Beranda > Perawatan Burung > Manfaat Wortel untuk Burung Kenari, Jaga Nutrisi Hingga Kualitas Warna

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Manfaat Wortel untuk Burung Kenari, Jaga Nutrisi Hingga Kualitas Warna

Manfaat Wortel untuk Burung Kenari – Bukan hanya sebagai gaya hidup, memelihara burung kenari juga baik untuk kesehatan, lho. Cara memeliharanya cukup mudah, dan pakan kenari pun mudah ditemukan. Selain biji-bijian, kenari dapat diberikan sayuran sebagai pendamping termasuk wortel. Banyak sekali manfaat wortel untuk burung kenari. Tak heran jika banyak pemilik kenari memberikan wortel sebagai tambahan asupan setiap harinya secara rutin.

Manfaat Wortel untuk Burung Kenari Jantan dan Betina

Banyak jenis pakan yang cocok untuk kenari seperti biji-bijian, sayur mayur, buah segar, telur puyuh, ulat Hongkong, dan sebagainya. Di antara makanan tersebut, wortel termasuk salah satu pakan populer. Penasaran dengan manfaat wortel buat burung kenari? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Wortel untuk Burung Kenari
Manfaat Wortel untuk Burung Kenari

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Semua makhluk hidup di dunia ini pasti membutuhkan nutrisi untuk bertahan termasuk burung. Tanpa asupan nutrisi, burung kenari kalian akan mudah lemah, bahkan sakit.  Wortel memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk burung kenari. Beberapa kandungan dalam sayuran berwarna oranye ini adalah vitamin dan mineral, karbohidrat, serat, likopen, anthocyanin, dan beta karoten.

Menjaga Kesehatan Mata

Sama halnya seperti manusia, burung kenari ternyata bisa terkena berbagai macam permasalahan mata misalnya belekan, mata bengkak, katarak, dan lain sebagainya. Wortel mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin A yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata.

Wortel untuk Burung Kenari
Burung Kenari

Ada beberapa pemicu penyakit mata pada burung kicauan, namun biasanya faktor pemicu utama faktor lingkungan. Jika kondisi ini terjadi pada burung kenarimu, amati kondisi lingkungan sekitar. Asap pembakaran sampah atau asap dapur paling sering menjadi sebab radang mata pada burung. Atau, bisa juga pemilik atau orang sekitar sering merokok di dekat kandang/sangkar burung.

Penyebab lain adalah kurangnya kebersihan kandang/sangkar burung. Kandang yang berdebu sangat buruk untuk burung kenari karena debu halus bisa masuk ke mata, membuatnya iritasi dan meradang. Mata burung kenari memang sensitif. Selain mudah iritasi karena kotoran atau debu, mata burung juga bisa sensitif terhadap pantulan cahaya yang terlalu terang, misalnya pantulan dari seng atau kaca.

Memindah sangkar burung ke tempat yang lebih aman, yaitu jauh dari dapur atau tempat pembakaran sampah, jauh dari pantulan cahaya, dan rajin membersihkan sangkar, wajib dilalukan untuk menjaga kesehatan mata burung. Dibarengi dengan memberi wortel sebagai sumber vitamin, tentu hasilnya akan lebih efektif.

Menjaga Kualitas Warna Bulu

Selain kicauannya yang merdu, kenari banyak digemari pecinta burung karena warna bulunya yang cerah dan terang. Ada beberapa variasi warna seperti merah, kuning, oranye, dan sebagainya. Warna bulu kenari dapat memudar karena beberapa kondisi, seperti ketika sakit atau saat metabolisme tubuh terganggu. Polusi udara adalah penyebab lain dari memudarnya warna burung kenari.

Wortel untuk Burung Kenari Bulu Cantik
Burung Kenari Cantik

Faktor lain adalah kurangnya penjemuran dan mandi rutin, usia burung terlalu tua, dan minimnya asupan sayuran yang mengadung beta karoten. Wortel adalah jenis pakan yang sering digunakan untuk mencerahkan kembali warna bulu kenari yang memudar, terutama pada kenari Holland. Pemberian wortel pada kenari akan memperlambat pemudaran warna bulu. Hasil akan lebih cepat terlihat bila dibarengi usaha lain seperti rajin menjemur burung, memandikan rutin, menjauhkan dari polusi udara, dan memberi tambahan nutrisi/vitamin lain.

Sebenarnya, pemerah atau pencerah warna bulu kenari banyak dijual di pasaran. Namun, bahan-bahan alami seperti wortel lebih disarankan karena lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping apapun.

Membuat Rajin Berkicau

Selain kecerahan dan keindahan warnaya, burung kenari disukai karena kicauannya walaupun pamornya belum setinggi loverbird dan murai batu. Tetap saja, penggemar kenari sangat banyak. Mungkin hal ini karena harganya relatif murah dan perawatannya cenderung mudah. Kenari sendiri berkicau sedari masih muda. Untuk meningkatkan keahliannya bernyanyi, kamu harus rajin memberi stimulasi.

Burung Kenari
Burung Kenari Kicau

Selain itu, penting untuk memastikan burung kenarimu bahagia, karena burung kenari yang bahagia dan sehat berkicau lebih merdu. Selain menjaga kebersihan dan kenyamanan kandang, kenari harus punya cukup waktu istirahat, dan paling penting adalah mengkonsumsi makan tinggi energi, kalsium, serta buah dan sayur-sayuran. Memberikan buah dan sayuran seperti wortel sebagai bagian dari diet adalah hal baik bagi kenari.

Menyehatkan Jantung

Sama halnya pada manusia, jantung adalah organ penting pada burung. Jantung merupakan organ peredaran darah yang berfungsi mengangkot oksigen, nutrisi, produk limbah, hormon, dan energi panas ke seluruh tubuh burung agar tetap hangat. Walaupun burung dan kenari tidak terkena serangan jantung seperti manusia, banyak masalah yang akan timbul jika kesehatan jantung dan pembuluh darang bermasalah.

Burung kenari akan mengalami kesusahan atau kelemahan saat terbang kika pembulih darah gagal mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Karena itulah, menjaga kesehatan jantung kenari sangat penting. Wortel baik bagi jantung kenari karena mengandung senyawa antioksidan tinggi.

Cara Pemberian Wortel untuk Burung Kenari

Setelah mengatahui manfaat wortel untuk kesehatan dan performa burung kenari, saatnya kamu mulai memberikan sayuran tinggi nutrisi ini. Ada bebera cara untuk memberikan wortel pada burung kenari.

Memberikan Wortel Mentah Secara Langsung

Kenari dapat memakan wortel segar secara langsung. Biasanya wortel dipotong kecil-kecil agar lebih mudah dikonsumsi. Kemudian potongan wortel segar langsung ditaruh di sangkar. Wortel harus dipotong kecil-kecil agar termakan semuanya. Jika kamu hanya menggantung wortel mentah di sangkar burung tanpa memotong, biasanya hanya pinggirannya saja yang akan termakan.

Merebus/Mengukus Wortel

Cara berikunya adalah mengukus atau merebus wortel terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung kenari. Tujuannya adalah membuat wortel lebih lunak. Wortel tidak perlu dimasak sampai benar-benar matang, cukup sampai teksturnya sedikit lunak saja. Pasalnya, merebus terlalu lama akan membuat nutrisinya berkurang.

Membuat Tepung Wortel

Cara lain untuk memudahkan burung memakan wortel adalah dengan membuatnya menjadi tepung wortel. Cara membuat tepung wortel relatif mudah. Pertama-tama, siapkan wortel yang akan diolah. Pilih wortel yang masih segar untuk memastikan kondisi nutrisinya masih baik. Setelah itu cuci wortel dengan air dan keringkan. Setelah benar-benar kering, potong kecil-kecil. Masukkan potongan wortel ke dalam blender dan giling hingga halus. Atau, kamu bisa menghaluskannya dengan cara diparut.

Langkah selanjutnya adalah menjemur wortel halus di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Namun, hal ini memakan banyak waktu. Agar lebih cepat, gunakan oven untuk mengeringkannya. Dalam waktu beberapa menit, wortel akan mengering. Saat sudah benar-benar kering, ayak wortel dengan saringan sehingga menghasilkan tepung wortel yang lembut.

Simpan tepung wortel pada wadah atau toples bersih dan kering. Penyimpanan yang tepat akan membuat tepung wortel tahan lama dan dijadikan stok. Tentu metode ini jauh lebih hemat daripada menggunakan wortel basah yang hanya sekali pakai.

Dengan mengetahui berbagai manfaat wortel untuk burung kenari dan cara pemberiannya, kamu bisa mulai menambahkannya dalam diet burung kenarimu. Selain menjaga kesehatan dan memberi tenaga pada burung, pemberian wortel menunjang performa burung saat mengikuti lomba.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar