Beranda > Uncategorized > perbedaan kenari jantan dan betina

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

perbedaan kenari jantan dan betina

perbedaan kenari jantan dan betina

perbedaan kenari jantan dan betinaSource: bing.com

Kenari adalah burung pengicau yang populer di Indonesia. Banyak orang memelihara kenari sebagai hobi atau sebagai bisnis. Namun, sebelum memulai bisnis atau hobi ini, penting untuk mengetahui perbedaan antara kenari jantan dan betina.

1. Ukuran Tubuh

Gambar Kenari Ukuran TubuhSource: bing.com

Kenari jantan biasanya lebih besar dari betina. Jantan memiliki tubuh yang lebih tegap dan lebih besar dari betina. Sedangkan betina cenderung lebih kecil dan ramping.

2. Warna Bulu

Gambar Kenari Warna BuluSource: bing.com

Perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari warna bulunya. Kenari jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan berkilau dibandingkan betina. Hal ini terutama terlihat pada bagian kepala dan pinggir sayap.

3. Bentuk Kepala

Gambar Kenari Bentuk KepalaSource: bing.com

Bentuk kepala juga menjadi perbedaan antara kenari jantan dan betina. Kenari jantan memiliki kepala yang lebih besar dan bulat, sedangkan kepala betina cenderung lebih ramping dan kecil.

4. Suara Kicauan

Gambar Kenari Suara KicauanSource: bing.com

Kenari jantan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan merdu dibandingkan betina. Jantan memiliki suara yang lebih serak dan keras, sedangkan betina cenderung memiliki suara yang lebih halus dan lembut.

5. Perilaku

ciri ciri kenari jantanSource: bing.com

Perilaku juga menjadi perbedaan antara kenari jantan dan betina. Jantan cenderung lebih agresif dan suka berkelahi dengan kenari jantan lain. Sedangkan betina cenderung lebih tenang dan tidak suka berkelahi.

6. Masa Bertelur

Gambar Kenari Masa BertelurSource: bing.com

Untuk kenari yang digunakan untuk reproduksi, perbedaan kenari jantan dan betina juga terlihat dari masa bertelurnya. Betina biasanya mulai bertelur pada usia 7-9 bulan, sedangkan jantan belum bisa bertelur.

7. Bentuk Kloaka

Gambar Kenari Bentuk KloakaSource: bing.com

Bentuk kloaka juga menjadi perbedaan antara kenari jantan dan betina. Kloaka betina lebih lebar dan datar, sedangkan kloaka jantan lebih panjang dan menonjol.

Baca Juga  sayuran untuk birahi kenari

8. Waktu Mabung

Gambar Kenari Waktu MabungSource: bing.com

Jika kenari jantan dan betina Anda sedang mabung, perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari waktu mabungnya. Jantan biasanya memulai masa mabung pada usia 8-12 bulan, sedangkan betina memulai pada usia 6-7 bulan.

9. Warna Kaki

Gambar Kenari Warna KakiSource: bing.com

Kenari jantan dan betina juga dapat dibedakan dari warna kakinya. Kenari jantan memiliki warna kaki yang lebih gelap dan lebih tebal, sedangkan betina cenderung memiliki warna kaki yang lebih cerah dan lebih halus.

10. Bentuk Sayap

Gambar Kenari Bentuk SayapSource: bing.com

Bentuk sayap juga menjadi perbedaan antara kenari jantan dan betina. Sayap kenari jantan biasanya lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan betina, yang sayapnya cenderung lebih pendek dan lebih ramping.

11. Daya Tahan

Gambar Kenari Daya TahanSource: bing.com

Jika Anda ingin memelihara kenari untuk keperluan lomba atau kontes, perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari daya tahannya. Jantan biasanya memiliki daya tahan yang lebih kuat dan lebih tahan lama dibandingkan betina.

12. Usia Produktif

Gambar Kenari Usia ProduktifSource: bing.com

Untuk kenari yang digunakan untuk reproduksi, perbedaan antara kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari usia produktifnya. Jantan biasanya mulai menjadi produktif pada usia 12-14 bulan, sedangkan betina mulai produktif pada usia 7-9 bulan.

13. Gaya Berjalan

Gambar Kenari Gaya BerjalanSource: bing.com

Perbedaan kenari jantan dan betina juga terlihat dari gaya berjalannya. Jantan cenderung berjalan dengan gaya yang lebih anggun dan lebih percaya diri, sedangkan betina cenderung berjalan dengan gaya yang lebih pelan dan lebih hati-hati.

14. Masa Mabar

Gambar Kenari Masa MabarSource: bing.com

Bagi Anda yang ingin memelihara kenari untuk lomba, perbedaan kenari jantan dan betina juga terlihat dari masa mabar (mabung dan birahi). Jantan cenderung memasuki masa mabar yang lebih singkat dan lebih intensif dibandingkan betina.

Baca Juga  manfaat apel merah untuk lovebird ternyata sangat baik

15. Warna Iris

Gambar Kenari Warna IrisSource: bing.com

Perbedaan kenari jantan dan betina juga terlihat dari warna iris matanya. Iris kenari jantan biasanya lebih gelap dan lebih kusam dibandingkan betina, yang irisnya cenderung lebih cerah dan lebih terang.

16. Warna Paruh

Gambar Kenari Warna ParuhSource: bing.com

Warna paruh juga menjadi perbedaan antara kenari jantan dan betina. Paruh kenari jantan biasanya lebih tebal dan lebih gelap dibandingkan betina, yang paruhnya cenderung lebih tipis dan lebih cerah.

17. Waktu Bersih-bersih

Gambar Kenari Waktu Bersih-BersihSource: bing.com

Jika Anda ingin memelihara kenari untuk keperluan kontes, perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari waktu bersih-bersih. Jantan cenderung lebih rajin membersihkan kandangnya, sedangkan betina cenderung kurang rajin.

18. Perilaku saat Bertelur

Gambar Kenari Perilaku Saat BertelurSource: bing.com

Untuk kenari yang digunakan untuk reproduksi, perbedaan antara kenari jantan dan betina juga terlihat dari perilaku saat bertelur. Betina cenderung lebih peka dan lebih protektif terhadap telurnya, sedangkan jantan cenderung kurang memperhatikan.

19. Stamina

Gambar Kenari StaminaSource: bing.com

Perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari stamina atau ketahanannya. Jantan biasanya memiliki stamina yang lebih tinggi dan lebih tahan lama dibandingkan betina.

20. Harga

Gambar Kenari HargaSource: bing.com

Akhirnya, perbedaan kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari harga jualnya. Kenari jantan biasanya lebih mahal dibandingkan betina, terutama jika jantan memiliki suara kicauan yang bagus dan memiliki penampilan yang menarik.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar