Beranda > Makanan Burung > sayuran untuk birahi kenari

Artikel & Rujukan Sudah Diverifikasi Verified

sayuran untuk birahi kenari

sayuran untuk birahi kenari

sayuran untuk birahi kenariSource: bing.com

Birahi pada kenari adalah kondisi di mana burung jantan dan betina siap untuk kawin. Biasanya, ini terjadi ketika cuacanya sedang dingin dan berawan. Namun, agar kenari tetap sehat dan berenergi selama masa birahi, penting untuk memberikan makanan yang tepat.

1. Brokoli

BrokoliSource: bing.com

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Sayuran ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kenari dan menjaga kesehatan tubuhnya selama masa birahi.

2. Wortel

WortelSource: bing.com

Wortel adalah sumber vitamin A yang baik untuk kenari. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata burung. Selain itu, wortel juga mengandung serat yang dapat mengatur sistem pencernaan kenari selama masa birahi.

3. Kubis

KubisSource: bing.com

Kubis adalah sayuran yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kenari dan menjaga kesehatan kulit dan bulu burung selama masa birahi.

4. Kangkung

KangkungSource: bing.com

Kangkung adalah sayuran yang kaya akan kalsium dan vitamin K. Kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi kenari, sedangkan vitamin K dapat membantu mengontrol pendarahan selama masa birahi.

5. Bayam

BayamSource: bing.com

Bayam adalah sayuran yang kaya akan zat besi. Zat besi sangat penting untuk membantu menghasilkan sel darah merah dan menjaga kadar oksigen dalam tubuh kenari selama masa birahi.

6. Sawi

SawiSource: bing.com

Sawi adalah sayuran yang kaya akan vitamin B kompleks. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan energi kenari dan menjaga kesehatan sistem saraf selama masa birahi.

7. Timun

TimunSource: bing.com

Timun adalah sayuran yang kaya akan air dan serat. Sayuran ini dapat membantu mengatur sistem pencernaan kenari selama masa birahi dan menjaga kesehatan hidrasi tubuh burung.

8. Jagung Manis

Jagung ManisSource: bing.com

Jagung manis adalah sumber karbohidrat yang baik untuk kenari. Karbohidrat sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan energi kenari selama masa birahi.

9. Kacang Hijau

Kacang HijauSource: bing.com

Kacang hijau adalah sumber protein yang baik untuk kenari. Protein sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi kenari selama masa birahi.

10. Jamur

JamurSource: bing.com

Jamur adalah sumber vitamin D yang baik untuk kenari. Vitamin D sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi burung selama masa birahi.

Kesimpulan

Sayuran adalah sumber makanan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran kenari selama masa birahi. Dengan memberikan makanan yang tepat, Anda dapat membantu burung tetap sehat dan kuat selama musim kawin.

Avesnesia

Editorial Article Diverifikasi Oleh Team Avesnesia

Senang merawat burung sejak tahun 2019, saat ini saya sedang merawat 4 ekor burung lovebird 2 diantaranya sedang bertelur.

Tinggalkan komentar