Beranda > Makanan Burung > Makanan Burung Sun Conure

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Makanan Burung Sun Conure

Makanan burung Sun conure di alam liar sangat beragam, burung ini biasanya memakan biji-bijian, buah-buahan, buah beri, kacang, bunga, dan serangga.[1]

Lalu jika burung Sun conure dipelihara, makanan apa saja yang harus disediakan agar kebutuhan nutrisi burung terpenuhi? berikut ini daftar lengkap jenis makanan yang baik untuk burung sun conure.

Makanan Burung Sun Conure Sehari-Hari

Ketika burung Sun conure dipelihara, banyak orang yang lalai dalam pemberian pakan sehingga burung kerap mati secara tiba-tiba karena kurang nutrisi.

Berikut ini jenis sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan bunga yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung Sun conure setiap hari.

1. Kacang & Biji-Bijian

Burung Sun Conure Makan Kuaci Kesukaannya
Burung Sun Conure Makan Kuaci Kesukaannya

Kacang tanah dan biji bunga matahari adalah jenis makanan yang sangat burung Sun conure sukai, akan tetapi jenis makanan tersebut sangat tinggi lemak rendah kalsium, kurang vitamin dan nutrisi lain.

Jika burung Sun conure peliharaan diberi makan dengan sebagian besar pakannya adalah kacang dan kuaci, maka burung akan mengalami malnutrisi dan berujung kepada kematian mendadak di usia muda.

Sebaiknya, untuk biji-bijian lebih sering diberikan millet putih dicampur niger seed karena kandungan lemaknya tidak setinggi kacang tanah dan kuaci.

Pemberian kuaci dan kacang tanah hanya sebagai bonus atau hadiah bagi burung Sun conure dan jangan dijadikan pakan utama burung Sun conure setiap hari.

2. Sayuran

Sun Conure Suka Memakan Sayuran
Sun Conure Suka Memakan Sayuran

Pemberian biji-bijian saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung Sun conure, kamu harus menyiapkan sayuran segar setiap hari agar mereka bisa hidup sehat dan bahagia.

Adapun sayuran yang biasanya baik dikonsumsi oleh burung Sun conure peliharaan antara lain:

  1. Bayam
  2. Pakcoy
  3. Kubis
  4. Brokoli
  5. Wortel
  6. Alfalfa
  7. Kacang Polong
  8. Ubi jalar
  9. Timun
  10. Tomat
  11. Kangkung
  12. Jagung

Kamu juga bisa membuat kecambah dari biji bunga matahari dan biji millet, lalu ketika sudah mulai tumbuh daun kamu bisa berikan kepada burung Sun conure peliharaan.

Pemberian sayuran kepada burung Sun conure bisa disajikan dalam bentuk campuran berbagai macam sayur yang diiris-iris atau berganti-ganti jenis sayuran setiap hari.

Sayuran hijau sangat tinggi akan nutrisi dan antioksidan yang berperan penting bagi kekebalan tubuh burung.

Sedangkan sayuran dengan warna merah atau oranye seperti wortel, ubi jalar dan tomat mengandung beta karotin dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, bulu dan mata burung Sun conure.

3. Buah-buahan

Burung Sun Conure Sedang Makan Buah Anggur Dengan Berebut
Burung Sun Conure Sedang Makan Buah Anggur Dengan Berebut

Buah buahan seperti apel, pisang, Buah anggur, melon, sitrus, jeruk, grapefruits, stroberi, raspberi, blackberry, gooseberry, kismis, rowan, elderberry dan hawthorn berry sangat disukai oleh burung Sun conure.

Jika ingin menghemat biaya, kamu juga bisa menggunakan buah lain yang biasa dikonsumsi oleh burung paruh bengkok lain seperti Pepaya atau Pisang.

4. Bunga

Burung Sun Conure Suka Memakan Bunga Yang Ada Di Pekarangan
Burung Sun Conure Suka Memakan Bunga Yang Ada Di Pekarangan

Burung Sun conure bisa diberi makanan bunga-bungaan seperti Violet Afrika, aster, bottlebrush, anyelir, krisan, aster, gardenia, gladiol, kembang sepatu, honeysuckle, impatiens, lilac, magnolia, marigold, nasturtium, pansy, petunia, mawar, bunga matahari, dan violet.

Di dalam bunga terdapat benih alami yang memberikan tambahan nutrisi bagi burung Sun conure.

5. Grit

Grit Berisi Kerikil, Bubuk Cangkang Tiram Dan Pasir Yang Sudah Dibersihkan Untuk Membantu Pencernaan Burung Sun Conure - Youtube-Zunair Birds
Grit Berisi Kerikil, Bubuk Cangkang Tiram Dan Pasir Yang Sudah Dibersihkan Untuk Membantu Pencernaan Burung Sun Conure – Youtube/Zunair Birds

Burung Sun coure memerlukan tambahan grit berupa pasir kerikil berukuran kecil atau serbuk cangkang tiram yang fungsinya untuk memperlancar pencernaan mereka.

6. Pakan Pelet Khusus Burung Sun Conure

Pakan Pelet Untuk Burung Paruh Bengkok Sangat Sehat Untuk Burung Sun Conure
Pakan Pelet Untuk Burung Paruh Bengkok Sangat Sehat Untuk Burung Sun Conure

Dalam kandang, burung Sun conure peliharaan biasanya kekurangan nutrisi baik itu karena kelalaian pengurus atau burung yang sudah terlalu lama diberikan pakan biji-bijian saja yang tidak mau memakan pakan jenis lain.

Untuk menjamin kebutuhan nutrisi burung Sun conure, dokter hewan sangat merekomendasikan untuk menambah pakan pelet sebanyak 75 s.d 80% dari total keseluruhan pakan harian burung.[2]

Meskipun memberikan pakan pelet kepada burung yang sudah terlalu lama makan biji-bijian akan susah, namun jika dilakukan secara bertahap dan perlahan maka burung Sun conure akan mau memakan pakan jenis pelet.

Gunakan pakan dengan ukuran M atau L yang dibuat agar mudah dikunyah oleh burung paruh bengkok dengan ukuran sedang.

Hindari penggunaan pelet yang mengandung pewarna dan pemanis buatan karena akan berbahaya bagi pencernaan dan kesehatan burung di masa yang akan datang.

Makanan Tambahan Ketika Sun Conure Sedang Musim Bertelur

Egg Food Sebagai Pakan Tambahan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Burung Sun conure Saat Musim Kawin Dan Bertelur
Egg Food Sebagai Pakan Tambahan Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Burung Sun conure Saat Musim Kawin Dan Bertelur

Peternak burung Sun conure biasanya menaikkan jumlah asupan protein ketika memasuki musim kawin dan bertelur.

Sumber protein yang biasa digunakan antara lain: Ulat hongkong, telur rebus, roti tawar, biskuit tawar dan keju rendah lemak.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa produk seperti CeDe Egg Food atau Versele Laga Gold Patee yang juga mengandung protein tinggi dan lengkap akan kandungan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan burung saat bereproduksi.

Ketika sudah mulai bertelur penambahan tulang sotong atau balok kalsium bisa disediakan di dalam kandang untuk membantu pembentukan cangkang telur.

Tips Pemberian Pakan Agar Burung Sun Conure Sehat & Panjang Umur

  1. Jangan terlalu banyak memberikan biji-bijian karena mengandung lemak yang tinggi namun rendah nutrisi.
  2. Selalu sediakan sayuran dan buah-buahan segar setiap hari.
  3. Kenalkan pakan dalam bentuk pelet agar burung terbiasa dengan pakan bentuk ini karena di dalam pelet kandungan nutrisinya sangat lengkap.
  4. Berikan grit dengan bahan dasar yang bersih untuk membantu pencernaan dan selalu ganti jika sudah terlihat kotor.
  5. Bersihkan tempat makan dan minum setiap hari dan pastikan air bersih diganti dua kali sehari.
  6. Biji kuaci dan kacang tanah hanya diberikan sesekali sebagai hadiah untuk menghibur burung Sun conure.

Rujukan

[1]Aratinga solstitialis – Patricia Pongratz, Animal Diversity Web

[2]Conures – Feeding – Rick Axelson, DVM, VCA Hospitals3.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar