Beranda > Perawatan Burung > penyebab telur murai batu tidak menetas

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

penyebab telur murai batu tidak menetas

penyebab telur murai batu tidak menetas

penyebab telur murai batu tidak menetasSource: bing.com

Telur murai batu merupakan salah satu komoditas yang cukup diminati saat ini. Banyak para pecinta burung yang mencoba untuk memelihara burung murai batu dan mengejar hasil dari penjualan telurnya. Namun, terkadang banyak telur murai batu yang tidak menetas. Lalu apa saja penyebab telur murai batu tidak menetas? Berikut penjelasannya.

Kurangnya Perawatan Sangkar

Sangkar Murai BatuSource: bing.com

Perawatan sangkar yang buruk dapat menyebabkan telur murai batu tidak menetas. Hal ini karena burung induk tidak merasa nyaman dan aman di dalam sangkar. Oleh karena itu, pastikan sangkar dibersihkan secara teratur dan diberi makanan yang cukup agar murai batu tetap sehat dan nyaman.

Tidak Teraturnya Pemilihan Telur

Tips Pemilihan TelurSource: bing.com

Pemilihan telur yang tidak teratur bisa menjadi penyebab telur murai batu tidak menetas. Jika telur yang dipilih sudah terlalu lama atau kurang matang, maka kemungkinan besar telur tersebut tidak akan menetas. Oleh karena itu, pastikan telur yang dipilih masih dalam kondisi segar dan matang.

Infeksi Jamur

Infeksi JamurSource: bing.com

Infeksi jamur dapat menjadi penyebab telur murai batu tidak menetas. Jamur pada telur menyebabkan telur tidak dapat bernapas dengan baik. Oleh karena itu, pastikan telur terhindar dari infeksi jamur dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar telur dan ruangan tempat telur disimpan.

Penyakit pada Induk Burung

Penyakit Pada Induk BurungSource: bing.com

Penyakit pada induk burung juga bisa menjadi penyebab telur murai batu tidak menetas. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan masalah pada telur antara lain infeksi saluran telur atau reproduksi, infeksi saluran pernapasan, dan infeksi saluran pencernaan. Oleh karena itu, pastikan burung induk tetap sehat dan mendapatkan perawatan yang baik.

Tidak Teraturnya Proses Pembiakan

Proses PembiakanSource: bing.com

Baca Juga  harga burung sirtu

Tidak teraturnya proses pembiakan juga bisa menjadi penyebab telur murai batu tidak menetas. Selain itu, terlalu sering membiakkan burung induk juga bisa mengganggu proses reproduksi dan membuat telur tidak menetas. Oleh karena itu, pastikan proses pembiakan dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memelihara burung murai batu dan mengejar hasil dari penjualan telurnya, maka pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar telur, memberi makanan yang cukup, dan memperhatikan kesehatan burung induk. Dengan begitu, telur murai batu yang dihasilkan dapat menetas dan memberikan hasil yang diinginkan.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar