Beranda > Makanan Burung > Rekomendasi Makanan Burung Prenjak Terbaik Agar Gacor

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

Rekomendasi Makanan Burung Prenjak Terbaik Agar Gacor

Pakan Burung Perenjak – Agar bisa gacor atau mempunyai kicauan merdu, terdapat beberapa makanan burung prenjak yang perlu Anda ketahui. Berita baiknya, artikel ini akan membahas tentang apa saja rekomendasi makanan untuk burung prenjak. Oleh karenanya, baca pembahasan berikut dengan seksama ya!

Daftar Pakan Burung Perenjak

Salah satu jenis burung kecil yang banyak dikenal dan ditemui di Indonesia adalah burung prenjak. Burung ini masuk ke dalam famili Sylvidae yang beranggotakan 20 sampai 30 spesies dan sudah tersebar di berbagai wilayah seluruh dunia termasuk Asia dan Afrika.

burung prenjak gacor
burung prenjak gacor

Burung prenjak mempunyai beberapa nama lain, seperti ciblek, cinenen, kecici atau ke cici, murai, dan lain sebagainya. Burung kecil ini mempunyai kicauan yang sangat merdu sehingga banyak dijadikan atau diikutkan lomba gantangan.

Oleh karena itu, mereka banyak dipelihara dan dilatih secara khusus untuk bisa memenangkan perlombaan itu. Walaupun demikian, adapun banyak hal yang perlu dilakukan untuk merawat burung prenjak ini.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan mereka. Di bawah ini daftar makanan yang cocok untuk burung prenjak agar mereka bisa mengeluarkan suara yang merdu atau gacor, antara lain:

Makanan Burung Prenjak Anakan

Jika ingin mendapatkan atau mempunyai burung prenjak dengan suara kicauan yang bagus, sebagian besar pemelihara akan merawat burung ini sejak masih anakan atau piyik.

Makanan Burung Prenjak Anakan
Makanan Burung Prenjak Anakan

Adapun beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan agar burung prenjak gacor. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk burung prenjak anakan yang perlu Anda ketahui, antara lain:

Pakan Lunak

Makanan yang pertama untuk burung prenjak anakan adalah pakan yang lunak agar lebih mudah dicerna. Burung prenjak anakan hasil penangkaran sudah bisa dipisahkan dari indukannya ketika berumur 10 hari. Setelah keluar dari usia ini, Anda sebagai pemelihara perlu meracik pakan yang lembut.

Campuran Voer

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan voer pada makanan anakan burung prenjak dengan menggunakan air hangat. Haluskan voer hingga menjadi bubur atau adonan halus agar itu bisa lebih mudah dicerna oleh mereka.

Namun, setelah satu minggu selanjutnya secara bertahap Anda bisa mengurangi frekuensi pemberian voer ini. Pada waktu anakan sudah mencapai usia muda atau bukan anakan lagi, sebaiknya Anda memperkenalkan dengan berbagai jenis pakan yang baru, seperti telur kroto, dan lain sebagainya.

Makanan Segar

Agar tetap sehat dan mempunyai kicauan yang bagus, anak prenjak membutuhkan makanan yang masih segar. Anda bisa mencampurkan makanan ini dengan jenis makanan lain, seperti voer yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

Bubur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bawa anakan burung prenjak memerlukan makanan yang sangat halus akan mudah dicerna. Oleh karena itu, Anda harus memberikan makanan berupa bubur atau menghaluskan makanannya hingga tekstur super halus agar tidak mengendap di tembolok burung dan mengganggu kicauan.

Makanan Bayi

Ternyata makanan bayi manusia bisa dikonsumsi oleh anakan prenjak agar mendapatkan suara atau kicauan yang indah. Salah satu makanannya adalah bubur bayi yang bisa Anda jadikan sebagai makanan campuran atau tambahan. Jadi, anakan prenjak tidak hanya mengonsumsi makanan ini setiap hari.

Makanan Burung Prenjak Sawah

Pada alam liar atau habitat aslinya, burung prenjak sawah adalah jenis burung pemakan serangga sehingga selalu membutuhkan asupan protein tinggi. Oleh karena itu, sebagai burung peliharaan yang bertujuan untuk mempunyai suara kicauan indah, adapun beberapa jenis makanan yang bisa membantu proses tersebut, antara lain:

Makanan Burung Prenjak Sawah
Makanan Burung Prenjak Sawah

Ulat Hongkong

Makanan ini menjadi salah satu makanan paling umum yang diberikan untuk burung prenjak karena mempunyai kandungan protein cukup tinggi. Namun, pemberian ulat Hongkong secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Hal ini dikarenakan sifat ulat yang panas bisa menimbulkan masalah penglihatan, sehingga mengakibatkan adanya penyakit katarak atau penyakit mata lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan ulat Hongkong yang baru saja berganti kulit dan potong-potong terlebih dahulu agar burung peliharaan Anda bisa mengonsumsinya dengan lebih mudah.

Ulat Kandang

Selain ulat Hongkong adapun jenis ulat kandang yang bisa Anda jadikan sebagai makanan burung ciblek atau prenjak sawah. Perbedaan antara ulat kandang dan ulat Hongkong sendiri ada pada ukurannya.

Ukuran ulat kandang cenderung lebih kecil dan pendek dibandingkan ulat Hongkong. Walaupun lebih kecil, ulat ini cukup terkenal karena mempunyai banyak manfaat khususnya menjadikan burung menjadi lebih gacor atau rajin berkicau.

Kroto

Makanan kroto untuk burung memang mempunyai banyak kandungan protein yang bisa memenuhi kebutuhan burung dengan baik. Oleh karena itu, pemberian makanan berupa kroto bisa menjadikan burung lebih fit dan sering berbunyi atau gacor.

Namun, pemberian secara berlebihan bisa menjadikan burung over birahi dan tubuhnya panas. Jadi, sebaiknya berikan kroto untuk burung prenjak sawah ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan jangan setiap hari.

Makanan Burung Prenjak Lumut

Burung prenjak lumut adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara karena memang sering berkicau sehingga dijadikan sebagai anggota perlombaan gantangan. Ciri khas pada tubuh burung prenjak lumut adalah warna pada bagian ekornya, yaitu hijau lumut. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa Anda berikan agar mereka lebih banyak gacor, antara lain:

Makanan Burung Prenjak Lumut
Makanan Burung Prenjak Lumut

Jangkrik

Rekomendasi makanan pertama adalah jangkrik yang merupakan salah satu jenis serangga dengan kandungan protein tinggi. Jangkrik ini bisa Anda jadikan sebagai makanan tambahan agar burung bisa berkicau lebih sering.

Jika dibandingkan dengan kroto, nutrisi jangkrik lebih banyak atau lebih lengkap karena mengandung beberapa kandungan penting seperti asam amino, lemak, karbohidrat, protein, dan lain sebagainya. Nutrisi tersebut bisa menjadikan burung agar lebih mudah birahi.

Buah Mengkudu

Keberadaan buah mengkudu tidak hanya terkenal untuk mengobati beberapa penyakit pada tubuh manusia, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi burung khususnya burung kicau.

Manfaat buah mengkudu untuk burung prenjak sendiri adalah untuk mendongkrak stamina, mencegah alergi, membunuh bakteri, meningkatkan metabolisme tubuh. mengatasi peradangan, hingga memperkuat daya tahan tubuh burung.

Cara memberikan buah mengkudu untuk makanan burung prenjak adalah pilih buah sudah matang kemudian rebus hingga teksturnya lembek. Setelah itu, campurkan dengan air dan saring kemudian berikan air rebusan tersebut sebagai minuman burung prenjak sebelum melakukan perlombaan.

Telur Puyuh

Burung prenjak membutuhkan asupan protein yang cukup banyak sehingga telur puyuh bisa menjadi rekomendasi atau salah satu makanan pelengkapnya. Telur burung puyuh ini tidak digunakan sebagai makanan pokok, tetapi makanan selingan untuk menggantikan keberadaan serangga.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar