesehatan telur burung perkutut.

Makanan Burung Perkutut Anakan

Karena burung perkutut adalah burung pemakan biji-bijian sama seperti burung parrot atau burung paruh bengkok, maka bubur lolohan yang biasa dijual untuk lolohan burung paruh bengkok bisa digunakan untuk burung perkutut.

Pakan anak ayam atau biasa disebut Pur DOC juga bisa dijadikan sebagai makanan burung perkutut anakan. Ada juga produk seperti Nutribird dari Versele Laga juga sangat baik digunakan untuk anakan burung perkutut.

Pertanyaan Terkait Makanan Burung Perkutut

Apa makanan perkutut di alam liar?

Di alam liar, burung perkutut dan jenis burung merpati lainnya makan berbagai jenis biji-bijian, dedaunan, buah-buahan dan kadang-kadang memakan serangga kecil, siput dan cacing tanah.

Kenapa perkutut tidak mau bunyi?

Burung perkutut yang tidak mau bunyi biasanya disebabkan karena stress dan kekurangan nutrisi. Pemberian pakan yang tepat dan sempurna kandungan nutrisinya dapat meningkatkan stamina burung dan terhindar dari stress.

Apakah burung perkutut makan serangga?

Meski di habitat aslinya burung perkutut terkadang memakan serangga, namun ketika sudah dipelihara makanan seperti biji-bijian lebih burung perkutut sukai.

Kapan anakan perkutut bisa makan sendiri?

Anakan burung perkutut bisa makan sendiri ketika menginjak usia 20 s.d 25 hari. Sediakan tempat makan untuk anakan burung perkutut dan dekatkan dengan burung perkutut dewasa agar mereka belajar makan sendiri.

Apakah burung perkutut makan beras?

Beras merupakan salah satu makanan burung perkutut yang mengandung lemak dan kalori yang sangat diperlukan oleh burung perkutut sebagai sumber energi dan stamina.

Apakah perkutut mau makan kroto?

Meskipun kroto memiliki kandungan protein yang tinggi, namun karena burung perkutut sebagian besar makanannya adalah tumbuhan dan biji-bijian maka sumber protein dari hewan tidak direkomendasikan untuk diberikan kepada burung perkutut.

Apa jamu burung perkutut biar gacor?

Berdasarkan penelitian dari Institut pertanian bogor dan Universitas Sumatera Utara, jamu ekstrak daun saga, daun sambiloto dan daun pare terbukti membuat burung perkutut gacor (rajin bunyi).

Apakah jahe bagus buat perkutut?

Jahe sangat bagus buat burung perkutut karena kandungan ekstrak jahe menunjukkan efisiensi yang tinggi dalam menyembuhkan burung merpati yang terinfeksi Koksidiosis (berak darah)

Rujukan

[1]Effects of leaf extracts of saga, sambiloto and wild pare on song’s quality of zebra dove (geopelia striata) – Purnamasari, Dwi Kusuma, Institut Pertanian Bogor, 2006.

[2] – Pengaruh Jenis Makanan Pur, Biji-Bijian, Serangga Terhadap Perkembangan Bobot Tubuh Burung Perkutut – Rahmadina, Universitas Sumatera Utara, 2017.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar